Selasa, September 28, 2021

Strategi Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak

Saham Milenial – Mempersiapkan tabungan pendidikan anak banyak dipilih para orangtua untuk biaya pendidikan mulai dini sampai perguruan tinggi untuk buah hati mereka. Seperti yang Anda tahu, biaya sekolah tak hanya iuran bulanan. Namun, juga meliputi biaya seragam serta perlengkapan sekolah. Masih ada pula uang saku, akomodasi, sampai biaya tambahan lainnya.

Definisi Tabungan

Menurut Wikipedia, tabungan merupakan simpanan yang penarikannya hanya bisa dilakukan berdasarkan syarat khusus yang disepakati. Namun, tak dapat ditarik menggunakan cek, bilyet giro, maupun alat lainnya yang setara dengan itu.

Kegiatan menabung bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya menyimpan di rumah maupun menyimpannya di bank. Bila Anda ingin menyimpan uang di bank, maka pemilik tabungan akan memperoleh buku tabungan. Buku tersebut memuat informasi semua transaksi yang dilakukan. Tak hanya itu pihak bank pun akan memberikan Anda Automatic Teller Machine (ATM) serta nomor pribadi (PIN).

Hal Penting dalam Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak

Hal Penting dalam Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak
Hal Penting dalam Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan tabungan pendidikan anak.

1. Menghitung Sejak Awal Kebutuhan Biaya Pendidikan

Sebelum menabung, Anda perlu mengetahui berapa target biaya yang harus Anda kumpulkan. Hal ini memang tak mudah. Mengingat dana pendidikan nyaris berubah tiap tahunnya. Oleh sebab itu, buatlah perhitungan yang mengacu pada besaran inflasi dana pendidikan di Indonesia. Misalnya sebesar 10%.

Dari sini orang tua dapat menyusun rencana. Meliputi berapa besar uang yang harus disisihkan tiap bulannya. Terutama saat si kecil diterima di sekolah yang diinginkan.

2. Mulai Membuka Tabungan Pendidikan Anak Sedini Mungkin

Anda tak perlu menunggu momen khusus untuk membuka tabungan studi anak. Makin cepat, maka akan semakin baik. Namun, pastikan pula kewajiban finansial yang lain telah terpenuhi, ya. Setidaknya kebutuhan dapat teratasi. Misalnya, cicilan rumah serta kendaraan.

Sebelum menjatuhkan opsi pada satu bank, ketahui lebih dulu simulasi tabungan studi anak. Upayakan membuka tabungan yang fleksibel, tapi memberikan manfaat maksimal.

3. Lakukan Penghematan

Pola hidup hemat amat mendukung usaha Anda mengumpulkan tabungan. Tentu ini semua diawali dengan mengubah gaya hidup.

Mulailah dari yang hal sederhana. Misalnya, berhenti membeli minuman kopi kekinian. Memilih merayakan ulang tahun anak dengan sederhana.

Hal ini memang terkesan sepele. Namun apabila orang tua konsisten melakukan hal-hal tersebut, maka akan makin banyak rupiah yang terkumpul. Uang ini dapat masuk ke pundi-pundi tabungan untuk studi buah hati Anda.

Selain tabungan, Anda juga dapat mengawali investasi berjangka panjang untuk biaya studi di masa depan. Beberapa yang dapat dijadikan pertimbangan yakni reksadana, investasi emas, sampai investasi properti.

4 Pilihan Tabungan Pendidikan Anak yang Ada di Indonesia

Berbagai bank mempunyai produk tabungan perencanaan masa depan. Salah satunya untuk mendukung studi buah hati. Tak kalah menarik, produk tabungan ini kerap menyediakan keuntungan. Mulai dari bunga yang tinggi hingga asuransi. Berikut adalah beberapa pilihan tabungan pendidikan anak yang dapat Anda coba.

No. Pilihan Tabungan Keunggulan Syarat-syarat
1. Mandiri Tabungan Rencana Bebas menentukan serta mengubah nominal setoran tiap bulan.

Suku bunga lebih tinggi dibandingkan suku bunga tertinggi dari tabungan Mandiri.

Mendapat gratis perlindungan asuransi.

Jangka waktu fleksibel. Mulai 1 – 20 tahun.

Bebas biaya admin.

Usia minimal 18 dan maksimal 70 ketika Mandiri Tabungan Rencana jatuh tempo.

Mempunyai tabungan Mandiri maupun giro Mandiri.

Melengkapi formulir aplikasi untuk membuka tabungan.

2. BNI Tapenas Tersedia dalam opsi valuta IDR maupun USD.

Bebas menentukan jangka waktu. Mulai 2 – 18 tahun.

Bebas menambah biaya tabungan pendidikan di luar setoran yang dilakukan rutin.

Ada asuransi tambahan. Tanpa pemeriksaan kesehatan. Meliputi asuransi jiwa serta asuransi kesehatan.

Jangka waktu serta setoran bulanan bisa ditambah.

WNI dengan usia minimal 17, maksimal 65 ketika jatuh tempo.

Mempunyai rekening afiliasi BNI.

Melengkapi formulir pendaftaran.

3. Deposito Berjangka BCA Bisa memilih sendiri jangka waktu deposito.

Tersedia 9 opsi mata uang.

Bunga deposito bisa ditransfer ke rekening lain.

Tersedia fitur perpanjangan otomatis.

Melengkapi formulir permohonan.

Melampirkan identitas diri dalam bentuk fotokopi.

Memenuhi setoran awal minimal dengan nominal Rp8 juta.

4. BritAma Rencana Suku bunga kompetitif sekitar 3,25%. Hal ini jauh di atas tabungan biasa. Suku bunga sifatnya menyesuaikan keadaan pasar atau floating.

Tersedia asuransi jiwa dengan uang pertanggungan hingga Rp1 miliar. Nasabah tidak perlu melakukan medical check-up.

Opsi jangka waktu menabung sangat panjang daripada tabungan berjangka bank lainnya.

Tak dikenakan biaya administrasi.

Laporan mutasi saldo tabungan berjangka akan dikirimkan via email pribadi.

Usia 17-64 tahun.

Mempunyai rekening tabungan BRI BritAma, Britama Bisnis, maupun Giro.

Melengkapi formulir pembukaan rekening

Pilih Jenis Tabungan Pendidikan Anak Demi Kelancaran Studinya

Tak dapat dipungkiri, besarnya dana sekolah anak memang mengharuskan para orangtua mencari cara. Tujuannya supaya kebutuhan pendidikan yang diperlukan anak tak terhenti.

Untuk memenuhi semua biaya pendidikan, tidak sedikit orang tua yang nekat menjual beberapa aset yang dipunya. Seperti rumah sampai kendaraan. Hal ini agar sang anak bisa menimba ilmu di sekolah pilihannya.

Dengan adanya tabungan pendidikan anak, orang tua dapat lebih fokus mempersiapkan biaya untuk masa depan buah hati. Tiap bank berupaya menawarkan produk tabungan dengan berbagai fitur. Gunanya untuk membantu merencanakan keuangan secara tepat.

Perlu Anda ketahui bila tiap jenis tabungan mempunyai keunggulan serta kelemahannya masing-masing. Oleh sebab itu, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Periksa dan analisa tiap fitur produk yang ditawarkan oleh bank secara cermat. Hal ini supaya biaya pendidikan buah hati bisa lebih mudah diwujudkan.

PILIHAN EDITOR

Bagaimana Cara Beli Saham di Ipotgo? Berikut Detailnya

Saham Milenial - Agar bisa bertransaksi saham melalui Ipotgo, Anda tentu harus memahami mengenai cara beli saham di Ipotgo. Tanpa modal yang besar di...

Rekomendasi Saham Untuk Jangka Panjang dan Prospek Profitnya

Saham Milenial - Rekomendasi saham untuk jangka panjang dapat digunakan sebagai pertimbangan yang benar sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi. Karena investasi Efek itu bersifat...

Contoh Notulen Rapat Umum Pemegang Saham

Saham Milenial - Membahas mengenai contoh notulen Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tentu tidak bisa dilepaskan dari UUPT, yaitu UU No 20 Tahun 2007....

Inilah Reksadana Saham Terbaik 5 Tahun Terakhir

Saham Milenial - Daftar mengenai reksadana saham terbaik 5 tahun terakhir akan memberikan Anda pertimbangan yang matang terkait reksadana. Dalam artikel ini akan dibahas...