Sabtu, Desember 5, 2020

Pengertian Return Saham dan Rumus Penghitungan

Saham Milenial – Pengertian return saham memiliki maksud yaitu selisih antara harga jual saham dengan harga beli saham yang telah ditambahkan dengan dividen. Ada dua kemungkinan yang dapat muncul dari hasil selisih tersebut yaitu Capital Gain yang berarti positif dan Capital Loss yang berarti negatif.

Apabila ditemukan hasil dengan kualifikasi Capital Gain atau positif maka hal tersebut diartikan sebagai keuntungan yang didapat melalui penjualan saham yang telah dilakukan. Namun jika hasil yang muncul merupakan Capital Loss atau setara dengan hasil negatif, maka hal tersebut menandakan kerugian yang dialami pada kegiatan jual beli saham.

Permisalan Return Saham yang Umum Terjadi pada Kegiatan Transaksi Saham

Permisalan Return Saham dengan Hasil Capital Gain
Permisalan Return Saham dengan Hasil Capital Gain (Sumber: officescapemarkham)

Berdasarkan pengertian di atas maka Anda dapat menyimak permisalan berikut untuk memudahkan dalam memahami proses return saham.

Permisalan Return Saham dengan Hasil Capital Gain

Andi membeli saham ABC pada tahun lalu dengan harga Rp 500 per lembar saham. Kemudian harga saham berubah di tahun ini menjadi Rp 1500 per lembar saham. Maka secara otomatis Andi mendapat keuntungan atau nilai Capital Gain sebesar Rp 1000 per lembar saham.

Permisalan Return Saham dengan Hasil Capital Loss

Andi membeli saham ABC pada tahun lalu dengan harga Rp 1000 per lembar saham. Kemudian harga saham berubah di tahun ini menjadi Rp 250 per lembar saham. Maka dapat diketahui bahwa Andi mendapat kerugian berupa nilai Capital Loss sebesar Rp 750 per lembar saham.

Dalam kenyataannya nominal dividen sering dilewatkan dalam penghitungan return saham, meski demikian pelaku bisnis saham tetap mengacu pada Capital Gain dan Capital Loss yang menjadi perhatian utama.

Jenis-Jenis Return Saham

Dalam praktiknya ada dua jenis return saham yang dapat Anda ketahui, yakni sebagai berikut.

1. Return Saham Realisasi

Pengertian return saham realisasi adalah penghitungan selisih harga saham berdasarkan data riwayat perusahaan yang berfungsi sebagai alat ukur kinerja perusahaan. Return jenis ini juga diistilahkan sebagai return saham historis yang menjadi dasar untuk menentukan return saham ekspektasi dan resiko di masa yang akan datang.

Return Saham Realisasi
Return Saham Realisasi (Sumber: ontariosoccer)

Return realisasi sendiri juga memiliki beberapa pembagian jenis penghitungan yaitu return total, relatif return, kumulatif return dan penyesuaian return. Sedangkan untuk rata-rata return dapat diukur berdasarkan penghitungan aritmatika dan penghitungan geometri.

2. Return Saham Ekspektasi

Return saham ekspektasi adalah jenis return yang dilakukan untuk pengambilan keputusan terhadap kegiatan investasi. Return ekspektasi dinilai lebih penting dibandingkan dengan return historis karena jenis ini menjadi tolok ukur para investor untuk keberhasilan transaksi sahamnya di masa mendatang. Cara penghitungan return saham ekspektasi dapat ditentukan berdasarkan nilai ekspektasian masa depan, return historis dan return ekspektasian yang ada.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Return Saham

Apa sajakah yang termasuk dalam faktor berpengaruh pada return saham? Berikut ulasannya.

Faktor Makro

Berdasarkan faktor makro, return saham dapat terpengaruh melalui faktor makro ekonomi dan faktor makro non ekonomi. Diantara faktor makro ekonomi yang mempengaruhi return saham adalah inflasi, suku bunga, kurs valuta asing, tingkat pertumbuhan ekonomi, harga bahan bakar minyak di pasar internasional dan indeks harga saham regional. Sedangkan yang termasuk dalam faktor makro non ekonomi adalah peristiwa politik domestik, peristiwa sosial dan peristiwa politik internasional.

Faktor Mikro

Faktor mikro adalah kondisi  yang terjadi dari dalam perusahaan termasuk informasi atau data keuangan maupun non keuangan, informasi fundamental dan informasi teknikal. Informasi fundamental yang berasal dari intern perusahaan adalah dividen, tingkat penjualan, karakteristik keuangan dan ukuran perusahaan. Selain itu ada pula informasi teknikal yang berasal dari luar perusahaan seperti ekonomi, politik dan keuangan.

Rumus Penghitungan Return Saham

Berdasarkan jenis return saham yaitu realisasi dan ekspektasi maka keduanya memiliki konsep rumus penghitungan yang berbeda. Adapun penjelasan masing-masing rumus penghitungan tersebut adalah sebagai berikut.

Rumus Penghitungan Return Saham Realisasi

Return realisasi atau actual return adalah analisis data yang diperoleh berdasarkan penghitungan selisih harga saham individual pada periode berjalan dengan saham individual pada periode sebelumnya tanpa menyertakan dividen. Maka rumus yang dapat ditulis adalah sebagai berikut:

Pi,t – Pi,t-1

Ri,t = Pi,t-1

Keterangan:

Ri,t = return saham i pada waktu t

Pi,t = harga saham i pada periode t

Pi,t-1 = harga saham i pada periode t-1

Rumus Penghitungan Return Saham Ekspektasi

Return saham yang menjadi harapan investor di masa mendatang ini memiliki rumus sebagai berikut:

E(Rit) = Rmt

Keterangan:

E(Rit) = tingkat keuntungan saham yang diharapkan pada hari ke t

Rmt = tingkat keuntungan pasar pada periode t

Manfaat Mengetahui Return Saham Sebagai Investor

Sebagai investor yang melakukan transaksi saham, pengertian return saham dan cara penghitungan jumlahnya penting untuk diketahui. Adapun manfaat return saham bagi investor adalah sebagai berikut.

Sebagai Pengukur Tingkat Keuntungan Saham yang Dimiliki

Pebisnis dalam hal ini adalah investor saham melakukan jual beli saham untuk meraup keuntungan sebaik mungkin. Oleh sebab itu dengan penghitungan return saham maka kedua belah pihak baik perusahaan maupun investor dapat memperoleh rincian dasar atas keuntungan maupun kerugian yang terjadi.

Sebagai Bahan Pertimbangan dan Data Untuk Keputusan di Kemudian Hari

Berdasarkan pencapaian hasil yang diperoleh dari return saham, maka investor dapat melakukan pertimbangan dalam mengambil keputusan di kemudian hari. Hal ini juga menjadi histori untuk menyusun ekspektasi kegiatan jual beli saham yang lebih menguntungkan pada periode berikutnya.

PILIHAN EDITOR

Pengertian Dividen Saham beserta Kelebihan dan Cara Perhitungannya

Saham Milenial - Dividen saham adalah bentuk laba yang dibagikan kepada pemegang saham dalam wujud lembar saham. Lembar saham tersebut dapat berupa saham sejenis...

Pengertian Opini Audit dan Tata Kelolanya

Saham Milenial - Pengertian opini audit adalah penyampaian laporan yang dilakukan oleh pihak akuntan publik sebagai hasil terhadap penilaian laporan keuangan suatu perusahaan. Pihak...

Cara Membaca Laporan Keuangan dengan Mudah

Saham Milenial - Cara membaca laporan keuangan atau financial report merupakan kemampuan yang penting sebagai pedoman pelaku usaha dalam meninjau entitas pertumbuhan ekonomi perusahaannya...

Pengertian Return Saham dan Rumus Penghitungan

Saham Milenial - Pengertian return saham memiliki maksud yaitu selisih antara harga jual saham dengan harga beli saham yang telah ditambahkan dengan dividen. Ada...