Sabtu, Oktober 24, 2020

Pentingnya Tahu Banyak Tentang Indonesia Capital Market Directory

Saham Milenial – Anda bisa menggunakan Indonesia Capital Market Directory (ICMD) sebagai acuan dalam mencari data-data penting dari berbagai perusahaan di Indonesia. Data yang dimaksud bukan terkait dengan data privat perusahaan, melainkan data-data yang bersifat umum, sehingga tidak masalah apabila publik mengetahuinya.

Indonesia Capital Market Directory Sangat Bermanfaat Untuk Investor

Indonesia Capital Market Directory Sangat Bermanfaat Untuk Investor
Indonesia Capital Market Directory Sangat Bermanfaat Untuk Investor (Sumber: Unsplash)

Keberadaan Indonesia Capital Market Directory sangat membantu Anda ketika hendak membeli saham. Sebab, dengan mengetahui seluk beluk suatu perusahaan, maka bisa dipertimbangkan secara matang apakah perusahaan tersebut layak untuk dipilih sebagai tempat investasi atau justru sebaliknya. Adapun unsur penting yang ada dalam ICMD yaitu:

1. Ranking by Industry (Peringkat Dalam Industri)

Misal, meskipun bergerak di bidang yang sama, ternyata perusahaan A memiliki ranking yang lebih baik daripada perusahaan B. Dari informasi ini saja, Anda sudah bisa menentukan mana yang seharusnya dipilih untuk menanamkan modal. Ranking perusahaan dalam ICMD pun tidak sembarangan, melainkan sangat akurat. Sebab, didasarkan oleh komponen-komponen yang krusial.

2. Listing History (Sejarah Listing)

Akan tetapi, ranking bukanlah satu-satunya penentu. Ada beberapa aspek pokok yang juga harus diperhatikan. Sebagai contoh, ranking perusahaan Z memang lebih baik daripada Y, tetapi apakah perusahaan Z tetap bisa mempertahankannya?

Artinya, harus dilihat kemampuan perusahaan dalam menjaga kualitasnya. Hal ini erat kaitannya dengan pengelolaan internal. Manajemen yang baik akan membuat prestasi serta kualitas perusahaan tetap baik pula.

Untuk mengetahui aspek tersebut, Anda bisa menggunakan listing history yang ada dalam Indonesia Capital Market Directory.  Listing history bisa dipakai untuk melihat apakah perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), bagaimana perjalanan go public perusahaan, dan fluktuatif sahamnya. Dengan demikian, Anda bisa terhindarkan dari investasi bodong.

3. Company Classification (Klasifikasi Perusahaan)

Lalu, company classification yang ada di dalam ICMD akan menggambarkan keadaan perusahaan. Dengan kata lain, sama halnya dengan profil suatu perusahaan. Informasi yang diberikan terkait perusahaan ini dapat menjadi literasi yang benar, bukan hanya hoax semata. Hal ini tentu sangat memudahkan Anda, sehingga tidak perlu mencari data dari laman yang belum tentu valid informasinya.

Perbedaan Indonesia Capital Market Directory, Laporan Keuangan, dan Laporan Tahunan Perusahaan

Sekilas ketiganya terlihat sama. Kesamaan tersebut karena tiga komponen ini sama-sama memberikan informasi mengenai suatu perusahaan. Namun, apabila diulas lebih mendalam, sebenarnya masing-masing data dalam ICMD, laporan keuangan, dan laporan tahunan perusahaan itu berbeda. Dimana letak perbedaannya? Berikut adalah tabel yang akan memnjawab pertanyaan Anda.

No Jenis Pihak yang Membuat Isi Fungsi
1 ICMD Institute for Economics and Financial Research (ECFIN) dengan riset yang sangat objektif dan akurat.

 

  • Sejarah listing.
  • Daftar Perusahaan.
  • Ranking perusahaan dalam industri.
  • Klasifikasi perusahaan.
  • Hal-hal lain terkait
  • Penyedia informasi mengenai aspek-aspek penting yang dibutuhkan investor untuk menganalisis perusahaan.

 

2 Laporan Keuangan
  • Dikeluarkan oleh perusahaan sendiri sebagai hasil akhir sistem akuntansi dalam jangka waktu tertentu.
  • Penyusunannya menjadi kewajiban emiten atau perusahaan publik yang akan menerbitkan surat berharga.
  • Laporan laba rugi.
  • Laporan perubahan ekuitas (modal) perusahaan.
  • Laporan arus kas.
  • Catatan atas laporan keuangan.
  • Laporan auditor secara independen dan berbagai informasi yang relevan.
  • Di dalamnya juga ada catatan tambahan yang memberi informasi dengan lengkap kepada Anda.

 

  • Sarana untuk menilai kesehatan keuangan serta arus keuangan dalam operasi perusahaan.

 

3 Laporan Tahunan Dibuat oleh emiten sebagai produk internal yang dikeluarkan oleh perusahaan bersangkutan.
  • Sejarah perusahaan.
  • Ringkasan data keuangan.
  • Ikhtisar mengenai saham.
  • Tinjauan bisnis, tata kelola, dan keuangan.
  • Data perusahaan.
  • Laporan manajemen.
  • Dan lainnya yang terkait.
  • Literatur yang lengkap perihal perusahaan.
  • Sarana bagi para pemegang saham untuk melakukan penilaian terhadap kinerja perusahaan.

 

Cara Memperoleh Indonesia Capital Market Directory (ICMD)

Cara Memperoleh Indonesia Capital Market Directory (ICMD)
Cara Memperoleh Indonesia Capital Market Directory (ICMD) (Sumber: Unsplash)

Ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui untuk mendapatkan ICMD. Seperti diketahui, ICMD berperan sebagai rujukan yang sangat tepat untuk menunjang kegiatan analisis perusahaan sebelum melakukan investasi. Agar bisa mengakses ICMD, Anda tidak memerlukan cara yang berbelit-belit. Berikut akan diuraikan secara jelas mengenai langkah-langkah mendapatkan ICMD:

1. Buka laman web resmi IDX

Langkah pertama, Anda harus membuka situs resmi milik IDX melalui https://www.idx.co.id. IDX merupakan kepanjangan dari Indonesia Stock Exchange. Dalam bahasa Indonesia, IDX sama dengan BEI atau Bursa Efek Indonesia. Yang mana BEI adalah pihak yang secara resmi menyelenggarakan serta menyediakan sarana transaksi saham.

2. Pilih ‘Profil Perusahaan Tercatat’

Kemudian, pada tampilan home, Anda akan menemui beberapa menu yang tersedia. Yang harus dilakukan adalah memilih menu ‘Profil Perusahaan Tercatat’. Disana Anda akan menemui banyak perusahaan yang telah terdaftar dan tercatat dalam BEI.

3. Tuliskan Kode Saham Perusahaan

Untuk memudahkan dalam mencari, sebaiknya Anda langsung menuju ke kolom pencarian. Setelah itu, ketik kode perusahaan yang akan dituju. Dengan demikian, perusahaan yang dimaksud akan muncul. Jadi, tidak memerlukan banyak waktu dalam pencarian. Misal, kode saham AGRO, akan mengantarkan Anda pada Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk.

4. Unduh ICMD melalui ‘Performance Profil’

Setelah menemukan perusahan tujuan, Anda akan mendapat informasi terkait profil perusahaan. Laporan ICMD bisa didapatkan dengan mengunduhnya melalui ‘Performance Profil’ yang terletak di bagian kanan atas. Dengan mendownloadnya, Anda akan mendapatkan laporan ICMD perusahaan.

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa eksistensi dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD) sangat bermanfaat dalam dunia investasi. Banyak poin yang bisa digunakan sebagai pertimbangan sebelum menanamkan modal pada suatu perusahaan. Dengan demikian, Anda bisa menentukan pilihan dengan tepat, sehingga investasi berujung cemerlang.

PILIHAN EDITOR

Tujuan Perusahaan, Bagaimana Mengolah Tujuan Dengan Terukur dan Kompeten

Tujuan perusahaan merupakan dasar yang melandasi pembentukan suatu perusahaan. Hal ini dirumuskan berdasarkan target kuantitatif, kualitatif serta pencapaian keuntungan. Setiap perusahaan mencanangkan masing-masing tujuannya...

Laporan Ekuitas Pemilik: Uraian, Unsur-Unsur dan Contoh Lengkap

Saham Milenial - Laporan ekuitas pemilik adalah catatan keuangan yang disusun oleh suatu perusahaan terkait peningkatan maupun penurunan aktiva bersih dan kekayaan selama periode...

Apa Itu Pengembangan Pasar dan Strategi Jitu Menaikkan Penjualan

Saham Milenial - Apa itu pengembangan pasar? Pengembangan pasar adalah suatu tindakan yang diambil perusahaan untuk meningkatkan penjualan berdasarkan jumlah barang yang diproduksi. Kegiatan...

Satuan Saham di Indonesia dan Perubahan Jumlah Lembar Per Lot

Saham Milenial - Satuan saham adalah hitungan per lot untuk setiap transaksi pembelian maupun penjualan saham. Sedangkan volume per lotnya berisi 100 lembar saham...