Hal ini yang Perlu Diwaspadai dalam Bermain Trading Saham

Hal Ini Yang Perlu Diwaspadai Dalam Bermain Trading Saham
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest

Saham Milenial – Berinvestasi menjadi salah satu hal yang patut dilakukan sedari dini, ini sama saja dengan anda menyelamatkan dan mengamankan kondisi finansial di masa depan. Apalagi saat ini investasi bukanlah hal yang sulit dilakukan, banyak pilihan investasi yang bisa dilakukan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya yang cukup trend dilakukan saat ini adalah bermain trading saham. Banyak orang yang mengira jika berinvestasi saham dan trading saham adalah hal yang sama. Namun keduanya merupakan metode keuangan yang berbeda. meskipun begitu, trading saham tidak bisa dijalani begitu saja tanpa memikirkan resiko-resiko yang bisa terjadi. Sebelum anda ingin terjun dalam dunia trading saham, penting untuk mengetahui hal-hal yang patut diwaspadai saat bermain trading.

Perbedaan Investasi Saham Dan Trading Saham

Perbedaan Investasi Saham Dan Trading Saham

Banyak orang yang salah mengira tentang keduanya, banyak yang menganggapnya sama padahal keduanya jauh berbeda. Baik investasi maupun trading merupakan metode keuangan yang dapat menambah kekayaan yang anda miliki dalam jangka waktu tertentu dengan cara membeli dan menyimpan kumpulan aset atau portofolio. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mendapatkan keuntungan akan tetapi keduanya berbeda satu sama lain.

Singkatnya pokok perbedaan antara keduanya adalah pada jangka waktunya, dimana untuk investasi saham berfokus pada waktu jangka panjang sedangkan trading saham merupakan transaksi jangka pendek. Karena itulah akan membentuk perbedaan lainnya pada prinsip, strategi, maupun tindakan yang dilakukan.

Konsep dari investasi saham adalah anda membeli saham dan kemudian menyimpan saham tersebut dalam jangka panjang yang belum ditentukan. Dimana tak menutup kemungkinan jika anda bisa mendapatkan potensi keuntungan hingga 100%. Hal ini berbeda dari trading saham, dimana konsep yang digunakan adalah anda membeli saham dan kemudian menjualnya segera dalam waktu singkat sesuai keuntungan yang ditargetkan atau ketika harga saham sedang tinggi.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Bermain Trading Saham

Bisa dikatakan saham menjadi produk investasi dengan nilai keuntungan yang cukup tinggi dibandingkan produk keuangan lainnya. Seperti reksadana, deposito, maupun produk komoditas seperti tanah, emas, bahkan forex. Namun jika berbicara tentang investasi yang menghasilkan keuntungan besar, tentunya anda harus ingat prinsip dalam berinvestasi semakin tinggi keuntungan yang didapatkan dari satu produk maka akan semakin tinggi potensi resiko yang dapat dihadapi, High Return High Risk.

Karena itulah penting untuk mengatur strategi sebelum akan terjun dalam bisnis trading saham. Anda wajib memperhatikan hal-hal dibawah ini ketika memutuskan bermain trading saham.

Harga Saham Berpotensi Turun Bahkan Sangat Cepat

Harga Saham Berpotensi Turun Bahkan Sangat Cepat

Ketika anda membeli saham, maka tidak menutup kemungkinan jika harga saham yang anda beli bisa turun dengan cepat. Saat ingin melakukan trading saham, harga saham tersebut tidak akan selalu sama sesuai harapan anda. Karena itulah anda harus siap melakukan cut loss. Jika tidak, maka saham anda bisa menyangkut di harga atas.

Apalagi dalam dunia trading saham, waktu yang dibutukan untuk bisa mendapatkan keuntungan cukup ekstrim. Bukan dalam hitungan hari atau jam, bahkan hanya dalam hitungan menit saja para trader dapat menjual trading saham kembali. Jadi jika anda belum siap dengan kerumitan dan tantangan dalam dunia trading, mungkin akan lebih aman jika anda membeli sejumlah saham tanpa resiko yang terlalu besar.

Tidak semua orang mempunyai keberanian dalam menjual dan membeli saham dalam waktu yang relatif singkat, karena pasti tingkatan resikonya juga lebih besar. Sehingga tidak semua orang berani bermain dalam trading saham.

Pilihan Saham Yang Dibeli

Saham menjadi alat yang utama dalam bermain trading saham, karena itulah pilihan saham yang akan anda beli tentunya harus diperhatikan dengan baik jika ingin mendapatkan keuntungan. Pilihan sama untuk bermain trading atau berinvestasi berbeda. Dalam bermain trading, pilihlah saham-saham lapis tiga, yang mana saham ini memilih harga yang dapat melesat cukup tinggi hanya dalam 1 hari saja. Atau memilih saham yang baru masuk IPO (Initial Public Offer). Untuk mencegah kerugian pastikan untuk tidak menyimpan saham yang dibeli dalam waktu yang terlalu lama.

Dalam Dunia Saham Hanya Bisa Prediksi Tidak Dapat Memastikan

Dalam Dunia Saham Hanya Bisa Prediksi Tidak Dapat Memastikan

Di dalam pasar saham, pemain trading saham hanya bisa memprediksi namun anda tidak dapat memastikan apakah saham yang dibeli akan naik atau turun. Inilah resiko trading saham yang perlu dipahami. Sama seperti penjelasan sebelumnya, harga saham bisa naik dan turun dalam waktu yang cepat bahkan tidak bergerak sesuai harapan yang anda inginkan. Sehingga trader harus berani untuk melakukan cut loss sehingga kerugian tidak semakin besar.

Harus Cermat Melihat Kondisi Pasar

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, dalam trading saham waktu yang dibutuhkan untuk menjual dan membeli saham relative singkat tidak seperti saat berinvestasi saham. Karena itulah penting bagi pemain trader saham untuk cermat dalam melihat kondisi pasar, kapankah waktu yang tepat untuk membeli atau menjual saham yang anda miliki. Anda pun juga harus cermat dan cepat dalam menentukan strategi bermain trading sehingga anda tidak mengalami kerugian yang besar.

Buy High Sell Low

Buy High Sell Low

Resiko lainnya yang perlu diperhatikan dalam bermain trading adalah waktu yang tepat untuk menjual atau membeli saham. Banyak trader pemula yang sering melakukan kesalahan ini, yaitu membeli saat harga tinggi dan kemudian menjualnya ketika harga rendah (Buy High Sell Low). Seringkali trader pemula hanya memanfaatkan intuisi untuk bisa mengambil keputusan bertransaksi. Saat harga saham naik, maka anda tergerak untuk membeli saham karena mengira jika harga tersebut akan terus naik. Padahal saat itu anda membeli sham dengan harga tertinggi dibandingkan harga sebelumnya. Dan ketika sudah anda beli, harga saham tidak naik lagi bahkan mengalami penurunan yang ekstrem sehingga anda mengalami kerugian besar.

Fenomena seperti ini juga sering terjadi saat pemain trader menggunakan running trade untuk acuan keputusan untuk transaksi jual beli saham. Saat nama saham berada di baris teratas running trade, pemain segera mengambil keputusan membelinya. Padahal beberapa saat kemudian harga menurun dan tidak naik lagi.

Lalu Bagaimana Cara Bermain Trading Yang Aman?

Sebelum memutuskan untuk terjun dalam dunia trading saham, pastikan anda mengetahui konsep dalam trading. Sehingga anda bisa memutuskan langkah yang tepat dalam bermain trading. Anda bisa mulai belajar bermain trading dimulai dari nominal yang kecil terlebih dahulu. Kemudian perbanyak ilmu pengetahuan anda mengenai trading, sehingga anda bisa menyusun strategi yang tepat dalam berbagai kondisi saat bermain trading. Ingin bermain trading yang aman? Maka pilihlah perusahaan sekuritas yang memang cukup terpercaya. Memilih broker saham memang sedikit tricky, karena salah sedikit bisa membuat anda merasa dirugikan.

Dalam bermain trading saham, ada banyak faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Selain itu, akan ada banyak fitur yang juga bisa digunakan untuk membantu anda memaksimalkan keuntungan serta meminimalisir resiko. Sebaiknya pelajari lebih dalam mengenai analisa dalam bermain trading sehingga anda bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan dalam trading.

Artikel Terkait

Baca Juga