Sabtu, Desember 5, 2020

Informasi Seputar Rekomendasi Saham Hari Ini

Saham Milenial – Rekomendasi saham hari ini dapat digunakan sebagai pertimbangan pokok dalam pemilihan saham yang akan dibeli. Tujuannya, agar Anda tidak mengalami kerugian. Dalam rekomendasi saham hari ini, ada beberapa pertimbangan yang menjadikan saham layak untuk direkomendasikan.

Anda yang masih kebingungan untuk menentukan saham mana yang tepat, rekomendasi saham hari ini adalah referensi yang tepat untuk referensi Anda. Berikut akan diulas secara lengkap mengenai rekomendasi saham hari ini.

Perbedaan Trading Saham dan Investasi

Perbedaan Trading Saham dan Investasi
Perbedaan Trading Saham dan Investasi (Sumber: lifepal)

Trading saham dengan investasi bukanlah hal yang serupa. Keduanya memiliki makna yang berbeda. Sebelum terjun ke dunia pasar modal, sebaiknya Anda mengerti perbedaan di antara dua komponen ini terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa membuat rencana dengan matang. Anda pun dapat mengambil keputusan apakah ingin trading saham atau justru akan berinvestasi.

Perbedaan antara trading saham dan investasi terletak pada jangka waktu kepemilikan saham. Trading saham berarti membeli saham untuk dimiliki dalam jangka waktu di bawah satu tahun. Tujuan utama dari trading saham adalah memperoleh capital gain.

Capital gain bisa didapatkan ketika Anda menjual saham dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada saat membeli. Selisih harga jual dengan harga beli tersebut yang kemudian menjadi keuntungan Anda saat trading saham. Jadi, kegiatan trading saham lebih memfokuskan pada kepemilikan saham jangka pendek.

Hal tersebut berbeda dengan investasi. Disebut investasi apabila Anda membeli saham dalam jangka waktu yang lama, batas minimalnya 5 tahun. Karena itu, investasi memerlukan kemampuan yang mumpuni untuk menghadapi semua dinamika pasar yang terjadi, serta kesabaran.

Investasi cenderung membutuhkan waktu yang lama karena kegiatan operasional perusahaan tidak sebentar. Ada serangkaian proses yang harus dilalui, mulai dari produksi sampai penjualan, hingga akhirnya muncul laba. Dari laba tersebut kemudian para investor menerima pendapatan investasi, berupa dividen. Besar kecilnya dividen bergantung pada perusahaan.

Indikator Saham yang Layak Dipilih Untuk Investasi

Dalam menentukan saham yang layak untuk dipilih, terdapat beberapa indikator yang menandakan jika saham akan menguntungkan investor. Karena bersifat spekulatif, sudah menjadi kewajiban Anda untuk menganalisis secara mendalam sebelum membeli saham.

Apabila asal pilih saja dengan tabiat coba-coba, dapat menjadi senjata makan tuan. Dengan kata lain, bukannya untung malah sebaliknya.  Adapun indikator yang bisa digunakan untuk menilai cerah atau tidaknya prospek suatu saham, yaitu sebagai berikut.

1. Manajemen Perusahaan Baik

Baik buruknya manajemen perusahaan akan berbanding lurus dengan laba yang dihasilkan. Semakin baik manajemen perusahaan bersangkutan, berarti peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar semakin tinggi. Laba yang tinggi membuat dividen yang akan dibagikan kepada para pemegang saham pun tinggi pula. Dengan demikian, Anda akan diuntungkan.

2. Perhatikan Besarnya Earning Per Share (EPS)

EPS merupakan besar laba bersih per saham yang dikeluarkan oleh perusahaan. Apabila rasio dari EPS ini terus mengalami peningkatan, berarti kinerja perusahaan pun semakin baik. Boleh jadi angka penjualan perusahaan semakin naik, sehingga keuntungan meningkat. Peningkatan tersebut sebanding dengan dividen yang akan diterima para investor.

3. Memiliki Dividend Yield yang Tinggi

Dividend yield tidak lain adalah keuntungan yang akan diberikan oleh perusahaan kepada para investor. Sangat jelas jika perusahaan memiliki dividend yield yang tinggi, maka investor pun akan mendapatkan keuntungan yang tinggi pula.

4. Pembagian Dividen Dilakukan Dengan Frekuensi yang Sering

Semakin sering dividen dibagikan, maka investor semakin diuntungkan. Dengan kata lain, pengembalian modal yang telah disetorkan para investor tidak memerlukan waktu yang sangat lama. Investor akan semakin diuntungkan ketika dividen dibagikan dalam frekuensi yang sering.

5. Return on Equity (ROE) Perusahaan Tinggi

ROE merupakan rasio pengembalian ekuitas dari suatu perusahaan. Perusahaan yang memiliki ROE tinggi berarti mampu menggunakan dana yang disetorkan oleh para investor dengan baik. Modal yang telah disuntikkan ke dalam perusahaan tersebut dikembalikan kepada para pemegang saham melalui dividen. Semakin tinggi ROE, dividen juga akan semakin tinggi.

6. Debt to Equity Ratio (DER) Kecil

Keberadaan DER berfungsi untuk menilai tingkat resiko keuangan emiten. DER yang tinggi menandakan apabila perusahaan memiliki resiko keuangan yang tinggi. Hal tersebut tentu berbahaya bagi para pemegang saham perusahaan. Karena itu, lebih baik Anda membeli saham milik perusahaan yang memiliki DER kecil.

Rekomendasi Saham Hari Ini

Rekomendasi saham hari ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda dalam memilih saham yang tepat. Di bawah ini akan dipaparkan mengenai saham-saham blue chip yang layak untuk dipilih. Saham blue chip merupakan saham milik perusahaan dengan kualitas yang baik.

No Kode Saham Nama Perusahaan Indikator Kelayakan Perusahaan
1 BBCA PT. Bank Central Asia, Tbk
  • Pertumbuhan kredit yang tinggi dan konsisten.
  • Memiliki rasio kredit macet (NPL) yang rendah.
  • Manajemen keuangan sangat baik.
2 UNVR PT. Unilever Indonesia, Tbk
  • Tingkat ROE perusahaan tinggi.
  • Seluruh profit dibagikan sebagai dividen untuk para investor.
3 BBRI PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk
  • Pertumbuhan kredit sangat konsisten.
  • Mempunyai margin keuntungan yang tinggi.
  • Memiliki daya saing yang sangat baik.

 

Investasi Berujung Gemilang

Perbedaan Trading Saham dan Investasi
Perbedaan Trading Saham dan Investasi (Sumber: okezone)

Melalui rekomendasi saham hari ini yang telah diuraikan, investasi yang dilakukan bisa berujung gemilang. Dengan demikian, tidak ada istilah coba-coba yang cenderung mengantarkan pada kegagalan investasi. Diperlukan analisis serta pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

PILIHAN EDITOR

Pengertian Dividen Saham beserta Kelebihan dan Cara Perhitungannya

Saham Milenial - Dividen saham adalah bentuk laba yang dibagikan kepada pemegang saham dalam wujud lembar saham. Lembar saham tersebut dapat berupa saham sejenis...

Pengertian Opini Audit dan Tata Kelolanya

Saham Milenial - Pengertian opini audit adalah penyampaian laporan yang dilakukan oleh pihak akuntan publik sebagai hasil terhadap penilaian laporan keuangan suatu perusahaan. Pihak...

Cara Membaca Laporan Keuangan dengan Mudah

Saham Milenial - Cara membaca laporan keuangan atau financial report merupakan kemampuan yang penting sebagai pedoman pelaku usaha dalam meninjau entitas pertumbuhan ekonomi perusahaannya...

Pengertian Return Saham dan Rumus Penghitungan

Saham Milenial - Pengertian return saham memiliki maksud yaitu selisih antara harga jual saham dengan harga beli saham yang telah ditambahkan dengan dividen. Ada...