Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil Minim Risiko

Saham Milenial – Modal kecil bukanlah masalah dalam trading maupun investasi saham asalkan Anda mengetahui cara bermain saham dengan modal kecil. Tentunya ada strategi khusus yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan keuntungan. Meskipun modalnya sedikit, tidak menutup kemungkinan bahwa modal itu akan kembali berkali-kali lipat dari awalnya melalui transaksi saham.

Yang perlu diperhatikan, Anda harus memahami tentang bagaimana cara bermain saham dengan modal kecil. Bukan mustahil jika modal kecil yang Anda miliki bisa diubah menjadi modal yang besar untuk kelangsungan usaha saham Anda.

Modal Kecil Untuk Trading Saham

Biasanya, modal kecil cenderung ditujukan untuk trading saham, bukan investasi. Sebab, investasi yang berupa penanaman modal ke suatu perusahaan dalam jangka waktu yang lama tentu memerlukan modal besar. Lain halnya dengan trading saham. Tujuan utama seorang trader saham adalah capital gain yang besar.

Bahkan, mulai dari Rp100.000 pun Anda sudah bisa memulai untuk trading saham. Maka dari itu, trading saham bisa dilakukan oleh siapapun, mulai dari pelajar hingga orang yang sudah bekerja. Namun, tidak hanya sekedar membeli saham, sebaiknya mereka memahami secara mendalam mengenai cara bermain saham dengan modal kecil.

Sifatnya yang spekulatif memang terkadang sulit untuk diketahui kemana arah harga saham. Akan tetapi, dengan adanya berbagai metode analisis transaksi saham, Anda bisa memprediksi bagaimana harga di masa mendatang. Hal tersebut membuat Anda menjadi yakin untuk memilih saham mana yang akan dibeli.

TRENDING NOW:  Inilah Cara Membeli Saham Telkomsel Dengan Mudah

Jangan hanya asal bermain saham, karena Anda bisa rugi besar. Alangkah baiknya mencari referensi sebagai acuan untuk melakukan trading saham. Agar tidak kesusahan juga kebingungan, Anda bisa memulai dengan konsep yang paling sederhana terlebih dahulu.

Sebagai catatan, sebagai seorang trader Anda harus bisa membaca peluang entah peluan harga naik atau justru turun. Ketika harga saham naik, sebaiknya jual saham yang Anda miliki untuk memperoleh capital gain.Apabila kenaikan harga semakin besar, Anda berpeluang untuk mendapatkan capital gain yang tinggi pula.

Kuatkan Niat

Kuatkan Niat
Kuatkan Niat (Sumber: sahamology)

Sebelum memutuskan untuk trading saham, cara bermain saham dengan modal kecil yang pertama adalah menguatkan niat. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi ragu-ragu dalam langkah selanjutnya. Dengan niat yang teguh dan kuat, peluang untuk mendapatkan keuntungan semakin besar.

Apabila niat Anda untuk trading saham sudah bulat, Anda harus membaca mengenai cara bermain saham dengan modal kecil. Selanjutnya, Anda harus menyiapkan besaran modal yang akan digunakan. rencanakan secara matang. Motivasi diri sendiri, yakinlah jika Anda bisa mengembalikan modal tersebut menjadi lebih besar.

Kecil atau besarnya modal bukan ukuran keberhasilan trading saham. Yang menjadi penentu kesuksesan transaksi saham adalah kemampuan dalam membaca serta memprediksi harga saham di kemudian hari.

TRENDING NOW:  Kenali Jenis Pasar Modal Melalui Pengertian dan Pihak-pihak di Dalamnya

Pastikan Anda memahami analisa teknikal untuk trading saham dalam jangka pendek yang menguntungkan. Setelah modal digunakan, berilah tanggung jawab kepada diri sendiri agar bagaimanapun keadaannya, modal harus balik.

Pahami Analisa Teknikal Trading Saham

Cara bermain saham dengan modal kecil yang paling krusial yakni memahami analisa teknikal dalam proses trading saham. Ada banyak sekali analisa teknikal yang melingkupi kegiatan transaksi saham. Hal ini dimaksudkan agar Anda mampu menganalisis bagaimana arah pergerakan saham. Banyak pula perhitungan dalam analisa teknikal saham yang bisa digunakan sebagai acuan.

Yang paling sederhana, yaitu membaca chart. Chart merupakan grafik yang menunjukkan arah pergerakan saham. Terdapat beberapa jenis chart yang bisa digunakan, salah satunya candlestick chart. Grafik harga saham yang ditunjukkan oleh candlestick chart dinilai paling mudah dipahami untuk pemula. Tampilan visualnya pun lebih bisa dimengerti oleh para trader.

Setelah chart, ketahui pula mengenai tren. Tren bisa digunakan untuk menentukan kemana arah pergerakan harga saham, apakah naik (uptrend) atau malah turun (downtrend). Dengan memanfaatkan keberadaan tren saham, Anda bisa mengambil tindakan sesuai yang dibutuhkan. Ketika harga saham yang dimiliki melambung tinggi, sebaiknya Anda segera jual, sehingga bisa memperoleh capital gain. Hal tersebut menjadikan modal awal Anda semakin besar.

TRENDING NOW:  Memahami Analisa Fundamental Saham Biar Cuan Makin Melimpah

Pantau Pergerakan Saham Tanpa Terlewat

Pantau Pergerakan Saham Tanpa Terlewat
Pantau Pergerakan Saham Tanpa Terlewat (Sumber: wartaekonomi)

Dalam cara bermain saham dengan modal kecil, Anda harus memantau pergerakan saham tanpa terlewat agar tidak rugi. Modal kecil cenderung ditujukan untuk kepemilikan saham dalam waktu yang singkat, karenanya Anda harus terus mengamati bagaimana naik turunnya harga saham di pasar modal.

Sangat disayangkan bukan apabila Anda tidak sadar bahwa harga saham yang dimiliki naik, sehingga terlena tidak menjualnya. Yang seharusnya bisa mendapatkan capital gain justru tidak. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk memantau pergerakan saham. Harga saham yang tidak menentu bisa berubah sewaktu-waktu. Yang mulanya tinggi, berselang jam bisa turun seketika.

Cari Informasi Melalui Laman Resmi IDX

IDX sebagai pusat penyedia layanan pasar modal di Indonesia menyediakan berbagai informasi terkait pasar modal dan fluktuatifnya untuk memudahkan para trader dan investor melalui situs resminya. Anda bisa mengunjungi https://idx.co.id. Disana sudah ada informasi yang sangat lengkap mengenai serba serbi pasar modal di Indonesia.

Sudah disediakan pula mengenai data-data yang Anda butuhkan mengenai perusahaan yang telah tercatat. Keberadaan informasi yang sedemikian rupa tentu membuat Anda bisa menganalisis secara lebih akurat terkait saham yang akan dibeli.

Bisa dijadikan pertimbangan untuk menentukan saham yang memang layak dan berprospek dengan modal kecil. Jadi, manfaatkan website milik IDX untuk mendapatkan informasi sedalam-dalamnya mengenai saham.

Leave a Reply
You May Also Like

Daftar Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI

Saham Milenial – Saat ini ada banyak perusahaan dari sektor manufaktur yang…

1 Lot Saham Berapa Lembar? Ternyata Ini Jawabannya

Saham Milenial – Dalam dunia investasi, seorang investor dituntut untuk mengetahui tentang…

Pengertian Nilai Pasar Saham dan Cara Menghitungnya

Saham Milenial – Nilai pasar saham atau market value adalah harga saham…

Contoh Notulen Rapat Umum Pemegang Saham

Saham Milenial – Membahas mengenai contoh notulen Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)…