Investasi Saham untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Investasi Saham
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest

Bingung mau investasi apa? Ingin uang anda bertumbuh tetapi dengan cara yang benar. Banyak orang yang berpikiran sama dengan anda dan mengikuti investasi saham.

Untuk yang belum tahu, saham ini yakni bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan, klaim dari kekayaan dan penghasilan perseroan. Daftar perusahaan yang sahamnya bisa dibeli di BEI (Bursa Efek Indonesia) dikenal dengan istilah perusahaan tercatat.

Jadi dapat disebut bahwa saham ini adalah sebuah produk pasar modal, dan termasuk instrumen investasi jangka panjang.

Untuk pembelian saham itu satuannya 1 lot. Di mana 1 lot adalah 100 lembar saham. Apabila anda sudah membeli minimal 1 lot maka anda sudah resmi jadi bagian pemilik perusahaan. Secara garis besarnya seperti itu.

Cara Analisa Saham

Supaya sukses sebagai seorang investor saham maka anda harus paham cara analisa saham yang benar. Mungkin kalau dipikir saja sepertinya sulit. Padahal sesungguhnya tidak terlalu sulit.

Yang paling penting adalah anda wajib untuk memakai common sense Anda, atau akal sehat. Di mana semua orang seharusnya bisa menggunakan akal sehat tersebut dan tidak harus jenius atau apa.

Ada istilah analisa fundamental. Jadi pengamatan berdasar pada fundamental bisnis sebuah perusahaan.

Adapun yang termasuk dalam fundamental tersebut antara lain:

  1. Kinerja keuangan perusahaan
    • Laba
    • Aset perusahaan
    • Pendapatan
    • Pertumbuhan perusahaan
    • Laba
    • Dan lain-lain
  2. Faktor luar yang dapat mempengaruhi kinerja dari perusahaan
    • Kompetitor
    • Ekonomi dunia
    • Ekonomi negara
    • Industri
    • Dan lain-lain

Juga ada analisa teknikal. Jadi ini adalah analisa perusahaan yang berdasar ke pergerakan harga saham. Biasanya analisa teknikal digunakan apabila Anda mau bermain investasi saham untuk jangka pendek. Kalau untuk jangka panjang jangan gunakan analisa teknikal.

Cara Trading Saham untuk Pemula

Untuk membeli saham anda harus mendaftar di broker. Ada banyak broker yang tersedia di kota-kota besar. Pilihlah satu yang terbaik menurut Anda, bisa dengan mendatangi kantornya.

Biasanya nanti akan disuruh membuat rekening saham dan mengisi dokumen formalitas. Cukup ikuti petugas yang ada di broker tersebut, nanti akan dibimbing.

Untuk order pembelian saham itu dilakukan online, memakai system trading saham online broker. Tiap broker punya fasilitas tersebut. Biasanya ada fee yang dikenakan oleh broker untuk tiap transaksi. Tergantung kebijakan masing-masing broker.

Bahkan banyak perusahaan broker saham yang juga menyediakan fasilitas latihan gratis untuk anggota mereka. Anda bisa memanfaatkan ini dan bertanya-tanya kepada mereka tentang apa yang tidak Anda mengerti.

Memang kami tidak menjelaskan teknisnya di sini, karena yang penting itu Anda harus tahu garis besarnya. Untuk teknisnya bisa konsultasi di broker nanti.

Artikel Terkait

Baca Juga