Ketahui Ciri dan Nama Perusahaan Tbk di Indonesia

Ketahui Ciri dan Nama Perusahaan Tbk di Indonesia
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest

Saham MilenialPerusahaan Tbk di Indonesia, telah menjamur di berbagai kota dan wilayah. Merupakan perusahaan publik yang berdiri atas bergabungnya  beberapa pemegang saham dalam suatu usaha. Perusahaan terbuka memiliki pengertian perusahaan jenis perseroan yang sahamnya dipegang oleh setidaknya 300 pengusaha.

Dengan penghasilan modal disetor sekurang-kurangnya 3 miliar rupiah atau bisa juga jumlah pemegang saham dan setor modal ditentukan oleh peraturan pemerintah. Di Indonesia perusahaan terbuka menjadi suatu bisnis yang diminati oleh banyak investor atau penanam modal.

Berbagai bidang perusahaan bergerak secara statis mengikuti tuntutan era dan kebutuhan pangsa pasar. Perusahaan teknologi, produsen makanan, produksi film dan hiburan visual, perusahaan asuransi dan sebagainya menempati posisi penting yang hampir tidak akan mati.

Ciri-ciri Perusahaan Terbuka di Indonesia

Perusahaan Tbk di Indonesia mempunyai beberapa ciri dan ketentuan khusus yang menjadikannya  berbeda dari jenis usaha lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-cirinya.

1. Dipimpin oleh Dewan Direksi

Perusahaan Terbuka dipimpin oleh direksi yang disebut direktur. Direktur bertugas menetapkan keputusan-keputusan dan peraturan terkait pekerjaan dan lingkungan kerja. Selain itu direktur memiliki wewenang untuk mengawasi dan mengkoordinir organisasi serta para karyawannya. Seorang direktur harus melakukan kebijakan dengan penuh pertimbangan agar tercipta lingkungan kerja yang sehat dan kondusif.

2. Memiliki Tujuan yang Jelas dan Terarah

Menetapkan tujuan perusahaan dengan jelas serta melaksanakan poin-poin yang terkandung dalam tujuan sebagai upaya mencapai keuntungan yang signifikan. Tujuan perusahaan seyogyanya menjadi sasaran yang diraih bersama-sama oleh seluruh komponen perusahaan termasuk para pemegang saham. Pemahaman akan tujuan perusahaan menjadi penunjuk arah kemana perusahaan tersebut akan berjalan dan berkembang.

3. Modal Berasal dari Beberapa Pemegang Saham

Modal usaha berasal dari beberapa pemegang saham. Menjadi ciri utama suatu perusahaan terbuka adalah dengan kepemilikan saham oleh beberapa pihak dengan pembagian sesuai jumlah modal yang ditanamkan ke perusahaan. Semakin besar nilai saham yang diberikan, maka semakin besar pula profit yang didapat.

4. Memperoleh Keuntungan Berupa Dividen

Dividen adalah pembagian laba atau keuntungan dari sebuah perusahaan kepada para penanam modal. Apabila para pemegang saham telah sepakat untuk menggunakan keuntungan sebagai tambahan modal atau untuk ekspansi, maka dividen tidak bisa dicairkan. Melainkan akan dialokasikan untuk pengembangan usaha.

5. Perusahaan Terbuka Tidak Difasilitasi oleh Negara

Perusahaan Terbuka adalah perusahaan non-pemerintahan, sehingga segala sarana, prasarana dan alat penunjang lainnya bukan menjadi tanggung jawab negara. Perusahaan melakukan secara mandiri untuk pengadaan barang inventaris dan unsur-unsur lain yang diperlukan. Pengadaan barang dan jasa pada perusahaan terbuka atau jenis perusahaan swasta lainnya, diambil dari modal usaha.

6. Batasan Pemegang Saham

Maksudnya adalah pemegang saham tidak bertanggung jawab atas masalah dan kelalaian operasional pekerjaan dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Tidak pula turut mengurus rotasi perputaran utang piutang perusahaan meski menggunakan dana pemegang saham. Segala kegiatan usaha sepenuhnya menjadi tanggung jawab direksi beserta jajarannya.

Batasan Pemegang Saham

Namun apabila ada kesalahan dalam transaksi penyerahan modal seperti adanya kesenjangan antara nominal fisik dan angka yang tertulis, maka kasus ini dapat masuk ke ranah hukum dan harus dipertanggungjawabkan oleh pihak pemilik saham.

7. Keputusan Tertinggi Ada pada RUPS

Rapat Umum Pemegang Saham adalah kegiatan berkumpulnya para pemegang saham dalam satu forum untuk membahas ketentuan perusahaan yang disepakati bersama. Ketentuan yang diputuskan merupakan garis besar tentang siklus modal yang diinvestasikan, serta faktor-faktor utama untuk menjalankan suatu perusahaan.

8. Terdapat Imbuhan Tbk di Belakang Nama Perusahaan

Satu ciri yang mencolok dari perusahaan terbuka dimana penanam modalnya lebih dari satu orang, adalah akhiran Tbk setelah nama perusahaan. Tbk sendiri adalah singkatan dari kata terbuka. Hal ini menjadi tanda bahwa suatu PT terbuka untuk penanaman modal dari berbagai pihak.

Kemajuan bidang usaha melalui kesatuan perusahaan terbuka sudah menjadi hal yang diakui dunia. Di negara-negara besar, sistem ini sukses menaikkan keuntungan perusahaan besar hingga mencapai nilai yang fantastis. Indonesia sebagai negara yang terus mengembangkan perekonomiannya, ikut andil dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia, salah satunya melalui perusahaan terbuka.

PT Tbk Terkemuka di Indonesia

Berikut adalah beberapa perusahaan Tbk di Indonesia yang berkembang pesat dan populer di seluruh kalangan masyarakat.

1. PT Astra International Tbk

PT Astra International Tbk merupakan perusahaan perdagangan umum yang awalnya hanya mengacu pada produksi dan pemasaran barang otomotif. Astra didirikan pada tahun 1990. Setelah resmi menjadi perusahaan terbuka, Astra mencatatkan saham perseroannya di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII.

Angka kapitalisasi pasar Astra di akhir tahun 2018 berhasil menyentuh Rp 333,0 triliun. Kini Astra telah berkembang menjadi perusahaan dengan berbagai segmen usaha diantaranya, jasa keuangan, agribisnis, teknologi informasi, properti, alat berat, infrastruktur dan logistik.

2. PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk

Sebuah perusahaan multi finance yang mulai berdiri sejak tahun 1990 dan mulai beroperasi di tahun 1991. Perusahaan yang terkemuka dan terdepan serta unggul dalam bidang pembiayaan mobil dan motor, baik dengan kondisi baru maupun bekas.

Adira finance membuka penawaran saham pertamanya di tahun 2003 yang kemudian peluang ini diambil oleh Bank Danamon dengan kepemilikan modal sebesar 75%. Selanjutnya ditambah lagi dengan akuisisi sebesar 20% di tahun 2009 yang menjadikan Adira digenggam oleh Bank Danamon sebesar 90%.

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk

Setelah melalui grafik perekonomian yang cukup naik turun, kini Adira finance diakui sebagai salah satu perusahaan pembiayaan otomotif terbesar di Indonesia. Dengan total karyawan sebanyak 28 ribu orang, 667 ribu jaringan usaha yang tersebar di seluruh Indonesia dan melayani 3,7 juta konsumen.

3. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk

Lebih akrab dengan sebutan Bank BRI, adalah salah satu perseroan terbatas jenis perusahaan terbuka. Berdiri sejak tanggal 16 Desember 1895 di purwokerto, BRI kini mendulang sukses besar sebagai bank komersial terbesar di Indonesia. Pemerintah negara merupakan pemegang saham terbesar perusahaan ini dengan persentase mencapai lebih dari separuhnya yaitu 56,75% dan sebesar 43,25%-nya diambil oleh pemegang saham publik.

4. PT Gudang Garam Tbk

Gudang Garam adalah perusahaan rokok terbesar dan terbilang cukup tua di Indonesia. Didirikan sejak 27 Agustus 1990, Gudang Garam memiliki lebih dari 63,3 ribu karyawan dengan kepemilikan saham didominasi oleh keluarga besar Susilo Wonowidjojo sebesar 75,55% dan sisanya sebesar 24,45% menjadi saham milik masyarakat lain.

5. PT Semen Indonesia Tbk

Menyandang nama populer yaitu Semen Gresik sebelum akhirnya diubah menjadi Semen Indonesia pada tahun 2012. Semen Indonesia tak lain dan tak bukan adalah satu-satunya produsen semen terbesar dan terkenal di Indonesia. Dengan mayoritas pemegang saham diambil oleh pemerintah yaitu sebanyak 51,01% dan 40 juta lembar saham dijual kepada masyarakat. Setelah mengetahui informasi mengenai perusahaan Tbk di Indonesia tentang ciri dan namanya, tentu pemahaman dan wawasan di bidang ekonomi dan bisnis akan semakin bertambah.

Artikel Terkait

Baca Juga