Apa itu Saham IPO (Initial Public Offering)

Saham Milenial – Banyak yang mempertanyakan apa itu saham IPO dan bagaimana cara kerjanya dalam dunia saham. Berikut informasi seputar apa itu saham IPO dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Apa itu Saham IPO?

Jika Anda mendapatkan pertanyaan apa itu saham IPO? Tentu penasaran bagaimana proses menjalankannya. IPO merupakan singkatan dari kata Initial Public Offering yang berasal dari istilah bahasa Inggris.

Jika Anda aktif di dunia saham pasti sangat mengenal apa itu saham IPO. IPO adalah jenis perusahaan yang menggunakan masyarakat umum sebagai pembeli sahamnya.

Bisa kita simpulkan IPO berupa perusahaan yang menjual saham kepada masyarakat umum dengan syarat tertentu. Saham yang dijual hampir mendekati lima puluh persen dari keseluruhan.

IPO menjual sebagian sahamnya supaya memiliki tambahan dana untuk melancarkan kerja perusahaan. Tambahan dana juga bisa memperlancar operasional dan cepat memperbesar perusahaan.

IPO memiliki sebutan lain yaitu penawaran saham perdana yang berarti nilai saham saat pertama sekali dijual. IPO menentukan beberapa ketentuan dalam jual beli saham perusahaannya.

Investor atau masyarakat yang tertarik dengan saham perusahaan bisa menawar atau membeli langsung sesuai acuan yang ada. IPO juga merupakan perusahaan yang dimiliki oleh banyak pihak buka milik perseorangan.

Anda tidak perlu khawatir untuk menjadi salah satu investor IPO. Segala Proses transaksi jual beli saham telah dijamin oleh pialang dan bank investasi.

Pembelian saham biasanya dilakukan investor dari perusahaan. Lalu, Penjualan dan pendistribusian saham kepada para investor melalui IPO.

Perusahaan IPO banyak menarik para investor akan tetapi tidak semuanya mendapatkan saham sesuai keinginan. Kondisi ini dipengaruhi karena saham yang dijual terbatas sedangkan peminatnya sangat banyak.

TRENDING NOW:  Inflasi Meningkat! Investor Harus Apa?

Walaupun seorang investor besar sekalipun belum tentu mendapatkan saham dari IPO karena keterbatasan saham yang dilepas ke pasaran. Siapa cepat yang mengaksesnya maka orang tersebut yang mendapatkan sahamnya.

Penyebab Perusahaan Go Public

Penyebab Perusahaan Go Publik
Penyebab Perusahaan Go Public (Sumber: vibiznews)

Perusahaan yang sudah menerapkan IPO tentu sudah menjadi milik public dan pemilik saham dimiliki oleh banyak pihak. Siapapun bisa melakukan transaksi jual beli saham disana.

Penyebab perusahaan go public sangat beragam seperti membutuhkan tambahan modal untuk mempercepat pertumbuhannya. Modal yang banyak sangat penting untuk kerja operasional suatu perusahaan.

Penjualan saham tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Uang tersebut dapat dimanfaatkan untuk menekan utang yang dimiliki perusahaan.

Tambahan modal perlu untuk menambah area jangkauan konsumen yang diinginkan. Yang terpenting juga adalah perusahaan akan mendapatkan citra positif  terhadap namanya.

Alasan yang kedua suatu perusahaan memutuskan go public adalah meningkatkan nilai suatu perusahaan.  Perusahaan akan lebih terkenal di masa depan karena banyak diketahui orang.

Kondisi ini bisa saja terjadi asalkan perusahaan selalu meningkatkan kinerja yang bagus di dalamnya. Kinerja perusahaan yang bagus tentu meningkatkan nilai saham sehingga menjadi lebih tinggi.

Alasan terakhir yaitu bisa tumbuh lebih pesat di masa depan. IPO membuat ekspansi bisnis menjadi lebih cepat karena dana yang ada lebih besar.

Peluang ini memberikan kesempatan bagi perusahaan berkembang semakin besar lagi. Semua pihak akan mendapatkan keuntungan baik investor maupun saham akan semakin naik.

Bagi Anda yang masih belum paham apa itu saham IPO bisa langsung mempelajarinya. Mempelajari apa itu saham IPO dan cara kerjanya akan memberikan keuntungan besar bagi Anda di masa depan.

Kelebihan Saham IPO

Kelebihan Saham IPO
Penyebab Perusahaan Go Public

Saham yang diperjualbelikan tentu akan memiliki kelebihan tersendiri. Beberapa kelebihan saham IPO yaitu:

  1. Keuntungan Besar Bagi Perusahaan
TRENDING NOW:  Guncangan dan Arus Sebagai Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham

Perusahaan akan mendapatkan untung besar jika menerapkan IPO. Salah satu manfaat yang akan didapatkan perusahaan adalah kenaikan suku bunga.

Suku bunga akan meningkat tinggi jika memberikan pinjaman dengan pengawasan dari investor dan analis. Manfaat kedua yaitu bisa menerbitkan banyak saham untuk diperjualbelikan jika ada peningkatan permintaan.

Manfaat kedua yang didapatkan membuat perusahaan lebih mudah mengatur merger. Perusahan juga bisa melakukan akuisisi dengan cepat.

  1. Investor Memperoleh Likuiditas

Pemilik perusahaan swasta biasanya mengalami kesulitan menjual saham yang dimilikinya. Saham pihak swasta sangat sulit untuk dinilai karena banyak faktor yang melatarbelakanginya.

Banyak yang menganggap investasi saham merupakan investasi yang paling menguntungkan daripada yang lain. Harga saham yang naik tergantung investor yang berperan besar di dalamnya.

  1. Saham IPO Mudah Dijual

Saham IPO bisa dijual dengan cepat baik secara online maupun offline. Anda sebagai investor juga bisa membuka penawaran terbatas dengan jumlah saham dan harga yang sudah disepakati.

  1. Peningkatan Citra Perusahaan

Perusahaan yang sudah melakukan IPO tentu secara tidak langsung selalu tersorot media. Hal ini terjadi untuk menarik public dan calon investor memantau atau mendapatkan informasi tentang saham perusahaan tersebut.

Perusaaahn akan memiliki citra yang baik di mata public terhadap produk atau perusahaannya langsung. Kondisi ini membuka peluang bagi perusahaan mendapatkan pelanggan untuk produk yang dikeluarkan.

  1. Mendapatkan Insentif Pajak dari Pemerintah

Insentif pajak yang akan didapatkan sebesar 5 persen lebih rendah daripada pph wajib pajak. Hal ini sesuai aturan pemerintah No. 56 tahun 2015 tentang wajib pajak bagi perseroan terbuka.

Cara kerja Saham IPO

Cara kerja saham IPO dimulai dengan memenuhi beberapa langkah dan persyaratan yang harus ada. Langkah yang pertama dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan penjamin emisi.

TRENDING NOW:  Bagaimana Struktur Pasar Modal yang Tepat? Inilah Jawabannya

Jalinan kerjasama antar dua perusahaan ini untuk membantu proses IPO. Langkah kedua adalah melengkapi dokumen dan persyaratan yang diperlukan.

Perusahaan emisi yang sudah dipilih akan memberikan penilaian terhadap suatu perusahaan. Penilaian ini akan menentukan nilai saham yang akan dijual kepada masyarakat umum.

Langkah ketiga adalah melakukan permohonan perjanjian kepada bursa efek Indonesia. Perusahaan harus menunggu apakah permohonan diterima apakah tidak.

Selanjutnya, melakukan penyampaian pendaftaran kepada pihak OJK secara langsung. Langkah terakhir yaitu melakukan penawaran umum dan perdagangan di tempat bursa efek.

Investor Dalam Saham IPO

Saham IPO bisa didapatkan oleh semua orang yang menginginkannya. Banyak pihak bisa ikut berpartisipasi tergantung siapa yang cepat mendapatkannya karena saham yang dijual terbatas.

Jika Anda ingin memilikinya bisa membeli reksadana yang khusus menggunakan IPO.Anda juga bisa menggunakan instrumen lainnya yang diperjualbelikan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa investor dalam saham IPO adalah semua pihak yang ingin memiliki saham tersebut. Investasi dalam IPO ini bisa menguntungkan dan juga bisa sebaliknya tergantung kondisi nilai saham.

Jika suatu perusahaan memiliki masalah keuangan baru melepas sahamnya tentu nilai saham tidak akan tinggi. Anda bisa saja tidak akan mendapatkan keuntungan.

Jadi, Anda harus memastikan terlebih dahulu kinerja suatu perusahaan jangan terlibat suatu masalah. Anda dalam melakukan investasi akan merasa tenang dan tidak akan mengalami kerugian.

Jangan lupa juga mempelajari apa itu saham IPO dengan seksama dan teliti. Pengetahuan tentang apa itu saham IPO memberikan keuntungan tersendiri sebelum Anda terjun ke dalamnya. Demikian ulasan apa itu saham IPO dan cara kerjanya. Semoga Anda tertarik untuk mencoba menjadi salah satu investor disana.

You May Also Like

Daftar Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI

Saham Milenial – Saat ini ada banyak perusahaan dari sektor manufaktur yang…

1 Lot Saham Berapa Lembar? Ternyata Ini Jawabannya

Saham Milenial – Dalam dunia investasi, seorang investor dituntut untuk mengetahui tentang…

Pengertian Nilai Pasar Saham dan Cara Menghitungnya

Saham Milenial – Nilai pasar saham atau market value adalah harga saham…

Contoh Notulen Rapat Umum Pemegang Saham

Saham Milenial – Membahas mengenai contoh notulen Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)…