Rabu, Januari 20, 2021

Inilah Cara Membeli Saham Telkomsel Dengan Mudah

Saham Milenial – Dengan mengetahui cara membeli saham Telkomsel, maka bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menjalankan investasi. Semua orang tentu menginginkan investasinya bisa dijalankan untuk jangka yang panjang.

Maka dari itu jangan sampai Anda salah memilih saham agar bisa mendapatkan banyak keuntungan. Anda tidak perlu bingung, karena untuk bisa menjalankan investasi terdapat cara membeli saham Telkomsel yang sangat mudah prosedurnya. Bagi Anda yang belum mengetahuinya maka bisa menyimak penjelasan mengenai investasi di Telkomsel.

Profil Telkomsel

Telkomsel adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang operator telekomunikasi seluler yang ada di Indonesia. Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1995 ini sudah populer dan bahkan hampir semua masyarakat memilih operator ini untuk dijadikan sumber komunikasi. Hal ini karena Telkomsel memiliki jaringan yang paling bagus jika dibandingkan dengan lainnya.

Pada awal kemunculannya, PT Telkomsel berdiri bersama Indosat dan bersama-sama meluncurkan kartu Halo dengan layanan pasca bayar. Sejak awal berdiri hingga saat ini Telkomsel menjadi operator telekomunikasi terbesar dan terpopuler di Indonesia. Karena hal ini, saham Telkomsel sebagian besar dimiliki oleh Telkom Indonesia dan bagian kecilnya Singtel.

Ketika perkembangannya diawasi ternyata cukup besar peningkatan yang terjadi di setiap tahunnya. Hal ini membuat Anda atau siapapun memungkinkan untuk membeli saham dari Telkomsel.

Hanya saja, sebagian orang belum mengetahui bagaimana sih cara membeli saham Telkomsel? Sebenarnya cukup mudah dan tidak ada prosedur yang merepotkan. Terdapat dua cara yang bisa Anda pilih, yaitu melalui broker atau membeli produk reksadana.

Banyaknya orang yang ingin mengetahui bagaimana cara pembelian saham milik Telkomsel ini adalah bentuk investasinya yang bisa digunakan untuk jangka panjang. Bahkan, sudah banyak orang yang mengetahui bahwa saham Telkomsel adalah pilihan yang tepat untuk dijadikan bahan investasi di era modern seperti ini.

Apalagi jika dilihat-lihat ternyata semua orang yang ada disekeliling kita sudah menggunakan teknologi canggih dan yang pastinya membutuhkan jaringan. Jadi, masa depan berinvestasi Telkomsel ini cukup menjanjikan.

Membeli Saham Telkomsel Via Broker

Membeli Saham Telkomsel Via Broker
Membeli Saham Telkomsel Via Broker (Sumber: unsplash)

Sebelum membahas tentang cara membeli saham Telkomsel via broker, apakah Anda sudah mengetahui apa sih broker itu? Mungkin Anda hanya sering mendengar tapi belum benar-benar paham bahwa broker merupakan perusahaan jasa yang didalamnya melayani jual beli efek. Atau lebih mudahnya adalah perusahaan yang melayani jasa jual beli surat berharga seperti saham serta obligasi.

Anda bisa bebas memilih perusahaan broker terpercaya karena di Indonesia sendiri terdapat banyak perusahaan yang melayani jasa jual beli efek. Tapi pastikan perusahaan yang Anda pilih mampu menangani investasi dengan baik dan hanya meminta biaya yang masih masuk akal.

Langsung saja, untuk langkah-langkah pembelian saham Telkomsel melalui broker sebagai berikut :

  • Lakukan pendaftaran dengan memilih antara melalui sistem online atau offline. Agar lebih paham dan prosesnya lancar sebaiknya Anda langsung mendatangi broker yang sudah dipilih.
  • Membuka rekening saham serta Rekening Dasar Nasabah (RDN). Kedua syarat tersebut sangat penting karena akan dibutuhkan setiap transaksi jual beli saham.
  • Ketika kedua syarat sebelumnya sudah terpenuhi, maka Anda bisa langsung menuju opsi pembelian dan menemukan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dengan mengetikkan kode emitennya yaitu TLKM.
  • Anda bisa menyelesaikan proses settlement dengan jarak waktu kurang lebih 2 hari setelah melakukan transaksi.
  • Ketika transaksi berhasil, maka pada halaman portofolio akan terdapat list kepemilikan saham yang sudah Anda beli dimana salah satunya adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.
  • Selain transaksi pembelian, diharapkan Anda juga membayar fee kepada broker karena Anda telah menggunakan jasanya.
  • Jika proses pembelian saham selesai, maka Anda hanya perlu mengawasi kondisi pasarnya melalui gadget atau PC.

Cara Membeli Saham Telkomsel Melalui Produk Reksadana

Cara Membeli Saham Telkomsel Melalui Produk Reksadana
Cara Membeli Saham Telkomsel Melalui Produk Reksadana (Sumber: mediabumn)

Untuk cara membeli saham Telkomsel alternatif Anda bisa melakukan pembelian produk reksadana saham. Reksadana saham sendiri merupakan reksadana yang sebagian modalnya akan disalurkan pada instrumen saham.

Cara alternatif ini memang lebih simpel, mudah dan cepat karena hanya perlu membeli produk Reksadana saham yang sudah disertakan dengan PT Telkom. Apabila Anda belum menyetujui pembelian reksadana, maka bisa langsung saja untuk cek pada portofolio apakah sudah ada TLKM dalam kombinasi saham yang akan Anda beli.

Tapi, jika semua transaksi sudah berhasil maka Anda hanya perlu mengikuti semua langkah yang ada di aplikasi perusahaan sekuritas, dimana juga akan menjadi tempat mengawasi kondisi pasar dalam saham.

Perbedaan Pembelian Saham Via Broker dan Reksadana

Bagi Anda yang mungkin masih bingung perbedaan antara pembelian saham melalui Broker dan Reksadana, mungkin tabel di bawah ini dapat membantu Anda. Pastikan Anda bisa memahami tabel ini agar tidak sampai salah memilih proses pembelian saham yang mudah menurut versi Anda.

NO Perbedaan Broker Reksadana
1. Pengelolaan Dana Pengelolaan langsung di tangan investor. Hanya dikelola oleh manajer investasi.
2. Risiko dalam Investasi Risiko tinggi, karena investor langsung mengelola sendiri. Risiko lebih rendah, karena dikelola oleh manajer investasi yang sudah paham dan ahli dalam bidangnya.
3. Return Nilai return menguntungkan, karena tidak perlu membayar tenaga ahli. Nilai return lumayan besar, karena membutuhkan tenaga ahli.
4. Investasi Minimal Sekitar 5 juta. Minimal Rp 100 ribu.
5. Pajak 0,1 dari nilai julaan saham. Tidak dikenakan pajak, tapi wajib melaporkan keuntungan setiap tahunnya.

Itulah perbedaan antara reksadana dengan broker, sehingga Anda harus tahu 5 poin penting tersebut sebelum memutuskan akan berinvestasi Telkomsel melalui broker atau reksadana.

PILIHAN EDITOR

Kapitalisasi Pasar dan Peranannya dalam Sebuah Perusahaan

Saham Milenial - Kapitalisasi pasar mengandung definisi yaitu nilai hasil perkalian harga per lembar saham dengan jumlah saham yang dimiliki perusahaan. Nilai kapitalisasi sering...

Berbagai Istilah Dalam Saham yang Wajib Diketahui

Saham Milenial - Terdapat berbagai istilah dalam saham yang perlu dipahami bagi para pelaku bisnis saham seperti investor atau penanam modal. Istilah tersebut merupakan...

Macam-Macam Instrumen Pasar Uang dan Pengaplikasiannya

Saham Milenial - Instrumen pasar uang merupakan alat-alat yang diperdagangkan dalam pasar uang. Sedangkan pasar uang adalah sarana tempat bertemunya antara pemilik dana dengan...

Perbedaan Merger dan Akuisisi secara Jelas dan Lengkap

Saham Milenial - Perbedaan merger dan akuisisi dapat dijabarkan melalui pengertian serta kondisi yang menyebabkan dua atau lebih perusahaan saling berkaitan untuk menetapkan salah...