Jadwal Jam Trading Saham untuk Melakukan Jual Beli

Saham Milenial – Bermain saham bisa menjadi aktivitas sampingan untuk memperoleh penghasilan tambahan, selain strategi, Anda juga perlu mengetahui jam trading saham. Dalam bermain saham, Anda bisa menjadi investor atau trader, terdapat aturan mengenai saham, salah satunya yaitu jam bursa saham.

Jam Perdagangan sebagai Acuan Jam Trading Saham Indonesia

Jam Perdagangan sebagai Acuan Jam Trading Saham Indonesia
Jam Perdagangan sebagai Acuan Jam Trading Saham Indonesia

Berdasarkan surat keputusan direksi PT Bursa Efek Indonesia, nomor: Kep-00031/BEI/03-2020 mengenai Perubahan Waktu Perdagangan atas Transaksi Bursa. Ada juga surat nomor: Kep-00061/BEI/07-2021 mengenai Peraturan Nomor II-A terkait Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas.

Berdasarkan surat tersebut, maka bursa menerapkan penyesuaian jam perdagangan efek. Jadi, perdagangan efek pada pasar reguler, pasar tunai serta pasar negosiasi, diselenggarakan selama jam perdagangan setiap Hari Bursa.

Sementara, waktunya berpedomen dengan waktu Jakarta Automated Trading System (JATS). Jam perdagangan yang telah mencakup jam trading saham Indonesia ini, perlu diketahui para trader.

Jam Perdagangan Pasar Reguler

Bagi para trader yang sedang mencari informasi mengenai jam trading saham, maka jam perdagangan di pasar reguler wajib diketahui. Karena, pedoman bagi aktivitas trading harian adalah jam ini, dilansir dari idx.co.id.

Hari Sesi 1 Sesi 2
Senin s/d Jumat 09:00:00 s/d 11:30:00 13:30:00 s/d 14:49:59

Trading dilakukan Senin sampai Jumat di pasar reguler, namun, Sabtu dan Minggu, bukan waktu operasional bursa. Jadi, Anda tidak dapat melakukan jual beli saham, di luar waktu yang telah ditetapkan, tetapi bisa memanfaatkan sesi pra-pembukaan.

TRENDING NOW:  Cara Bermain Binomo untuk Trader Pemula

Terdapat sesi pra-pembukaan, pra-penutupan serta pasca penutupan yang digunakan pasar reguler. Sesi tersebut diselenggarakan setiap Hari Bursa, berikut jadwalnya.

1. Pra-Pembukaan

Jam Agenda
08:45:00 s/d 08:59:00 Masuknya penawaran jual dan maupun permintaan beli oleh Anggota Bursa Efek
08:59:01 s/d 08:59:59 Diselenggarakannya proses pembentukan Harga Pembukaan oleh JATS. Selain itu, JATS juga mempertemukan penawaran jual dengan penawaran beli di Harga Pembukaan, sesuai price dan time priority.

 

2. Pra-Penutupan

Jam Agenda
14:50:00 s/d 14:58:00 Dimasukkannya penawaran jual dan atau permintaan beli oleh Anggota Bursa Efek
14:58:01 s/d 15:00:00 Rentang waktu penutupan perdagangan secara acak
15:00:01 s/d 15:00:59 Dilakukannya proses pembentukan Harga Penutupan oleh JATS. Hal lain yang dilakukan JATS, mempertemukan penawaran jual dan permintaan beli di harga penutupan, sesuai price dan time priority.

 

3. Pasca Penutupan

Jam Agenda
15:01:00 s/d 15:15:00 Memasukkan penawaran jual dan atau permintaan beli di harga penutupan, hanya itu yang bisa dilakukan Anggota Bursa Efek. Sementara, JATS mempertemukan penawaran jual dan penawaran beli untuk efek yang sama, secara keseluruhan atau sebagian, sesuai time priority.

 

Jam Perdagangan Pasar Tunai

Hari Sesi 1
Senin s/d Jumat 09:00:00 s/d 11:30:00

 

Jam Perdagangan Pasar Negosiasi

Hari Sesi 1 Sesi 2
Senin s/d Jumat 09:00:00 s/d 11:30:00 13:30:00 s/d 15:30:00

Jam Perdagangan Derivatif – Kontrak Berjangka

Terkait jam trading saham pada jam perdagangan derivatif – kontrak berjangka, dijadwalkan dari hari Senin sampai Jumat, terbagi dua sesi. Untuk sesi pertama dari pukul 08:45:00 sampai 11:30:00 waktu JATS, sementara sesi kedua, jam 13:30:00 sampai 15:15:00, waktu JATS.

Perdagangan akan berakhir di sesi dua, pada 15:00:00 waktu JATS, bagi seri kontrak yang jatuh tempo.

TRENDING NOW:  Bagaimana Struktur Pasar Modal yang Tepat? Inilah Jawabannya

Jam Perdagangan Derivatif – Kontrak Opsi

Sementara, jam trading saham dalam perdagangan derivatif – kontrak opsi, terbagi dua sesi, dari hari Senin sampai Jumat. Sesi pertama mulai 09:30:00 hingga 11:30:00 waktu JOTS, dan sesi dua dari 13:30:00 sampai 15:00:00, waktu JOTS.

Seri kontrak yang telah jatuh tempo, artinya perdagangan akan berakhir di sesi dua, jam 15:00:00 waktu JOTS.

Jam Perdagangan Efek Bersifat Utang dan Sukuk lewat FITS

Untuk transaksi tersebut, jam trading saham ditetapkan dari Senin sampai Jumat, dibagi sesi pertama dan kedua. Sesi pertama dimulai dari pukul 09:00:00 sampai 11:30:00 waktu FITS, sementara, sesi kedua jam 13:30:00 hingga 15:00:00 waktu FITS.

Jam Perdagangan Efek Bersifat Utang dan Sukuk lewat Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA)

Jam trading saham untuk perdagangan efek ini dibuka dari hari Senin sampai Jumat, hanya berlangsung satu sesi. Operasionalnya dimulai pukul 09:00:00 hingga 15:00:00, waktu SPPA.

Pelaporan Transaksi Efek melalui Sistem PLTE

Untuk pelaporan transaksi efek tersebut, dilaksanakan dari hari Senin sampai Jumat, hanya satu sesi. Jam operasionalnya mulai pukul 09:30:00 sampai 15:30:00, waktu sistem PLTE.

Aspek yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Membeli Saham

Terkait waktu yang tepat membeli saham, Anda bisa melihat dari dua hal, yaitu analisis fundamental dan teknikal. Analisis fundamental mengacu ke analisa lewat pendekatan kondisi ekonomi, politik, hingga tren perkembangan usaha yang ada.

Laporan keuangan menjadi salah satu hal yang bisa diamati, ketika melakukan analisis fundamental. Adapun, analisis teknikal yaitu analisa saham lewat pendekatan pergerakan saham itu sendiri, di suatu rentang waktu.

Dalam analisis teknikal juga diperhatikan harga, fluktuasi, dan informasi tentang titik tertinggi dan terendah sebuah saham. Terkait harga, bukan sekadar harga murah, namun, harga saham dari perusahaan, yang memang pantas dibeli.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan, ketika ingin membeli saham yaitu profil, tingkat likuiditas perusahaan, ROE, fluktuasi pada IHSG. Hal lainnya yaitu tren market, sales maupun penjualan, serta Earning per Share (EPS) Growth.

Bagaimana Strategi Membeli Saham?

Setelah mengetahui poin-poin penting, sebelum membeli saham dan sudah mengetahui jam trading saham. Selanjutnya, strategi membeli saham, terbagi menjadi tiga, yaitu, buy on weakness, buy if/on breakout dan buy on retracement.

Buy on weakness adalah membeli saham, saat harganya turun ke level tertentu, yang aman dibeli. Buy if/on breakout adalah membeli saham, saat harga saham menembus level tertentu atau naik melampaui resistance yaitu level tertingginya.

TRENDING NOW:  Bagaimana Cara Mencari Data di IDX?

Buy on retracement adalah membeli saham, sesudah terjadinya breakout atau harga bawah. Biasanya, saham yang berhasil breakout, akan langsung naik dengan kencang.

Kapan Waktu yang Tepat Menjual Saham?

Kapan Waktu yang Tepat Menjual Saham
Kapan Waktu yang Tepat Menjual Saham

Jika Anda berencana menjual saham, selain mengetahui jam trading saham, ketahui juga waktu yang tepat menjualnya. Biasanya, waktu yang tepat untuk menjual saham, ketika harganya sedang naik atau sebutannya profit taking.

Sebaliknya, ketika harga saham yang Anda miliki turun. Salah satu hal yang bisa dipraktikkan untuk menjual saham tersebut yaitu, menetapkan cut loss. Jadi, cut loss merupakan aktivitas menjual saham, dengan harga lebih rendah dibandingkan harga belinya.

Cut loss menjadikan Anda mengalami kerugian (loss), namun, cut loss sendiri bukan ditujukan merealisasikan kerugian. Sebaliknya, cut loss bertujuan mencegah kerugian lebih besar, saat harga saham yang Anda miliki, terus menurun.

Cut loss dianjurkan bagi investor serta trader, untuk menjaga modal yang dipegang, dan waktu pelaksanaan cut loss cenderung berbeda.

Ulasan jam trading saham, bisa Anda perhatikan, khususnya jam perdagangan di pasar reguler, karena menjadi pedoman untuk trading harian. Selain mengetahui jamnya, Anda juga harus mengetahui waktu yang tepat membeli serta menjual saham.

Leave a Reply
You May Also Like

Daftar Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI

Saham Milenial – Saat ini ada banyak perusahaan dari sektor manufaktur yang…

1 Lot Saham Berapa Lembar? Ternyata Ini Jawabannya

Saham Milenial – Dalam dunia investasi, seorang investor dituntut untuk mengetahui tentang…

Pengertian Nilai Pasar Saham dan Cara Menghitungnya

Saham Milenial – Nilai pasar saham atau market value adalah harga saham…

Contoh Notulen Rapat Umum Pemegang Saham

Saham Milenial – Membahas mengenai contoh notulen Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)…