Rabu, Januari 20, 2021

Laporan Keuangan PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Saham Milenial – Adanya laporan keuangan PT Indofood bisa menjadikan contoh bagi semua pelaku usaha skala kecil, menengah maupun besar. Maksudnya dalam menjalankan bisnis laporan keuangan tidak bisa diabaikan begitu saja. Adanya laporan ini untuk mengetahui bagaimana perkembangan usaha setiap tahunnya. Pastinya dalam pembuatan laporan keuangan PT Indofood harus dibuat secara akuntabel dan transparan.

Profil PT Indofood

Semua orang pasti sudah mengetahui perusahaan besar PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) ini. Suatu perusahaan yang bergerak di bidang pangan khususnya memproduksi mie instan dan penggilingan tepung. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1990 dengan nama yang masih PT Panganjaya Intikusuma.

Profil PT Indofood
Profil PT Indofood (Sumber: slideshare)

Sejak perusahaan ini berdiri, banyak produk terbaik yang dikeluarkan dan diterima baik oleh masyarakat. Tak membutuhkan waktu lama untuk mengembangkan industri ini dan di tahun 1994 berhasil tercatat pada bursa saham Indonesia dan mengubah nama menjadi PT Indofood Sukses Makmur.

Perkembangan ini bisa dirasakan seiring dengan melihat laporan keuangan PT Indofood setiap tahunnya. Sebagai perusahaan yang memproduksi produk pangan instan, INDF memang selalu mengutamakan laporan tahunan untuk melihat sejauh mana perkembangan pendapatan yang diperoleh. Ternyata, setiap tahunnya selalu meningkat dengan selisih yang cukup jauh sehingga membuat perusahaan ini semakin lama semakin besar dengan manajemen yang teratur.

Untuk aktivitas INDF semakin lama semakin banyak dengan melihat peluang yang ada. Aktivitasnya adalah produsen mie, penggilingan tepung, pengemasan, layanan manajemen, penelitian serta pengembangan. Untuk kantor pusatnya berada di Jakarta, sedangkan pabrik menyebar di beberapa pulau Indonesia serta Malaysia.

Production Planning di PT Indofood

Dalam mempelajari laporan keuangan dalam mengembangkan bisnis mulai dari kecil hingga besar, Anda juga harus mengetahui bagaimana sih production planning yang diterapkan oleh PT Indofood? Sebagai perusahaan produsen mie terbesar di dunia, PT Indofood sudah memiliki sekitar 14 pabrik terhitung dengan Indonesia sendiri.

Perusahaan yang beroperasi di Indonesia, Cina dan beberapa negara lainnya  tercatat mampu menjual lebih dari 8 miliar paket mie pada setiap tahunnya. Bahkan, tidak hanya mie saja yang banyak dicari masyarakat, terdapat beberapa produk lainnya seperti softdrink, kecap, bumbu, racik dan makanan bayi.

Untuk cakupan bisnisnya, PT Indofood selalu membuat planning yang bisa berdampak baik untuk kedepannya. Salah satunya adalah membuat Enterprise Resource Planning (ERP) yang dijadikan faktor penting untuk mencapai kesuksesan pada perusahaan.

Dalam perusahaan pun sudah dibentuk menjadi beberapa divisi yang diharapkan nantinya antar divisi dapat menyesuaikan production planning (PP) sehingga menghindari terjadinya loss produk. Karena, jika hal ini sampai terjadi maka secara otomatis akan mengganggu pendapatan dan menurunkan hasil laporan keuangan setiap tahunnya.

Pentingnya Memahami Laporan Keuangan PT Indofood

Pentingnya Memahami Laporan Keuangan PT Indofood
Pentingnya Memahami Laporan Keuangan PT Indofood (Sumber: slideshare)

Jika Anda baru masuk ke dalam dunia industri atau produksi, mungkin dalam penjelasn ini akan bertanya-tanya untuk apa sih kita harus belajar dari laporan keuangan PT Indofood? Karena, jika sebuah perusahaan tidak memiliki laporan keuangan yang terdiri dari pemasukan, pengeluaran dan sisa saldo maka artinya perusahaan tersebut kehilangan transparansinya.

Sedangkan dalam menjalankan usaha Anda harus tahu perolehan keuntungan yang didapatkan. Tanpa mengetahuinya maka usaha Anda hanya akan berhenti disitu saja. Sedangkan untuk mengubah perusahaan kecil menjadi besar membutuhkan banyak perhitungan dan manajemen yang baik. Bagi Anda yang mungkin masih mengabaikan laporan tahunan maka sebaiknya dimulai sejak saat ini.

Usaha apapun pasti membutuhkan manajemen dan planning agar bisa menghandle jika suatu saat nanti terjadi masalah. Jadi, sebenarnya kedua hal tersebut merupakan salah satu upaya menghindari terjadinya bangkrut.

Pada laporan keuangan milik PT Indofood, semua kebutuhan pengeluaran ditulis secara rinci dan pemasukan pun rutin dimasukkan ke dalam data bulanan maupun tahunan. Dengan begitu, perusahaan ini sejak berdiri hingga saat ini tidak pernah terjadi masalah keuangan seperti tidak seimbangnya pengeluaran dan pemasukan.

Salah satu cara utama agar laporan tahunan bisa balance antara pengeluaran dan pemasukan maka Anda harus memeriksa laporan bulanan juga. Karena, ketika ditemukan ada yang janggal pada laporan bulanan, Anda bisa dengan mudah menemukan sumber masalahnya dimana. Sedangkan jika Anda baru menemukannya pada laporan tahunan maka untuk mencari awal mula ketidak seimbangannya itu sedikit lebih sulit.

Laporan Keuangan PT Indofood Terbaru

Mungkin sebagian besar dari Anda masih belum tahu bagaimana sih bentuk fisik dari laporan keuangan PT Indofood? Nah, untuk membantu dan memudahkan Anda dalam mempelajari tentang laporan keuangan maka bisa melihat tabel di bawah ini yang merupakan salah satu contoh laporan penjualan periode tiga bulan yang berakhir di bulan Maret.

NO Rincian Catatan Jumlah
  PENJUALAN NETO 2,27,32,33,37 19.304.795
  BEBAN POKOK PENJUALAN 2,12,28,32,33 13.022.195
  LABA BRUTO   6.282.600
1. Beban Penjualan dan Distribusi 2,12,29,32 (2.234.485)
2. Beban Umum dan Administrasi 2,12,29,32 (1.212.862)
3. Laba dari Nilai Wajar Aset Biologis   (140.618)
4. Penghasilan Operasi Lain 2,29,32,33 840.635
5. Beban Operasi Lain 2,29,32 (100.916)
  LABA USAHA 37 3.434.354
1. Penghasilan Keuangan 2,30,37 130.993
2. Beban Keuangan 2,31,37 (1.031.263)
3. Pajak Final Atas Penghasilan Bunga 2,37 (25.550)
4. Bagian Atas Rugi Neto 2,9,37 (49.963)
  LABA SEBELUM BEBAN PAJAK PENGHASILAN 19,37 2.458.571
1. Beban Pajak Penghasilan 2,9,13,37 (653.462)
  LABA PERIODE BERJALAN 37 1.805.109
  Penghasilan (Rugi) Komprehensif Lain    
  Pos yang tidak akan direfleksikan ke laba setelah pajak    
1. Rugi Pengukuran Kembali atas Imbalan Kerja Karyawan 2,21 (4.845)
2. Bagian Rugi Komprehensif Lain 9 (4.787)
  Pos yang Dapat Direklasifikasikan Ke Laba Rugi    
1. Rugi yang belum Terealisasikan dari Aset Keuangan Untuk Dijual 2 59.685
2. Selisih Kurs dalam Laporan Keuangan 2 449.771
3. Bagian Penghasilan (Rugi) Komprehensif Lain 9 101.623
  Penghasilan Komprehensif Lain Periode Berjalan   601.647
  TOTAL LABA KOMPREHENSIF PERIODE BERJALAN   2.406.756
       

Jadi, dari contoh laporan di atas Anda bisa mengetahui sedetail apa PT Indofood dalam membuat laporan keuangan. Pastinya masing-masing kebutuhan berada pada tabel yang berbeda. Jadi, jika Anda mulai menerapkan cara ini memungkinkan semua manajemen rapi dan Anda dapat mengetahui perkembangan perusahaan setiap tahunnya dengan mudah.

PILIHAN EDITOR

Kapitalisasi Pasar dan Peranannya dalam Sebuah Perusahaan

Saham Milenial - Kapitalisasi pasar mengandung definisi yaitu nilai hasil perkalian harga per lembar saham dengan jumlah saham yang dimiliki perusahaan. Nilai kapitalisasi sering...

Berbagai Istilah Dalam Saham yang Wajib Diketahui

Saham Milenial - Terdapat berbagai istilah dalam saham yang perlu dipahami bagi para pelaku bisnis saham seperti investor atau penanam modal. Istilah tersebut merupakan...

Macam-Macam Instrumen Pasar Uang dan Pengaplikasiannya

Saham Milenial - Instrumen pasar uang merupakan alat-alat yang diperdagangkan dalam pasar uang. Sedangkan pasar uang adalah sarana tempat bertemunya antara pemilik dana dengan...

Perbedaan Merger dan Akuisisi secara Jelas dan Lengkap

Saham Milenial - Perbedaan merger dan akuisisi dapat dijabarkan melalui pengertian serta kondisi yang menyebabkan dua atau lebih perusahaan saling berkaitan untuk menetapkan salah...