Contoh soal Future Value adalah gambaran mengenai Future Value melalui tahap perhitungan tertentu. Perhitungan ini nantinya bersifat prediksi, yang mana belum pasti terjadi.  Future Value sendiri adalah nilai atau aset yang akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini dikenal sebagai konsep time of value.

Future Value digunakan untuk mengetahui apakah di masa depan suatu investasi dapat dikatakan menguntungkan. Cara ini akan membuat investor bersikap lebih bisa mengambil keputusan walau masih sebatas prediksi.

Namun tentunya tanpa prediksi, sulit untuk memperkirakan apakah sebuah investasi itu bernilai atau tidak. Setidaknya, prediksi dapat membantu meski tidak mungkin presisi, tapi sudah menunjukkan adanya gambaran.

Future Value adalah metode perhitungan yang tidak menyertakan faktor-faktor yang akan mengubah nilai. Sehingga untuk sementara dapat dihitung dengan menggunakan cara ini.

Sebab banyak faktor yang akan mempengaruhi nilai atau aset di masa depan. Contohnya saja inflasi, yang mana akan terus menurunkan nilai dari mata uang sehingga harus dipertimbangkan sebelum memulai investasi.

Untuk itulah, adanya Future Value akan sangat berguna bagi Anda untuk membuat prediksi investasi. Serta memberikan penilaian apakah hal tersebut memiliki probabilitas untung atau tidak.

Macam Future Value dan Rumusnya

Sebelum merambah ke contoh soal Future Value, sebelumnya harus diketahui bahwa Future Value memiliki dua tipe. Antara lain penjelasannya seperti di bawah ini.

TRENDING NOW:  Apa itu Real Estate? Berikut Pengertian dan Contohnya

1. Bunga Tahunan Sederhana

Future Value yang menggunakan bunga tahunan sederhana ini memakai asumsi. Hal ini akan terkait dengan tingkat pertumbuhan yang terjadi secara konstan.

Selain pertumbuhan konstan, juga meliputi pembayaran yang dilakukan di muka. Pembayaran ini tidak tersentuh selama investasi. Rumus untuk Future Value dengan bunga tahunan sederhana adalah sebagai berikut.

FV sederhana = I ( 1+(R x T) )

Keterangan :

FV sederhana = Future Value Bunga Tahunan Sederhana

I = Investasi Yang Dilakukan

R = Tingkat Suku Bunga

T = Periode Dalam Tahun

2. Bunga Tahunan Majemuk

Future Value dengan bunga tahunan majemuk berbeda dengan  bunga tahunan sederhana. Di mana dalam bunga tahunan majemuk maka dalam tiap periode akan dilakukan tarif di saldo akun kumulatif.

TRENDING NOW:  Rumus DER, Rumus Rasio DER, dan Cara Menghitung Menggunakan Rumus DER

Tentunya ini berbeda dengan bunga tahunan sederhana yang hanya menggunakan investasi awal. Sedang untuk rumusnya adalah sebagai berikut.

FV majemuk = I ( 1 + R ^ T )

Keterangan :

FV majemuk : Future Value Bunga Tahunan Majemuk

I : Investasi Yang Dilakukan

R : Tingkat Suku Bunga

T : Periode Dalam Tahun

Contoh Soal Future Value

Contoh soal Future Value dapat dilihat pada rincian di bawah.

Anda menginvestasikan uang senilai Rp 60.000.000,- karena ingin mendapatkan keuntungan. Tingkat pengembalian saham adalah sekitar 10% per tahun. Kemudian investasi yang Anda lakukan berlaku sampai 3 tahun. Berapakah Future Valuenya?

Hanya perlu masukkan angka tersebut ke dalam rumus. Karena ini menggunakan bunga majemuk, maka memasukkannya seperti ini.

FV majemuk = I ( 1 + R ) ^ T

FV majemuk = Rp 60.000.000,- (1+10) ^ 3

FV majemuk = Rp 60.000.000,- (1+0,10) ^ 3

FV majemuk = Rp 60.000.000,- (1,3)

FV majemuk = Rp 79.860.000,-

Jadi hasil perhitungan dari contoh soal Future Value di atas adalah senilai Rp 79.860.000,-. Jumlah ini meningkat dari nilai investasi awal yaitu Rp 60.000.000,- dalam jangka waktu tiga tahun saja.

TRENDING NOW:  Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa yang Tepat

Tentunya ini masih hanya sebatas prediksi. Namun jika telah memilikinya, maka Anda bisa mengira-ngira apakah investasi tersebut memang layak dilakukan atau tidak.  Jika jumlahnya meningkat daripada investasi awal, maka dapat dikatakan bahwa kemungkinan investasi tersebut menguntungkan. Namun bila kurang, Anda bisa memikirkan lagi dan mencari alternatif lain.

Kesimpulan

Future Value sangat penting untuk masalah finansial di masa depan. Pasalnya, inflasi pasti akan terus menerus nilai mata uang sehingga investasi merupakan salah satu jalan yang cukup baik.  Namun dalam berinvestasi, Anda juga harus memperkirakan keuntungan atau kerugian yang akan didapat. Dengan Future Value, maka Anda bisa membuat prediksi kasar meski tidak akurat. Setidaknya, hal ini telah memberikan sedikit gambaran yang Anda lakukan. Perhatikan juga tingkat suku bunga sehingga return atau pengembalian sesuai dengan apa yang Anda harapkan.  Dari contoh soal Future Value pula dapat diketahui bahwa sebenarnya metode perhitungannya tidak rumit. Sehingga semua orang bisa mencoba untuk melakukannya dan membuat rencana finansial di waktu yang akan datang.

You May Also Like

Apa itu Real Estate? Berikut Pengertian dan Contohnya

Saham Milenial – Real estate adalah sebuah istilah yang memiliki terjemahan lahan…

Kapitalisasi Pasar dan Peranannya dalam Sebuah Perusahaan

Saham Milenial – Kapitalisasi pasar mengandung definisi yaitu nilai hasil perkalian harga…

Tujuan Perusahaan, Bagaimana Mengolah Tujuan Dengan Terukur dan Kompeten

Saham Milenial – Tujuan perusahaan merupakan dasar yang melandasi pembentukan suatu perusahaan.…

Fast Moving Consumer Goods Adalah Hal Penting Bagi Perusahaan

Consumer Goods adalah barang yang dijual secara cepat oleh satu perusahaan. Biasanya…