Kamis, Mei 6, 2021

Mengenal Profil Bank BRI Sebagai Salah Satu BUMN Terbesar

Saham Milenial – Seluruh masyarakat Indonesia saat ini pasti sudah mengetahui keberadaan bank BRI, tapi belum semua orang yang tahu lengkap profil bank BRI. Padahal, jika Anda sudah menjadi salah satu nasabah harus mengetahui terlebih dahulu semua hal tentang salah satu bank pemerintah terbesar satu ini.

Karena, tanpa mengetahui profil bank BRI sama saja Anda tidak mengenal tempat yang sudah Anda percaya untuk menjadi tempat menabung sedikit atau banyaknya jumlah uang. Maka dari itu, Anda harus mengetahui banyak hal tentang bank yang suda Anda percaya seperti BRI.

Terutama mengetahui semua produk yang dikeluarkan oleh BRI untuk memberikan wadah sebanyak-banyaknya untuk para nasabah untuk menangani masalah keuangan.

Profil Bank BRI

Profil Bank BRI
Profil Bank BRI (Sumber: tirto)

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank dari pemerintah yang masuk ke dalam daftar bank terbesar di Indonesia. Pertama BRI didikan berada di wilayah Purwokerto, Jawa Tengah pada tahun 1895. Dimana pendirinya adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja yang tujuan utamanya untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia untuk menyelesaikan urusan keuangan. Mulai dari menabung, meminjam, mengirim dan menerima uang.

Terdapat banyak perubahan dan perkembangan yang dialami oleh BRI, terutama soal pembentukan bank ini. Karena memang tahun berdirinya cukup lama sehingga membutuhkan perubahan untuk mengikuti era sehingga Anda bisa menikmati semua layanannya hingga saat ini dan masa yang akan mendatang.

Satu hal yang paling penting untuk Anda ketahui mengenai profil bank BRI adalah kepemilikan dari BRI sendiri. Pada tahun 1992, BRI sepenuhnya masih milik Pemerintah Republik Indonesia. Namun, di tahun 2003 pemerintah menjual saham bank sebesar 30% sehingga sejak saat itu memiliki nama resmi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., dan bertahan hingga saat ini.

Sejak saat itu cukup banyak perjalanan mengenai akuisisi dari BRI, terutama ketika menginjak tahun 2019 yang diawali dengan kabar bahwa BRI mengakuisisi salah satu usaha Bahan Artha Ventura. Karena akusisi ini, bank BRI semakin dibutuhkan banyak orang yang membutuhkan permodalan atau semua hal yang berkaitan dengan bisnis.

Produk Bank BRI Berupa Tabungan

Produk Bank BRI Berupa Tabungan
Produk Bank BRI Berupa Tabungan (Sumber: panduanbank)

Bagi Anda yang mungkin masih berencana untuk menjadi salah satu dari banyaknya nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI), maka mengetahui semua produknya adalah suatu kewajiban. Karena memang beberapa produk yang dikeluarkan pasti akan Anda butuhkan suatu saat.

Entah untuk diri sendiri, keluarga atau teman. Jangan sampai ketika Anda sudah menjadi nasabah dari BRI tapi tidak mengetahui tentang profil bank BRI beserta produk-produknya.  Apabila memang sebagai nasabah belum benar-benar mengetahuinya maka bisa lihat beberapa poin berikut.

1. Simpedes

Sebuah jenis tabungan masyarakat yang dikhususkan untuk nasabah secara personal maupun berbentuk UMKM. Pastinya tabungan yang digunakan berbentuk rupiah.

2. Simpedes TKI

Tabungan yang diperuntukan khusus untuk semua Tenaga Kerja Indonesia (TKI) agar mereka mudah menerima gaji.

3. Simpedes Usaha

Tabungan yang tujuannya untuk mengakomodir kebutuhan transaksi tingkat tinggi yang ditujukan untuk para pengusaha mikro.

4. BritAma

Produk yang memberikan banyak kemudahan untuk setiap transaksi perbankan.

5. BritAma X

Tabungan satu ini merupakan debit target pasar khusus untuk kalangan anak muda.

6. BritAma Rencana

Produk tabungan satu ini hadir untuk membantu para nasabah mewujudkan berbagai rencananya seperti kendaraan dan rumah.

7. BritAma Valas

Tabungan yang berupa mata uang asing dengan menawarkan berbagai kemudahan transaksi dengan nilai tukar yang kompetitif.

8. BritAma Bisnis

Produk tabungan satu ini diutamakan untuk para pelaku bisnis agar bisa leluasa dalam melakukan transaksi.

9. Tabungan Haji

Tabungan ini khusus bagi Anda yang berencana untuk menjalankan haji dengan menabung yang aman di bank.

10. Tabungan BRI Simpel

BRI simpel dibuat untuk melatih para pelajar agar mau menabung sejak usia dini.

11. TabunganKU

Produk tabungan yang digunakan untuk simpanan secara personal dengan syarat yang sangat mudah dan tidak memberatkan.

12. Junio

Sebuah tabungan khusus anak-anak yang biasanya digunakan oleh orang tua untuk melatih anaknya menabung.

Keuntungan Menabung di Bank BRI

Terdapat banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menjadi nasabah di bank BRI. Semua keuntungan ini pasti adalah hal-hal yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan?

1. Jangkauan yang Luas

Maksudnya adalah memberikan kemudahan kepada semua nasabah untuk melakukan transaksi di negara manapun. Untuk bisa melakukannya, Anda hanya cukup memanfaatkan semua fitur E-banking yang bisa diakses dengan mudah melalui sistem online.

2. Menjangkau Banyak Nasabah

Masyarakat bisa membuka rekening BRI dari daerah manapun dan bisa melakukan transaksi di dalam maupun di luar negeri.

3. Dibekali Fitur E-banking yang Berkualitas

Fitur E-banking yang mampu menjadi solusi bagi Anda yang sering bepergian dan mungkin terlalu sibuk untuk tetap bisa melakukan transaksi apa saja dan menuju ke bank mana saja.

4. Memberikan Perlindungan Terhadap Risiko Kecelakaan Diri

Minimal saldo BRI BritAma Rp500.000 Anda memiliki hak untuk menerima jaminan perlindungan kecelakaan diri dengan manfaat senilai 25% dari jumlah saldo.

Fasilitas Terbaik! Perbedaan BRI Mobile dengan BRImo

Selain profil bank BRI, sebagai nasabah yang mengikuti perkembangan teknologi juga harus mengetahui perbedaan antara BRI Mobile dengan BRImo. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui mana yang sekiranya cocok untuk Anda pakai dan lebih mudah pastinya. Berikut perbedaan antara kedua fasilitas BRI tersebut.

No Perbedaan BRI Mobile BRImo
1. Pengertian Aplikasinya yang gunanya untuk transaksi e-banking melalui bank BRI. Hasil perkembangan BRI Mobile yang berkolaborasi dengan m-banking, i-banking, serta uang elektronik.
2. Kelebihan Bisa diakses melalui berbagai macam jaringan internet. Tidak membutuhkan kartu untuk pengambilan uang di ATM karena bisa dilakukan melalui bagian homescreen.
3. Fitur Terdapat fitur pelayanan pembayaran dan pencarian informasi mengenai lokasi ATM yang paling dekat dengan lokasi Anda. Anda bisa melakukan login hanya dengan menggunakan fingerprint. Selain itu, ada juga fitur pembayaran seperti yang tersedia di BRI Mobile.
4. Keefektifan dalam Mengakses Sangat efektif karena bisa Anda akses dimanapun dan kapanpun. Bisa dikatakan efektif meskipun sedikit terbatas.
5. Besaran Pengguna Cukup banyak. Sedikit lebih rendah dari BRI Mobile.

 

Itulah beberapa hal tentang profil bank BRI sebagai informasi bagi nasabah. Jadi, Anda bisa menggunakan layanan dan produk finansialnya secara lebih optimal.

PILIHAN EDITOR

Earning Per Share, Inilah Pengertian dan Cara Menghitungnya

Saham Milenial - Istilah earning per share pasti sudah akrab di telinga para investor. Begitupun dengan perusahaan. Mereka tentu sangat mengetahui seluk beluk dari...

Syarat dan Prosedur Perusahaan Go Public

Saham Milenial - Para investor pasti sudah tidak asing dengan istilah perusahaan go public. Go public juga dikenal dengan sebutan Initial Public Offering (IPO),...

Pentingnya Tahu Banyak Tentang Indonesia Capital Market Directory

Saham Milenial - Anda bisa menggunakan Indonesia Capital Market Directory (ICMD) sebagai acuan dalam mencari data-data penting dari berbagai perusahaan di Indonesia. Data yang...

Inilah Daftar Perusahaan BUMN dan Ciri Masing-masing Bidangnya

Saham Milenial - Jumlah perusahaan yang ada dalam daftar perusahaan BUMN tidak sedikit. Hal ini disebabkan karena perannya yang signifikan dalam roda perekonomian nasional....