Minggu, September 20, 2020

Sudah Siap Dapat Untung dari Trading Saham Harian? Siapapun Bisa Mempelajarinya

Saham Milenial – Trading saham harian adalah kegiatan perdagangan saham yang dilakukan setiap hari oleh pihak yang disebut trader, dengan terus memantau pergerakan harganya. Trading sendiri secara bahasa berarti perdagangan atau penjualan.

Dalam dunia bisnis, trading saham memiliki makna perdagangan saham jangka pendek. Diambil dari tujuannya, trading hampir mirip dengan investasi saham. Namun yang menjadi pembeda utamanya adalah rentang waktu yang ditempuh untuk mencapai keuntungan yang ditargetkan.

Bagi masyarakat awam bisnis trading perlu dikaji lebih dalam sebelum benar-benar menekuninya. Kegiatan penjualan saham dengan tempo singkat ini dapat dinarasikan sebagai perdagangan saham yang dibeli oleh trader ketika harganya rendah dan dijual kembali ketika harganya naik. Jangka waktu perdagangan trading biasanya per 15 sampai 30 menit atau paling lama berkisar satu minggu. Kegiatan trading ini dapat dilakukan pada pasar saham maupun obligasi.

Trading memberi kesempatan kepada trader untuk melakukan transaksi secara lebih banyak dibandingkan dengan investor. Investor akan mengakumulasikan keuntungan setiap tahunnya, sedangkan trader akan mendapat hasil lebih cepat hanya dalam waktu satu bulan. Faktor yang menjadi alasan utama seorang trader membeli saham emiten adalah kondisi dan sentimen pasar. Sehingga kinerja perusahaan tidak akan terlalu dipertimbangkan.

Trading Saham Harian Profit

Penjabaran diatas cukup jelas membahas trading saham harian, lantas apa yang dimaksud dengan trading saham harian profit? Hal ini adalah istilah untuk trading saham yang sukses menghasilkan keuntungan. Seperti halnya investasi yang juga berpeluang untung dan memiliki resiko rugi, trading saham pun demikian.

Profit merupakan target utama yang dikejar oleh trader. Sedangkan kondisi profit dapat muncul ketika pergerakan harga saham telah mencapai angka yang cukup tinggi dalam penjualannya. Kemudian trader akan melakukan holding atau pembekuan untuk melanjutkannya ke tindakan cut loss. Pergerakan saham terbilang cukup cepat sehingga trader harus benar-benar memperhatikan gerak fluktuasinya dengan cermat.

Cara Trading Saham Harian

Cara trading saham harian harus dipahami dengan baik sebagai bekal dalam menjalankan bisnis trading. Untuk memahami langkah-langkah trading sebenarnya tidaklah rumit. Namun tetap harus teliti dalam praktiknya agar terhindar dari kerugian yang tidak diharapkan. Berikut cara-cara yang harus Anda lakukan.

1. Memulai Trading dengan Nominal Rendah

Apabila Anda baru memulai usaha ini dan masih belum lihai dalam memegang kendali, maka disarankan untuk memulai penjualan dengan tingkat harga yang rendah. Hal itu juga berdasarkan pembelian saham dengan nominal yang kecil. Dengan kehati-hatian ini, Anda dapat belajar lebih baik dan mendapat pengalaman serta mengurangi risiko kerugian besar.

Memulai Trading dengan Nominal Rendah
Memulai Trading dengan Nominal Rendah (Sumber: Putrainvestorschool)

Jika menggeluti bisnis trading telah menjadi hobi dan keahlian khusus, Anda dapat meningkatkan standar nominal ke angka yang lebih tinggi untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi pula.

2. Mematangkan Ilmu dan Pengetahuan Trading serta Seluk Beluknya

Mematangkan ilmu dan pengetahuan merupakan kunci yang dapat membuka peluang-peluang profit. Tanpa adanya cukup ilmu dan pengetahuan, maka Anda akan kesulitan untuk berjalan pada trading saham harian. Dasar-dasar utama yang harus dipelajari adalah kemampuan mengenal simbol, membaca tren dan melakukan analisa teknikal.

Dalam pasar saham ada banyak istilah dan simbol-simbol yang harus dipahami beserta maknanya. Serta ada dua jenis stick yang dominan dipakai yaitu candlestick dan bar stick atau yang disebut juga dengan OHLC. OHLC adalah singkatan dari Open High Low Close yang berarti Open saat pasar buka dan Close saat pasar tutup. Sedangkan High adalah harga tertinggi dan Low harga terendah.

3. Memilih Perusahaan yang Sekuritas

Selanjutnya tentukan perusahaan sekuritas, maksudnya adalah perusahaan yang menerbitkan saham, obligasi, surat utang, kontrak berjangka dan jenis surat berharga lainnya. Anda dapat menentukan pilihan perusahaan dengan pertimbangan sendiri atau berdasarkan performa perusahaan.

Karena berbeda dengan investasi jangka panjang, maka kinerja atau performa perusahaan tidak menjadi faktor yang berpengaruh pada modal yang ditanam. Kemudian Anda juga harus memperhatikan media aplikasi dan digital yang digunakan untuk memantau harga saham dan melakukan transaksi.

4. Menghindari Trading Saham yang Terlampau Fluktuatif

Beberapa orang menyebutnya sebagai saham gorengan. Mengapa? Karena saham ini memiliki pergerakan yang amat cepat, seperti lonjakan dan penurunan yang fluktuatif dalam waktu singkat.

Hal tersebut akan memusingkan trader pemula yang masih harus bertahap untuk belajar. Maka usahakan memilih saham yang bergerak tenang dan normal sehingga pemantauan dapat lebih landai namun tetap mendapat profit.

5. Langkah yang Diambil Apabila Terjadi Ketimpangan Order Jual dan Beli

Pada saat akan membeli saham, seorang trader akan dihadapkan dengan kondisi order jual dan beli. Ini mengenai teknik pemilihan waktu yang terbaik dimana saat itu harga jual tengah berada di tingkat high.

Bagi pemula dapat mencoba diantara waktu menjelang jam istirahat kantor atau sore menjelang penutupan pasar. Terjadinya ketimpangan yang tinggi adalah ketika order beli melonjak daripada pihak yang menjual, sehingga secara otomatis harga saham pun meningkat dan trader akan diuntungkan.

6. Menghindari Satu Transaksi untuk Semua Model

Bagi pemula atau siapapun yang hendak berbisnis trading saham perlu untuk memperhatikan langkah transaksi yang terbaik. Hal ini termasuk dengan menyesuaikan model pasar dan saham. Sehingga tidak dianjurkan untuk menggunakan satu jenis transaksi untuk seluruh model trading saham, seperti contohnya diversifikasi.

Menghindari Satu Transaksi untuk Semua Model
Menghindari Satu Transaksi untuk Semua Model (Sumber: Ajaib)

Anda perlu memperhatikan model saham dan pergerakan pasar sebelum memutuskan transaksi yang tepat. Karena model saham yang berbeda-beda maka trader harus benar-benar merasakan sendiri dan mulai melatih kepekaan untuk mengambil transaksi yang paling sesuai.

7. Melakukan Cut Loss dan Mendapatkan Profit yang Realistis

Untuk menghindari kerugian seperti harga saham turun atau bahkan modal hilang, trader harus melakukan cut loss ketika keadaan sudah berada pada posisi yang menguntungkan, artinya harga saham sudah ditambah dengan untung sebesar 10% atau 20%. Trader harus memiliki trading plan yang cukup agar berhasil mendapatkan cuan yang diharapkan.

Hal ini juga berkaitan dengan penentuan perusahaan sekuritas sebelumnya. Tidak hanya harus sekuritas namun juga sedang berada pada fundamental yang kuat. Sehingga kecil kemungkinan akan mengalami bangkrut. Tetapi jika saat trading ternyata perusahaan bangkrut, maka trader secara otomatis mengalami kerugian atau kehilangan modalnya.

Tips Trading Saham Harian untuk Trader Supaya Profit

Adapun tips trading saham harian untuk trader supaya profit:

  1. Strategi scalping – Teknik ini adalah yang paling populer bagi para investor. Merupakan strategi trading jangka pendek dengan time frame harian sampai mingguan.
  2. Strategi swing trader – Pada umumnya teknik ini dipilih oleh traders pada posisi sideways. Time frame dari strategi ini berkisar antara mingguan hingga bulan
  3. Strategi rally – Strategi ini menggunakan konsep Buy Low – Sell High. Teknik ini digunakan saat emiten mengeluarkan diskon lalu trader segera membelinya untuk modal.

PILIHAN EDITOR

Apa Itu Pengembangan Pasar dan Strategi Jitu Menaikkan Penjualan

Saham Milenial - Apa itu pengembangan pasar? Pengembangan pasar adalah suatu tindakan yang diambil perusahaan untuk meningkatkan penjualan berdasarkan jumlah barang yang diproduksi. Kegiatan...

Satuan Saham di Indonesia dan Perubahan Jumlah Lembar Per Lot

Saham Milenial - Satuan saham adalah hitungan per lot untuk setiap transaksi pembelian maupun penjualan saham. Sedangkan volume per lotnya berisi 100 lembar saham...

Cara Bermain Saham di Android Memudahkan Para Trader Untuk Mengoperasikannya

Cara bermain saham di Android menjadi pilihan yang mulai banyak diminati para pebisnis trading. Metode ini sangat memudahkan gerak para trader yang mobile. Fungsi...

Sudah Siap Dapat Untung dari Trading Saham Harian? Siapapun Bisa Mempelajarinya

Saham Milenial - Trading saham harian adalah kegiatan perdagangan saham yang dilakukan setiap hari oleh pihak yang disebut trader, dengan terus memantau pergerakan harganya....