Sabtu, Juli 24, 2021

Jenis – jenis Saham yang Wajib Diketahui Para Milenial

Saham Milenial – Mengetahui jenis-jenis saham sangat penting bagi para pemula yang ingin menjalankan investasi. Mengapa saat ini investasi semakin marak? Karena dengan cara itulah Anda bisa mendapatkan penghasilan besar dengan cara yang cepat.

Tapi, Anda harus tahu investasi mana yang tepat untuk dijalankan dan menguntungkan? Bagi Anda yang juga ingin tahu apa saja jenis-jenis saham yang cocok untuk para pemula.

Ulasan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menjadi investor muda, meskipun masih pemula bukan berarti Anda tidak bisa menjadi investor yang handal. Seorang investor bisa sukses jika tahu seluk beluk mengenai investasi itu sendiri. Berikut beberapa hal penting yang ada kaitannya dengan investasi saham.

Apakah Pengertian Saham Itu?

Apakah Pengertian Saham Itu
Apakah Pengertian Saham Itu (Sumber: katadata)

Sebenarnya, jika berbicara soal saham cukup banyak definisi yang bisa Anda dapatkan mulai dari para ahli hingga beberapa sumber lainnya. Tapi, jika diambil dari garis besarnya secara universal, saham merupakan bukti kepemilikan sebuah nilai milik suatu perusahaan. Jadi, jika Anda melakukan investasi saham artinya penanaman modal pada suatu perusahaan tertentu sehingga Anda memiliki hak untuk mendapatkan sebagian hasil. Maka dari itu, sebelum memilih perusahaan untuk investasi Anda harus memilih perusahaan yang  mampu memberikan hasil maksimal untuk Anda.

Sebenarnya, suatu perusahaan menerbitkan saham ini juga untuk kebaikan perkembangan modal selain dengan menggunakan cara obligasi. Jadi, semakin banyak investor yang menanamkan modal pada suatu perusahaan maka akan semakin besar pula modal yang akan diperoleh oleh corporate tersebut. Dari sini bisa dilihat bahwa memang semua pihak dari kegiatan investasi diuntungkan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Surat berharga suatu saham memiliki sifat kepemilikan dimana artinya pemilik saham adalah pemilik suatu perusahaan yang sudah dipilih. Semakin banyak saham yang dibeli maka semakin besar pula kekuasaan Anda terhadap perusahaan tersebut.

Itulah mengapa ketika Anda sudah mulai untuk investasi saham dan mendapatkan banyak hasil maka jangan ragu untuk menambah saham agar semakin banyak keuntungan yang didapatkan. Tapi, Anda harus bisa memilih saham yang sesuai dengan informasi yang sudah paling banyak diketahui.  Mengingat memang banyak jenis-jenis saham yang tersedia.

2 Manfaat Penting dari Saham

2 Manfaat Penting dari Saham
2 Manfaat Penting dari Saham (Sumber: bisnismuda)

Sebelum Anda mempelajari dan memahami tentang jenis-jenis saham, sebaiknya Anda mengetahui apa saja sih manfaat dari saham itu sendiri? Dengan begitu Anda bisa mempertimbangkan betapa pentingnya investasi saham untuk mengelolanya agar lebih terjamin dan memiliki banyak tabungan dengan cara yang smart. Berikut 2 manfaat penting dari saham itu sendiri.

1. Dividen

Dividen adalah suatu keuntungan yang bisa didapatkan oleh sebuah perusahaan untuk dibagikan kepada para investor yang telah membeli saham pada perusahaan tersebut. Untuk jumlah dividennya, biasanya diusulkan atau direkomendasikan oleh Dewan Direksi. Selain itu, jumlah yang sudah ditetapkan itu sudah mendapatkan persetujuan dari hasil Rapat Umum Pemegang Saham.

Untuk dividen sendiri sudah dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

· Dividen Tunai

Untuk jenis dividen ini, para investor akan menerima keuntungan dengan berupa uang cash atau tunai.

· Dividen Saham

Sedangkan untuk dividen saham, semua investor akan mendapatkan keuntungan berupa saham baru milik perusahaan tersebut. Dimana nantinya, saham yang dimiliki oleh investor akan bertambah.

2. Capital Gain

Capital gain adalah suatu keuntungan yang diperoleh dari hasil selisih harga antara jual saham yang nilainya lebih tinggi dengan harga beli saham.

Itulah kedua manfaat dari saham sehingga lebih membuat Anda paham bahwa saham memang upaya yang sangat penting untuk bisa mengumpulkan lebih banyak tabungan di era saat ini.

Jenis-Jenis Saham

Selanjutnya, untuk jenis-jenis saham yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih mana yang sekiranya cocok untuk investasi Anda. Meskipun nanti hanya perlu memilih salah satu, tapi tidak ada salahnya jika Anda mengetahui dan memahami semua jenis saham yang ada. Berikut jenis-jenis yang wajib Anda ketahui.

1. Saham Biasa (Common Stock)

Saham yang pemiliknya ditempatkan di posisi paling bawah untuk pembagian dividen.

2. Saham Preferen (Preferred Stocks)

Jenis ini memberikan prioritas kepada semua pemegang sahamnya.

3. Saham Atas Unjuk (Bearer Stocks)

Tidak ada nama pemilik secara tertulis sehingga mudah dialihkan kepada calon investor yang lainnya.

4. Saham Atas Nama (Registered Stocks)

Terdapat nama investornya secara fisik sehingga lebih aman dan tidak bisa dialihkan kepada sembarang orang alias calon investor lainnya. Jadi, saham ini akan lebih aman untuk Anda yang takut mengambil resiko tinggi ketika sedang menjalankan investasi saham.

Perbedaan Saham dan Obligasi

Setelah mengetahui jenis-jenis saham ,pada bagian ini Anda akan mengetahui tentang perbedaan antara saham dengan obligasi. Kenapa Anda harus mengetahuinya? Karena, sebagian besar orang masih bingung untuk membedakan antara investasi saham dengan obligasi. Berikut perbedaan antara keduanya yang mudah dimengerti.

No Perbedaan Saham Obligasi
1. Pengertian Surat bukti kepemilikan atas aset suatu perusahaan. Surat hutang perusahan yang lengkap dari pada pemilik modal.
2. Batas Waktu Tidak terbatas waktu tertentu. Terdapat jangka waktu berlakunya surat.
3. Keuntungan yang Didapatkan Tidak bisa ditaksir keuntungan yang akan didapatkan setiap bulannya. Keuntungan yang didapatkan stabil setiap bulannya.
4. Pajak Mendapat potongan pajak. Tidak mendapat potongan pajak.

 

Memahami perbedaan antara saham dan obligasi di atas tentu bisa membuat Anda tidak akan sampai salah antara keduanya. Jadi, bukan hanya jenis-jenis saham saja yang wajib Anda pelajari sebelum menjadi seorang investor.

PILIHAN EDITOR

Bagaimana Cara Beli Saham di Ipotgo? Berikut Detailnya

Saham Milenial - Agar bisa bertransaksi saham melalui Ipotgo, Anda tentu harus memahami mengenai cara beli saham di Ipotgo. Tanpa modal yang besar di...

Rekomendasi Saham Untuk Jangka Panjang dan Prospek Profitnya

Saham Milenial - Rekomendasi saham untuk jangka panjang dapat digunakan sebagai pertimbangan yang benar sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi. Karena investasi Efek itu bersifat...

Contoh Notulen Rapat Umum Pemegang Saham

Saham Milenial - Membahas mengenai contoh notulen Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tentu tidak bisa dilepaskan dari UUPT, yaitu UU No 20 Tahun 2007....

Inilah Reksadana Saham Terbaik 5 Tahun Terakhir

Saham Milenial - Daftar mengenai reksadana saham terbaik 5 tahun terakhir akan memberikan Anda pertimbangan yang matang terkait reksadana. Dalam artikel ini akan dibahas...