Sabtu, Juli 24, 2021

Bagaimana Struktur Pasar Modal yang Tepat? Inilah Jawabannya

Saham Milenial – Bagi seorang investor, wawasan mengenai struktur pasar modal tentu harus dikuasai. Meskipun istilah ini sudah tidak asing di telinga masyarakat, tapi tidak semua orang mengetahui tentang semua hal mengenai pasar modal itu sendiri.

Jadi, ketika Anda memang berencana untuk berinvestasi baik saham atau lainnya maka sebaiknya pahami terlebih dahulu seluk beluk mengenai struktur pasar modal. Tujuannya untuk menguntungkan kedua belah pihak yang terlibat dalam sebuah investasi sehingga tidak akan menjadi masalah baik yang berkaitan dengan badan hukum dan tidak.

Bagi Anda yang belum tahu informasi tentang pasar modal, maka Anda bisa menyimak dan memahami penjelasan berikut untuk menambah wawasan.

Apa Sih Pasar Modal Itu?

Apa Sih Pasar Modal Itu
Apa Sih Pasar Modal Itu? (Sumber: yuksinau)

Menurut Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 1995 pasar modal didefinisikan sebagai kegiatan perdagangan efek serta penawaran umum, lembaga, perusahaan, dan profesi yang memiliki kaitan dengan efek yang diterbitkan oleh masing-masing pihak. Untuk definisi lain, pasar modal adalah pasar yang kegiatannya terorganisir dengan berbagai jenis perdagangan surat berharga.

Terdapat banyak surat berharga yang dimaksudkan disini, seperti obligasi, saham, ekuitas, dan masih banyak lagi. Surat-surat tersebut biasanya dibuat oleh pemerintah atau perusahaan swasta. Untuk pelaksanaan  perdagangan surat berharga ini selalu melibatkan beberapa pihak, diantaranya adalah perantara, komisioner, dan underwriter. Ketiga pihak tersebut memegang peran penting dalam perdagangan surat.

Untuk instrumen dari apa yang diperdagangkan di pasar modal memiliki jangka panjang lebih dari 1 tahun. Hal ini tentu sudah diperhitungkan dengan baik agar tidak sampai merugikan pihak manapun.

Di Indonesia, pasar modal dapat menghubungkan antara investor dengan perusahaan atau pihak pemerintah. Dimana maksud dari investor ini adalah pihak yang dananya lebih, sedangkan pihak perusahaan atau pemerintah adalah pembutuh dana untuk dijadikan modal kerja.

Tapi, sebagai investor Anda tidak hanya perlu memahami tentang pengertian dari pasar modal saja. Melainkan juga struktur pasar modal yang tak kalah pentingnya sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana alur yang tepat jika ingin menjalankan investasi. Terutama jika Anda menjalankan perdagangan surat berharga yang melibatkan beberapa pihak agar investasi bisa berjalan dengan baik tanpa ada masalah apapun kedepannya.

Apa Saja Fungsi Pasar Modal?

Apa Saja Fungsi Pasar Modal
Apa Saja Fungsi Pasar Modal? (Sumber: cermati)

Selanjutnya, apakah Anda sudah mengetahui apa saja fungsi dari pasar modal dalam investasi? Jika Anda berkeinginan menjadi seorang investor maka wajib mengetahui beberapa fungsi pasar modal secara universal berikut.

1. Menambah Modal Usaha

Mengalami kekurangan modal ketika menjadi seorang pebisnis bukanlah hal yang aneh. Justru hal ini sering terjadi baik bagi pelaku usaha dengan skala kecil, menengah dan besar. Ketika hal ini sampai terjadi, maka sebagai solusinya Anda bisa memanfaatkan pasar modal. Dengan demikian, Anda tidak perlu meminjam terlalu banyak uang di bank.

2. Menciptakan Lapangan Kerja

Fungsi yang dihasilkan dari pasar modal ini memang efeknya bersifat domino, dimana artinya adalah sebuah perusahaan bisa menerima suntikan modal dari suatu perusahaan dan akan meningkatkan aktivitas perusahaan itu sendiri.

Ketika performa sudah meningkat dengan cepat pasti akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja. Jadi, inilah yang dimaksud dengan menciptakan lapangan kerja.

3. Sarana Meningkatkan Kapasitas Produksi

Dengan adanya saham yang diperjualbelikan, maka para pelaku usaha disini sangat banyak memperoleh keuntungan. Bagaimana bisa?

Ketika saham terjual, maka Anda akan mendapatkan suntikan modal yang secara otomatis meningkatkan produktivitas dari perusahaan tersebut. Dengan demikian, bisnis yang sedang dijalankan akan semakin maju dan berkembang.

4. Indikator Perekonomian

Mengukur perekonomian dalam negara adalah hal yang sangat penting. Tapi, hal ini tidak mudah dilakukan jika Anda belum memahami pasar modal dalam dunia investasi. Ketika ternyata terdapat aktivitas transaksi yang cukup banyak maka artinya aktivitas perekonomian dalam suatu negara sedang baik-baik saja.

5. Meningkatkan Pendapatan Negara

Hal ini bisa terjadi karena pihak pemerintah dapat menerima pajak dari pihak dividen yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada pemegang saham. Dengan begitu, pendapatan pemerintah juga meningkat secara otomatis.

Ketahui Semua Peran Pasar Modal

Jika dilihat secara umum, pasar modal ini memegang banyak peran, terutama untuk kegiatan perdagangan surat berharga. Mengapa jika membicarakan soal investasi pasti lebih ke perdagangan surat?

Karena investasi yang dinilai menjanjikan banyak keuntungan adalah dengan jual beli surat berharga. Nah, bagi Anda yang mungkin mulai mempertimbangkan untuk masuk ke dunia investasi maka Anda juga harus memahami tentang peran dari pasar modal.

Beberapa peran penting dari pasar modal yang wajib Anda ketahui adalah sebagai lembaga perantara keuangan non-bank, sarana transaksi surat berharga atau saham yang terbilang legal, penyedia kesempatan bagi orang yang memiliki modal untuk terlibat dalam kegiatan bisnis, serta tempat memperoleh likuiditas untuk para pemegang saham. Jadi, percuma saja jika Anda hanya mengetahui apa saja struktur pasar modal jika belum mengetahui peran dari pasar modal itu sendiri.

Bagaimana Struktur Pasar Modal Terbaru

Bagi Anda yang mungkin belum pernah mengetahui bagaimana struktur pasar modal, maka Anda harus mengetahui beberapa urutan berikut:

  1. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  2. Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM)
  3. Bursa Efek
  4. Lembaga Kliring dan Penjaminan (LKP)
  5. Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP)
  6. Sekuritas
  7. Penunjang Pasar Modal
  8. Profesi Penunjang Pasar Modal
  9. Pemodal
  10. Emiten

Agar lebih jelas, maka Anda bisa melihat struktur pasar modal dengan melihat bagan berikut sehingga mengetahui detail susunannya. Ketika sudah mengetahui strukturnya maka Anda sudah siap menjadi investor yang handal.

PILIHAN EDITOR

Bagaimana Cara Beli Saham di Ipotgo? Berikut Detailnya

Saham Milenial - Agar bisa bertransaksi saham melalui Ipotgo, Anda tentu harus memahami mengenai cara beli saham di Ipotgo. Tanpa modal yang besar di...

Rekomendasi Saham Untuk Jangka Panjang dan Prospek Profitnya

Saham Milenial - Rekomendasi saham untuk jangka panjang dapat digunakan sebagai pertimbangan yang benar sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi. Karena investasi Efek itu bersifat...

Contoh Notulen Rapat Umum Pemegang Saham

Saham Milenial - Membahas mengenai contoh notulen Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tentu tidak bisa dilepaskan dari UUPT, yaitu UU No 20 Tahun 2007....

Inilah Reksadana Saham Terbaik 5 Tahun Terakhir

Saham Milenial - Daftar mengenai reksadana saham terbaik 5 tahun terakhir akan memberikan Anda pertimbangan yang matang terkait reksadana. Dalam artikel ini akan dibahas...