Minggu, September 20, 2020

Daftar Bank di Indonesia Berdasarkan Jenis dan Fungsinya

Saham Milenial – Ketika Anda mencari bank di Indonesia, alangkah lebih baik untuk melihat daftar bank di Indonesia terlebih dahulu. Dengan adanya daftar bank di Indonesia, pencarian dapat dilakukan dengan mudah. Sekaligus bisa dijadikan pertimbangan mengenai seperti apa bank yang akan dituju. Karenanya, artikel ini akan memaparkan mengenai daftar bank di Indonesia, ditambah dengan pembahasan bank secara mendetail.

Definisi Bank

Definisi Bank
Definisi Bank (Sumber: mybusiness)

Bank, boleh jadi sudah tidak asing di telinga Anda. Apabila didefinisikan, bank merupakan lembaga keuangan yang menjadi sirkulasi dan tempat penyaluran uang dari satu pihak ke pihak lain.

Secara umum, bank beroperasi dengan menghimpun dana yang disetorkan oleh nasabah dalam bentuk tabungan, lalu menyalurkannya lagi ke nasabah melalui kredit. Maka dari itu, kerja utama sebuah bank adalah menyimpan dan meminjamkan.

Penyimpanan uang di bank dinilai lebih aman daripada disimpan sendiri. Sebab, bank memiliki alat pengaman khusus. Begitu pula dengan kredit. Bank biasanya mendorong masyarakat untuk mengembangkan usaha dengan pemberian kredit bunga rendah.

Lebih lanjut, tabungan serta kredit yang diberikan oleh bank tersebut terdiri dari bermacam-macam jenis. Masyarakat hanya perlu memilih yang paling cocok untuk digunakan. Tentu ada benefit dari setiap macamnya.

Jenis-Jenis Bank yang Ada Dalam Daftar Bank di Indonesia

Bank yang ada di Indonesia terbagi ke dalam beberapa jenis yang tidak sama. Pembagian tersebut didasarkan atas aspek-aspek tertentu. Berikut uraiannya:

1. Berdasarkan Fungsinya

Sebagaimana yang telah diuraikan, fungsi pokok adanya bank adalah sebagai tempat untuk menyimpan dan meminjam uang. Namun, dalam kinerja di lapangan, terdapat fungsi tersendiri yang membedakan antar bank. Karena itu, aspek fungsi menjadi salah satu komponen pembagian bank. Berdasarkan fungsinya, bank dibedakan menjadi tiga, yaitu:

a. Bank Sentral

Bank sentral tidak mengurusi transaksi keuangan, melainkan keberadaannya berfungsi untuk mengatur dan menetapkan kebijakan moneter. Di Indonesia, yang menjadi bank sentral adalah Bank Indonesia (BI).

Bank Sentral
Bank Sentral (Sumber: voi)

BI bertanggung jawab atas kebijakan-kebijakan moneter di Indonesia. Kebijakan yang diluncurkan BI harus diikuti oleh seluruh bank yang beroperasi di Indonesia. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kestabilan nilai mata uang, sistem keuangan, dan perbankan dalam negeri.

Misal, dalam pengaturan inflasi dan deflasi. Kebijakan yang dikeluarkan BI berdasarkan atas kondisi keuangan publik. Ketika terjadi inflasi, maka kebijakan yang dipilih adalah untuk mengurangi jumlah uang yang beredar.

Selain itu, bank sentral juga berfungsi sebagai bank yang menerbitkan uang. Jadi, penerbitan segala jenis uang yang beredar di Indonesia merupakan kewenangan BI. Fungsi yang sedemikian ini hanya dimiliki oleh bank sentral.

b. Bank Umum

Eksistensi bank umum berfungsi untuk menyediakan jasa lalu lintas pembayaran masyarakat. Kegiatan operasional bank umum berupa layanan di bidang tabungan, kredit, jual beli valuta asing, asuransi, giro, cek, dan lain sebagainya. Sebaiknya, pilihlah bank umum yang berada di wilayah domisili Anda. Dengan demikian, akses ke bank tersebut tidak sulit dilakukan.

c. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Berbeda dari bank umum, BPR tidak menyediakan layanan untuk lalu lintas pembayaran. Juga tidak bisa memberikan jasa simpanan berupa valuta asing, asuransi, dan giro. Fungsi dari BPR adalah untuk menghimpun dana yang disetorkan masyarakat dalam bentuk tabungan, deposito berjangka, dan lain-lain. Selain itu, BPR juga berfungsi dalam pemberian kredit dalam masyarakat. Yang perlu diketahui, dana yang terdapat di dalam BPR harus disimpan dalam bentuk sertifikat deposito, SBI, maupun tabungan dalam bank lain.

2. Dilihat Dari Operasional Bank

Apabila dilihat dari operasional bank, bank dibedakan menjadi dua, yaitu bank konvensional dan bank syariah. Bank syariah mendasarkan operasi perbankan pada prinsip-prinsip syariah, sedangkan bank konvensional tidak. Suku bunga yang digunakan oleh bank konvensional sesuai dengan yang telah ditetapkan BI sebagai bank sentral. Sedangkan bagi bank syariah, mereka tidak mengenal bunga.

3. Kepemilikan Bank

Ada tiga jenis bank dari aspek kepemilikan. Pertama, bank milik negara. Seperti namanya, berarti bank tersebut dimiliki oleh negara. Meskipun terdapat bank milik negara yang sahamnya dijual kepada publik, tetapi kepemilikan saham oleh negara pada bank tersebut minimal sebesar 51%, sehingga tetap dikuasai negara.

Kedua, bank swasta nasional yang dimiliki oleh pihak swasta. Lain halnya dengan bank milik negara, sebagian saham milik bank swasta dikuasai oleh publik. Yang terakhir, ada bank milik asing. Artinya, bank tersebut dimiliki oleh pihak luar negeri yang membuka cabang di Indonesia.

Daftar Bank di Indonesia

Berikut akan disajikan mengenai daftar bank di Indonesia, sebagai referensi Anda:

Jenis No Nama Bank
Bank Umum Persero 1 PT. Bank Mandiri, Tbk
2 PT. BRI, Tbk
3 PT. BNI, Tbk
4 PT. BTN, Tbk
Bank Swasta Nasional 1 PT. Bank Maybank Indonesia, Tbk
2 PT. Bank Permata, Tbk
3 PT. Bank Central Asia, Tbk
4 PT. Bank CIMB Niaga, Tbk
5 PT. Bank Bumi Arta, Tbk
6 PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk
7 PT. Bank Sinarmas, Tbk
8 PT. Bank Maspion Indonesia, Tbk
9 PT. Bank Mega, Tbk
10 PT. Bank Bukopin, Tbk

 

Agar bisa memanfaatkan jasa perbankan seperti yang telah disebutkan, persyaratan utama yang harus dipenuhi adalah menjadi nasabah. Selain itu, Anda pun memerlukan pertimbangan mengenai jenis bank seperti apa yang paling tepat untuk dipilih, juga profil bank yang bersangkutan secara rinci. Melalui daftar bank di Indonesia, informasi tersebut bisa diperoleh.

PILIHAN EDITOR

Apa Itu Pengembangan Pasar dan Strategi Jitu Menaikkan Penjualan

Saham Milenial - Apa itu pengembangan pasar? Pengembangan pasar adalah suatu tindakan yang diambil perusahaan untuk meningkatkan penjualan berdasarkan jumlah barang yang diproduksi. Kegiatan...

Satuan Saham di Indonesia dan Perubahan Jumlah Lembar Per Lot

Saham Milenial - Satuan saham adalah hitungan per lot untuk setiap transaksi pembelian maupun penjualan saham. Sedangkan volume per lotnya berisi 100 lembar saham...

Cara Bermain Saham di Android Memudahkan Para Trader Untuk Mengoperasikannya

Cara bermain saham di Android menjadi pilihan yang mulai banyak diminati para pebisnis trading. Metode ini sangat memudahkan gerak para trader yang mobile. Fungsi...

Sudah Siap Dapat Untung dari Trading Saham Harian? Siapapun Bisa Mempelajarinya

Saham Milenial - Trading saham harian adalah kegiatan perdagangan saham yang dilakukan setiap hari oleh pihak yang disebut trader, dengan terus memantau pergerakan harganya....