Sabtu, Desember 5, 2020

Bagaimana Cara Mencari Data di IDX?

Saham Milenial – Anda harus menggunakan cara mencari data di IDX untuk mendapatkan informasi terkait pasar modal. Terlebih, informasi yang diberikan oleh IDX sangat akurat, sesuai dengan yang ada di lapangan.

Karenanya, Anda bisa menggunakan data tersebut untuk berbagai hal, seperti investasi saham. Sebelum menentukan perusahaan sebagai tempat penanaman modal, Anda harus mengetahui seluk beluk perusahaan dengan cara mencari data di IDX. Bagaimana cara mencari data di IDX? Akan dibahas secara jelas dalam artikel ini.

Definisi IDX

Definisi IDX
Definisi IDX (Sumber: idxchannel)

IDX merupakan kepanjangan dari Indonesia Stock Exchange. Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, menjadi Bursa Efek Indonesia (BEI). Seorang investor pasti sudah sangat akrab dengan istilah ini. Sejak 1 Desember 2007, pasar saham dan pasar obligasi serta instrumen derivatif lainnya tergabung dalam satu satuan bursa efek, yaitu Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sebelumnya, terdapat dua bursa efek yang beroperasi di Indonesia. Keduanya beroperasi pada bidang yang berbeda. Bursa Efek Jakarta dikhususkan untuk transaksi saham, sedangkan yang satunya, Bursa Efek Surabaya, difungsikan sebagai pasar obligasi dan instrumen derivatif lainnya. Penggabungan dua bursa ini menjadikan pihak penyelenggara transaksi di Indonesia terpadu, menjadi satu wadah dalam naungan IDX.

Sistem perdagangan yang digunakan dalam IDX adalah JATS-NextG atau Jakarta Automated Trading System Next Generation. Keberadaan sistem ini membuat transaksi surat berharga lebih cepat dan tepat. Sebab, sudah tidak dijalankan secara manual. Dengan demikian, akan memudahkan para pihak ketika bertransaksi.

Tugas utama yang diemban oleh IDX yakni untuk menyelenggarakan serta menyediakan layanan sebagai sarana guna mempertemukan penawaran dan permintaan terkait dengan efek atau surat berharga. Tanpa adanya media yang bisa mempertemukan investor dengan emiten, maka jual beli surat berharga tidak akan berjalan.

Sebagai pendukung dalam melaksanakan tugas tersebut, IDX pun memberikan data-data terkait surat berharga untuk memudahkan pihak yang terlibat dalam transaksi. Informasi yang dipublikasikan oleh IDX sangat valid, sehingga sangat tepat untuk digunakan. Anda bisa mendapatkan data-data penting yang diluncurkan oleh IDX melalui laman resmi milik mereka di https://www.idx.co.id.

Data yang Terdapat Dalam Situs Milik IDX

Data yang Terdapat Dalam Situs Milik IDX
Data yang Terdapat Dalam Situs Milik IDX (Sumber: sindonews)

Banyak sekali informasi yang bisa Anda peroleh melalui website resmi dari IDX. Misalnya, terkait laporan keuangan perusahaan yang telah tercatat di bursa tersebut. Seperti diketahui, laporan keuangan bisa digunakan untuk menilai apakah layak atau tidak perusahaan tersebut dijadikan sebagai tempat berinvestasi.

Selain itu, dengan laporan keuangan perusahaan, besarnya dividen juga bisa dilihat, apakah menguntungkan untuk investor atau tidak. Apabila dirasa kurang mendatangkan keuntungan, maka sebaiknya cari perusahaan lain yang lebih berprospek.

Kemudian, selain laporan keuangan Anda juga bisa menemukan data mengenai saham teraktif di IDX. Saham dengan predikat teraktif memiliki kemungkinan besar terkait investasi cemerlang. Anda pun bisa melihat berapa harga saham setiap perusahaan.

Dengan begitu, apabila Anda berencana untuk menjadi investor dapat mempersiapkan berapa dana yang dibutuhkan. Yang perlu diperhatikan dalam transaksi saham, sebaiknya jangan menaruh dana Anda pada satu perusahaan saja.

Jadi, boleh dikatakan apabila data yang disediakan dalam laman milik IDX merupakan modal awal yang berharga sebelum Anda terjun ke pasar modal. Untuk yang sudah terlibat dalam pasar modal pun tetap bisa menggunakan website tersebut sebagai alat untuk menganalisis perencanaan selanjutnya. Anda dapat memperbesar peluang capital gain melalui laman milik IDX tersebut.

Cara Mencari Data di IDX

Dengan tampilan yang tidak memusingkan, membuat cara mencari data di IDX juga tidak sulit. Untuk memudahkan pencarian, Anda harus mengetahui kode dari perusahaan yang akan dituju. Sebab, yang disajikan adalah kode, bukan nama perusahaan secara lengkap.

Di dalam laman IDX, terdapat beberapa menu, yaitu data pasar, produk, perusahaan tercatat, IDX syariah, anggota bursa dan partisipan, berita, peraturan, investor, serta menu tentang BEI. Di setiap menu tersebut, masih banyak layanan berupa fitur-fitur sebagai sub-menu.

Misal, ketika Anda ingin mencari profil perusahaan yang telah tercatat di IDX, maka  Anda tinggal menuju ke menu perusahaan tercatat. Setelah itu, pilih sub-menu ‘Profil Perusahaan Tercatat’. Tidak hanya saham, disana pun telah tersedia pencarian berdasarkan obligasi juga gabungan keduanya. Anda tinggal memilih ingin mencari perusahaan berdasarkan saham, obligasi, atau saham & obligasi.

Selanjutnya, ketikkan kode saham perusahaan yang ingin Anda cari pada kolom yang disediakan. Sebetulnya, tanpa menuliskan kode saham pun bisa, tetapi memakan waktu yang relatif lama. Karena itu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu ya nama perusahaan yang akan dituju.

Apabila sudah menemukan yang dicari, klik kolom ‘Cari’ untuk melanjutkan penelusuran. Anda akan diarahkan ke profil perusahaan yang dipilih tadi. Disana, profil perusahaan sudah disajikan dengan sangat lengkap. Bahkan, mencakup pejabat-pejabat dalam perusahaan, seperti direktur dan komisaris. Mengenai dividen dan pencatatan saham perusahaan tersebut pun bisa Anda temukan. Jadi, informasi yang sangat lengkap sedemikian rupa sayang sekali jika tidak digunakan.

Mudah dan Cepat, Investasi Lancar

Kini, Anda telah mengetahui cara mencari data di IDX, khususnya melalui website resmi IDX. Anda bisa melihat sendiri betapa lengkap data yang terdapat di dalamnya. Karena itu, cara mencari data di IDX tidak boleh dilupakan agar Anda bisa mendapatkan informasi terkait pasar modal paling akurat. Eksistensi laman resmi milik IDX ini membuat data bisa diperoleh dengan mudah dan cepat, sehingga investasi lancar.

PILIHAN EDITOR

Pengertian Dividen Saham beserta Kelebihan dan Cara Perhitungannya

Saham Milenial - Dividen saham adalah bentuk laba yang dibagikan kepada pemegang saham dalam wujud lembar saham. Lembar saham tersebut dapat berupa saham sejenis...

Pengertian Opini Audit dan Tata Kelolanya

Saham Milenial - Pengertian opini audit adalah penyampaian laporan yang dilakukan oleh pihak akuntan publik sebagai hasil terhadap penilaian laporan keuangan suatu perusahaan. Pihak...

Cara Membaca Laporan Keuangan dengan Mudah

Saham Milenial - Cara membaca laporan keuangan atau financial report merupakan kemampuan yang penting sebagai pedoman pelaku usaha dalam meninjau entitas pertumbuhan ekonomi perusahaannya...

Pengertian Return Saham dan Rumus Penghitungan

Saham Milenial - Pengertian return saham memiliki maksud yaitu selisih antara harga jual saham dengan harga beli saham yang telah ditambahkan dengan dividen. Ada...