Senin, Maret 8, 2021

IDX Situs Lama Resmi Bursa Efek Indonesia

Saham Milenial – Adanya IDX situs lama dapat membantu para pelaku usaha untuk menyiapkan laporan keuangan secara rutin. Tujuannya agar timbul transparansi soal keuangan dalam suatu perusahaan sehingga dapat menghindari  hal-hal yang tidak diinginkan seperti penggelapan uang dalam perusahaan.

Karena, jika perihal buruk seperti ini terjadi akan berakibat fatal pada perusahaan dimana memungkinkan terjadinya kerugian alias bangkrut. Maka dari itu, bagi Anda yang belum menganggap penting laporan keuangan bisa langsung belajar di IDX situs lama miliki Bursa Efek Indonesia yang sudah terjamin memiliki laporan keuangan secara mendetail. Mungkin dengan sedikit penjelasan berikut akan membuat kamu tak lagi mengabaikan betapa pentingnya belajar soal keuangan.

Pentingnya Belajar Keuangan Melalui Media yang Terpercaya

Pentingnya Belajar Keuangan Melalui Media yang Terpercaya
Pentingnya Belajar Keuangan Melalui Media yang Terpercaya (Sumber: kelassaham)

Jika Anda adalah salah satu orang yang bergerak di bidang usaha atau bahkan pemilik perusahaan maka harus mengetahui soal keuangan dan laporannya. Anda bisa belajar melalui situs resmi milik Bursa Efek Indonesia (BEI) yang merupakan pasar yang ada kaitannya dengan pembelian dan penjualan dari efek perusahaan yang sudah masuk ke dalam daftar bursa tersebut.

Salah satu situs resmi yang terpercaya dan memiliki laporan keuangan secara rinci adalah IDX situs lama miliki Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada BEI, laporan keuangan adalah hal yang tidak boleh terlewat dan bahkan paling penting karena sebagai sumber permodalan suatu perusahaan dan pemerintahan. Jadi, dana masuk dan dana keluar harus benar-benar tercatat dan tidak boleh terlewat.

Sama halnya dengan Anda yang memiliki perusahaan sendiri. Laporan keuangan sangat penting untuk mengetahui perkembangan usaha setiap tahunnya. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui apakah perusahaan yang sedang Anda jalankan mendapatkan keuntungan atau justru mengalami kerugian. Nah, Anda tidak akan tahu dua kemungkinan tersebut jika tidak mengawasinya dengan checking laporan keuangan.

Meskipun berbeda dengan BEI yang tidak membutuhkan keuntungan dan kerugian dari laporan keuangan, tapi hal ini sama pentingnya dengan perusahaan biasa. Jadi, IDX situs lama itu digunakan oleh BEI untuk menyimpan riwayat keuangan selama 3 bulan sekali dan tahunan. Dengan begitu mengetahui seberapa besar uang yang sudah digunakan dan seberapa besar pendapatan yang masuk.

Fungsi Situs Resmi Untuk Bursa Efek

Fungsi Situs Resmi Untuk Bursa Efek
Fungsi Situs Resmi Untuk Bursa Efek (Sumber: idx)

Bagi bursa efek, situs resmi yang khusus berisi tentang laporan keuangan sangat penting. Tujuannya untuk merealisasikan soal keterbukaan dana yang digunakan. Mengingat BEI memang berkecimpung di dunia keuangan yang lebih tepatnya adalah permodalan untuk perusahaan dan pemerintahan yang membutuhkan.

Dengan adanya situs resmi itu, BEI dapat menyimpan semua data dan laporan keuangan dengan baik hingga beberapa tahun lalu hingga seterusnya. Keterbukaan laporan dari BEI ini sangat dibutuhkan oleh para investor dan anggota bursa lainnya.

Dengan begitu, tidak akan terjadi kesalah pahaman dan masalah yang mampu berakibat fatal pada BEI sendiri. Karena mengingat banyak pihak yang terlibat dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) sehingga dibuatlah situs resmi tersebut yang bisa diakses oleh para investor dan anggota bursa lainnya yang berpartisipasi.

Banyak Fitur Bermanfaat di Situs Lama IDX

Terdapat banyak fitur yang bermanfaat dari IDX situs lama yang digunakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Tentunya semua fitur tersebut tersedia untuk siapapun yang ingin mengetahui tentang pasar modal milik Bursa Efek Indonesia (BEI). Beberapa fitur yang tersedia selain laporan keuangan (triwulan) maupun laporan tahunan adalah data pasar, peraturan, data investor, dan masih banyak lagi.

Selain itu, bagi Anda yang mungkin memiliki keinginan untuk menjadi investor bisa melihat-lihat terlebih dahulu mana perusahaan tercatat yang memiliki kaitan dengan bursa efek. Jadi, siapapun yang membutuhkan informasi mengenai BEI bisa langsung mengaksesnya di mesin pencarian. Dimana dalam situs tersebut tersedia data lengkap yang sehubungan dengan saham, investasi, dan laporan keuangan yang Anda inginkan.

Perbedaan Situs Lama dengan Situs Baru IDX

Jika berbicara soal IDX sebagai situs resmi milik Bursa Efek, terdapat pembaruan pada situs resminya. Mungkin para investor dan para pencari data lainnya sudah terbiasa dengan IDX situs lama dan butuh adaptasi lagi untuk situs yang baru. Bagi Anda yang mungkin hanya mengenal situs baru dari IDX, perbedaan berikut dapat sedikit menjadi perbandingan antara yang baru dengan lama.

NO Perbedaan Situs Lama Situs Baru
1 Kecepatan Akses Sedikit membutuhkan waktu lebih lama Hasil pencarian cepat sehingga Anda dapat menemukan data dengan waktu yang singkat
2. Kemudahan Mendapatkan Informasi Tampilan hingga proses dirasa kurang efektif Sangat efektif dan semua option bisa langsung menuju halaman yang Anda inginkan
3. Maksimal Pencarian Laporan Keuangan Hanya satu pencarian kode Bisa mencapai lebih dari 3 kode sekaligus sehingga kamu tidak perlu banyak waktu untuk melakukan pencarian laporan keuangan yang cukup banyak.
4. Tampilan Opsi Tampilan opsi terlalu banyak sehingga kurang efektif Tampilan opsi lebih ringkas sehingga pengunjung situs resmi IDX lebih mudah mengerti dan tahu apa yang ingin dibuka
5. Keefektifan Mencari Data Sebenarnya, dalam situs lama proses mencari data sudah cukup efektif, tapi terkadang pengunjung situs masih harus membuka opsi lainnya Sangat efektif karena apa yang ingin Anda buka bisa langsung dibuka dengan mudah

 

Setelah melihat perbedaan di atas, mungkin Anda bisa memahami antara IDX situs lama dengan situs yang baru. Sebenarnya, kedua situs ini memiliki tujuan yang sama, hanya saja kecepatan dan keefektifan tampilan saja yang membedakan.

PILIHAN EDITOR

Earning Per Share, Inilah Pengertian dan Cara Menghitungnya

Saham Milenial - Istilah earning per share pasti sudah akrab di telinga para investor. Begitupun dengan perusahaan. Mereka tentu sangat mengetahui seluk beluk dari...

Syarat dan Prosedur Perusahaan Go Public

Saham Milenial - Para investor pasti sudah tidak asing dengan istilah perusahaan go public. Go public juga dikenal dengan sebutan Initial Public Offering (IPO),...

Pentingnya Tahu Banyak Tentang Indonesia Capital Market Directory

Saham Milenial - Anda bisa menggunakan Indonesia Capital Market Directory (ICMD) sebagai acuan dalam mencari data-data penting dari berbagai perusahaan di Indonesia. Data yang...

Inilah Daftar Perusahaan BUMN dan Ciri Masing-masing Bidangnya

Saham Milenial - Jumlah perusahaan yang ada dalam daftar perusahaan BUMN tidak sedikit. Hal ini disebabkan karena perannya yang signifikan dalam roda perekonomian nasional....