Cara Membaca Laporan Keuangan dengan Mudah

Cara Membaca Laporan Keuangan dengan Mudah
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest

Saham Milenial – Cara membaca laporan keuangan atau financial report merupakan kemampuan yang penting sebagai pedoman pelaku usaha dalam meninjau entitas pertumbuhan ekonomi perusahaannya serta sebagai acuan data yang dapat dipergunakan oleh pihak eksternal yang berkepentingan seperti investor, kreditor, pemerintah maupun publik.

Dengan mengetahui cara membaca yang benar, maka akan membuat pihak yang bersangkutan mampu mengambil keputusan, meneruskan informasi atau mengelolanya sebagai dasar kinerja pada periode mendatang.

Format laporan keuangan disusun oleh beberapa istilah, angka dan simbol yang mengandung pengertian masing-masing. Laporan tersebut juga terdiri dari beberapa pembagian berdasarkan pos-pos yang telah ditentukan sebagai berikut.

Pembagian Spesifikasi Dalam Laporan Keuangan

Setiap pembagian dalam laporan keuangan memiliki makna dan fungsi untuk menyampaikan perihal pos-pos keuangan secara terperinci. Adapun pembagian laporan yang muncul pada financial report adalah sebagai berikut.

Neraca Keuangan

Neraca Keuangan (Sumber: huffpost)

1. Neraca Keuangan

Neraca keuangan adalah bagian dari laporan keuangan yang berisi informasi mengenai posisi aset dan kekayaan perusahaan pada satu periode tertentu. Sedangkan neraca keuangan disusun atas tiga dasar informasi yaitu aset, kewajiban dan modal. Apa sajakah yang dimaksud aset, kewajiban dan modal?

  •  Aset

Aset adalah istilah untuk menyebutkan posisi kekayaan suatu emiten per tanggal tertentu sesuai dengan keterangan pada laporan keuangan. Aset dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni aset lancar dan aset tetap. Lebih spesifik lagi, aset lancar terdiri atas beberapa komponen yaitu kas dan setara kas, piutang usaha, persediaan dan utang dibayar dimuka.

  •  Kewajiban

Kewajiban dalam neraca keuangan menjadi suatu istilah untuk mencatat saldo dengan beban kewajiban pada tanggal tertentu. Kewajiban dibagi menjadi jenis utang lancar dan utang jangka panjang.

  •  Modal

Sedangkan yang terakhir yaitu modal merupakan nominal saldo perusahaan pada tanggal tertentu yang telah digunakan dan dijumlah hingga muncul total saldo per tanggal tersebut. Modal juga sering disebut dengan istilah ekuitas yang terdiri atas komponen saham disetor dan laba ditahan.

2. Laba dan Rugi

Laba rugi adalah bagian dari laporan keuangan yang menampilkan secara runtut mengenai keuntungan dan kerugian yang terjadi pada satu periode tertentu. Dimulai dari pengelolaan modal, produksi hingga hasil penjualan kemudian dapat disimpulkan nilai laba maupun kerugian yang terjadi pada perusahaan.

Laba dan Rugi

Laba dan Rugi (Sumber: theladders)

Laba dan rugi dapat membantu pihak internal emiten maupun pihak eksternal dalam memantau pertumbuhan keuangan perusahaan untuk kemudian menjadi alat pertimbangan keputusan di waktu yang akan datang.

Cara membaca laporan keuangan pada bagian laba dan rugi adalah dengan melihat keterangan yang mengikutinya. Diantaranya adalah pendapatan dari penjualan yang dikurangi beban usaha, laba atau rugi usaha yang ditambah/dikurangi penghasilan dan beban lainnya, laba atau rugi sebelum pajak hingga total laba atau rugi bersih.

Dalam membaca laba rugi Anda dapat membandingkan pendapatan dengan harga pokok penjualan. Mengamati beban dan pendapatan sebagai perbandingan pada periode sebelumnya dan melakukan cek saldo per akunnya pada jenis aktiva maupun pasiva.

3. Arus Kas

Arus kas pada laporan keuangan menunjukkan lalu lintas dana kas yang dipergunakan untuk alokasi keperluan perusahaan. Tingkat dana kas yang tersimpan juga menjadi perhatian penting bagi perusahaan dalam mengatur keuangan pada periode selanjutnya. Arus kas juga dimaksudkan untuk memberi informasi terkait keluar masuknya dana kas di sebuah perusahaan.

Selain itu arus kas juga berfungsi sebagai evaluasi atas kecermatan taksiran pada periode sebelumnya. Adapun kegiatan utama pada arus kas yaitu sebagai berikut.

  • Aktivitas Operasi

Aktivitas operasi adalah jenis arus kas yang dilaporkan berdasarkan kegiatan  operasional perusahaan yang menggunakan dana kas tersebut. Aktivitas ini dimasukkan sesuai dengan keterlibatan dana kas pada kegiatan transaksi perusahaan.

  • Aktivitas Investasi

Aktivitas investasi adalah aktivitas arus kas yang dilaporkan berdasarkan penjualan dan pembelian aktiva tetap.

  • Aktivitas Pendanaan

Aktivitas pendanaan adalah arus kas yang berasal dari penambahan modal. Dalam penghitungannya Anda dapat menuliskan nilai penambahan dan pengurangan kas dari kewajiban jangka panjang dan ekuitas pemilik.

4. Perubahan Modal

Perubahan modal termasuk dalam bagian laporan keuangan yang menjabarkan hasil dari modal sebelumnya baik berupa peningkatan maupun penurunan aktiva bersih dan kekayaan perusahaan. Pada bagian ini terdapat dua kemungkinan yang dapat terjadi yaitu keuntungan atau kerugian.

Jika yang terjadi adalah nilai untung maka akan terlihat dari jumlah ekuitas yang meningkat, namun jika yang terjadi adalah rugi maka akan terlihat dari jumlah ekuitas yang menurun.

5. Catatan Atas Laporan Keuangan

Catatan Atas Laporan Keuangan adalah bagian dari laporan keuangan yang terletak pada posisi paling akhir. Penutup laporan ini sering digunakan pada emiten berskala besar yang memiliki perincian keuangan lebih padat.

CALK bersifat mendukung laporan keuangan pada perusahaan besar, sehingga jarang digunakan pada perusahaan mikro. Bagian pada laporan keuangan ini memiliki penjabaran yang menyeluruh pada segala aktivitas keuangan perusahaan sehingga biasanya mampu memakan jumlah lembar yang banyak.

Tips Mudah Membaca Laporan Keuangan

Cara membaca laporan keuangan sejatinya bukanlah kegiatan yang rumit jika Anda telah memahami dasar-dasar pengetahuan istilah-istilah yang digunakan pada laporan keuangan. Tips mudah membaca laporan keuangan dapat Anda lakukan sebagai berikut.

Fokus Pada Poin yang Dicari

Anda dapat langsung mencari pos-pos keuangan yang terdapat pada laporan keuangan berdasarkan kebutuhan untuk mempercepat dan memudahkan penyalinan informasi.

Mengambil Garis Besar

Pada laporan keuangan Anda juga dapat mengambil informasi berdasarkan garis besar keuangan perusahaan seperti adanya peningkatan atau penurunan.

Artikel Terkait

Baca Juga