Sabtu, Oktober 24, 2020

Kenali Jenis Pasar Modal Melalui Pengertian dan Pihak-pihak di Dalamnya

Saham Milenial – Ada beberapa jenis pasar modal yang harus diketahui sebelum bertransaksi. Sebab, ketidaktahuan bisa berujung pada kesalahan. Kesalahan tersebut akan mengantarkan pada kegagalan. Langsung saja, berikut akan dibahas secara lengkap mengenai pasar modal, termasuk tentang jenis pasar modal.

Pengertian Pasar Modal

Pengertian Pasar Modal
Pengertian Pasar Modal

Pasar modal adalah tempat terjadinya transaksi surat-surat berharga. Surat-surat berharga yang dimaksud berupa saham, obligasi, reksa dana, instrumen turunan, dan instrumen lain di luar yang telah disebutkan. Selain itu, pasar modal boleh pula didefinisikan sebagai media yang mempertemukan penerima dana dengan investor. Penerima dana akan mendapatkan suntikan modal, sedangkan investor akan menginvestasikan uangnya.

Pihak Dalam Pasar Modal

Nama lain dari pasar modal, yaitu bursa. Tidak seperti pasar biasa, penyebutan orang yang bertransaksi dalam bursa bukanlah penjual dan pembeli, melainkan ada sebutannya sendiri. Untuk lebih jelasnya, pihak-pihak utama yang terlibat dalam pasar modal akan dijelaskan dalam tabel di bawah ini:

No Pihak Penjelasan
1 Emiten Pihak yang menawarkan surat berharga kepada masyarakat dengan cara go public melalui pasar modal.
2 Investor Pemodal yang akan menanamkan dana yang dimiliki dalam perusahaan yang go public.
3 Underwriter Lembaga yang melakukan penjaminan terhadap terjualnya saham atau obligasi dari perusahaan yang go public, dalam jangka waktu tertentu.
4 Pialang/ Broker Perantara yang mempertemukan emiten dan investor dalam melakukan transaksi surat berharga.
5 Manajer Investasi Pihak ini bertugas untuk mengelola efek yang ditujukan untuk para nasabah.

 

Selain pihak yang terlibat, terdapat beberapa lembaga yang menaungi pasar modal di Indonesia. Berikut akan dipaparkan secara jelas, beserta tugasnya masing-masing:

No Jenis Lembaga Nama Lembaga Tugas Terkait Pasar Modal
1 Badan Pengawas Pasar Modal OJK Melakukan pengawasan dan pengaturan di sektor pasar modal.
2 Bursa Efek Bursa Efek Indonesia (BEI) Menyediakan infrastruktur untuk kegiatan transaksi pasar modal.
3 Lembaga Kliring dan Penjaminan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) Menyediakan jasa kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi dalam bursa.
4 Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Menyediakan jasa kustodian dan penyelesaian transaksi efek yang berlangsung.
5 Perusahaan Efek Penjamin emisi, perantara perdagangan efek, pedagang efek, manajer investasi.
6 Lembaga Penunjang Biro Administrasi Efek (BAE), wali amanat, kustodian, bank kustodian.
7 Profesi Penunjang Konsultan hukum, penilai, notaris, akuntan, profesi lain sesuai peraturan yang berlaku.

 

Jenis Pasar Modal

Terdapat beberapa jenis pasar modal, yaitu:

1. Pasar Primer

Tempat pertama kali emiten menawarkan surat berharga kepada calon investor dalam jangka waktu tertentu seperti yang telah ditentukan. Investor (penanam modal) membeli saham, dengan cara memesan terlebih dahulu melalui penjamin emisi (underwriter).

2. Pasar Sekunder

Ruang untuk transaksi efek setelah jangka waktu dalam pasar primer habis, lebih dari 70 hari. Penawaran (supply) dan permintaan (demand) datang dari investor. Maka, transaksi dilakukan antar investor.

3. Third Market

Wadah untuk bertransaksi saham di luar bursa. Masing-masing investor dalam pasar ini melakukan transaksi.

4. Four Market

Kegiatannya atau fungsinya adalah untuk pemindahan saham dari para pemegang. Lalu, pihak yang terlibat antara lain para pemegang saham.

5. Bursa Paralel

Pasar modal bersifat pelengkap yang tidak terdaftar dalam BEI. Transaksi dilakukan di kantor broker/ pialang dan tetap diawasi oleh OJK. Pemilik surat berharga dengan investor adalah pihak-pihak yang terlibat.

6. Pasar Negosiasi

Tempat terjadinya proses tawar menawar secara langsung. Pada pasar negosiasi, terjadi interaksi antar anggota bursa, nasabah melalui satu anggota bursa, dan nasabah dengan anggota bursa.

Pengetahuan mengenai jenis pasar modal membuat Anda mengerti dimana tempat transaksi yang harus dipilih. Dengan demikian, tidak akan ada kekeliruan, mulai dari proses transaksi hingga penyelesaiannya.

Manfaat Pasar Modal yang Wajib Diketahui

Manfaat Pasar Modal yang Wajib Diketahui
Manfaat Pasar Modal yang Wajib Diketahui

Keberadaan bursa dalam perekonomian Indonesia, memberikan manfaat kepada emiten dan investor. Selain itu, dalam lingkup yang luas pun perekonomian makro menerima manfaat dari adanya pasar modal. Seperti apa manfaat yang diperoleh itu?

Bagi emiten sebagai pihak yang menerbitkan dan menawarkan surat berharga, mereka mendapat dana untuk modal perusahaan yang dijalankannya. Tidak hanya sebagai modal, dana hasil perolehan kegiatan transaksi di pasar modal bisa digunakan untuk mengembangkan perusahaan. Akibatnya, perusahaan mereka tidak terjebak dalam kondisi kekurangan dana.

Lalu, untuk para investor, mereka memiliki tabungan jangka panjang berupa investasi yang ditanamkan. Dalam pemahaman yang lebih sederhana, berarti mereka memberikan uang untuk dikelola perusahaan tempat investasinya. Uang tersebut akan kembali dalam keadaan yang berubah, entah bisa berkurang maupun bertambah. Semua itu tergantung taktik masing-masing investor.

Sebagai informasi untuk Anda, ketika telah membeli saham, bukan berarti saham tersebut tidak bisa diperdagangkan kembali. Anda bisa saja menjualnya kepada investor lain ketika harganya naik. Dengan demikian, Anda akan memperoleh keuntungan penjualan. Intinya, jangan pernah ragu-ragu.

Peran Bursa Dalam Perekonomian Indonesia

Secara makro, eksistensi pasar modal memberikan dampak yang baik bagi perekonomian nasional. Jenis pasar modal yang tidak sedikit membuat perannya tidak sedikit pula. Bursa mendukung perekonomian untuk tetap berkembang. Sebab, di dalamnya dana terus berputar. Perekonomian akan terus bergerak ke arah peningkatan.

Sebetulnya, melakukan transaksi di pasar modal tidak serumit yang dibayangkan. Pertama, lebih baik sederhanakan pikiran Anda dahulu. Artikel ini akan membahas secara singkat, tetapi mendetail dan benar. Jadi, akan memudahkan Anda memahami mekanisme yang terjadi dalam pasar modal.

Oleh karena itu, jangan takut untuk menjadi bagian dari pasar modal. Berawal dari mengetahui jenis pasar modal, bisa dijadikan modal untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

PILIHAN EDITOR

Tujuan Perusahaan, Bagaimana Mengolah Tujuan Dengan Terukur dan Kompeten

Tujuan perusahaan merupakan dasar yang melandasi pembentukan suatu perusahaan. Hal ini dirumuskan berdasarkan target kuantitatif, kualitatif serta pencapaian keuntungan. Setiap perusahaan mencanangkan masing-masing tujuannya...

Laporan Ekuitas Pemilik: Uraian, Unsur-Unsur dan Contoh Lengkap

Saham Milenial - Laporan ekuitas pemilik adalah catatan keuangan yang disusun oleh suatu perusahaan terkait peningkatan maupun penurunan aktiva bersih dan kekayaan selama periode...

Apa Itu Pengembangan Pasar dan Strategi Jitu Menaikkan Penjualan

Saham Milenial - Apa itu pengembangan pasar? Pengembangan pasar adalah suatu tindakan yang diambil perusahaan untuk meningkatkan penjualan berdasarkan jumlah barang yang diproduksi. Kegiatan...

Satuan Saham di Indonesia dan Perubahan Jumlah Lembar Per Lot

Saham Milenial - Satuan saham adalah hitungan per lot untuk setiap transaksi pembelian maupun penjualan saham. Sedangkan volume per lotnya berisi 100 lembar saham...