Arti Etimologis, Macam dan Manfaat Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Laporan laba rugi perusahaan manufaktur adalah sebuah laporan keuangan dari perusahaan manufaktur terkait laba dan rugi dalam suatu periode. Laporan ini sangat penting karena mengindikasikan bagaimana suatu perusahaan mengelola keuangannya, apakah baik atau tidak.

Tujuan dari pembuatan laporan laba rugi perusahaan manufaktur juga adalah untuk menginformasikan pendapatan dan juga beban. Biasanya laporan ini akan disusun menjelang akhir periode, misalkan saja akhir tahun sesuai ketentuan perusahaan manufaktur tersebut.

Laporan laba rugi seperti ini juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi mengenai pengelolaan keuangan dalam perusahaan. Berikutnya, keputusan atau kebijakan perusahaan juga bisa tergantung dari hasil evaluasi laporan terkait laba rugi.

Perlu diperhatikan bahwa kesalahan dalam laporan keuangan, terutama laporan laba rugi bisa berakibat fatal. Hal ini bisa mempengaruhi perusahaan dalam waktu yang akan datang dan bisa saja membuat keputusan yang salah.

Karena itu, menulis laporan laba rugi di suatu perusahaan manufaktur harus dilakukan secara berhati-hati. Sebab kesalahan kecil saja akan berdampak besar bagi perusahaan tersebut.

Macam Akun di Laporan Laba Rugi

Macam Akun di Laporan Laba Rugi
Macam Akun di Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi perusahaan manufaktur memiliki beberapa akun yang digunakan di dalamnya. Berikut merupakan macam akun yang terdapat pada laporan laba rugi, antara lain adalah sebagai berikut.

TRENDING NOW:  Hukum dan Peran Dewan Pengawas Syariah

1. Pendapatan

Pendapatan yaitu adalah total aktiva yang masuk ke dalam suatu perusahaan dalam periode tertentu. Biasanya berisikan pernah pendapatan utama dari produk atau jasa, juga pendapatan bunga dan juga sewa.

2. Penghasilan

Penghasilan tidak sama dengan pendapatan, namun masih banyak orang keliru membedakannya. Penghasilan adalah pendapatan setelah semua dikurangi oleh biaya operasional perusahaan.

3. Laba

Laba adalah keuntungan yang didapatkan jika beban tidak lebih dari jumlah pendapatan. Biasanya laba dibagi menjadi tiga yaitu laba bersih, laba kotor, dan juga laba sebelum pajak.  Makin tinggi laba maka menandakan bahwa kebijakan perusahaan dalam pengelolaan uang sudah tepat. Selain itu laba adalah salah satu hal yang dilihat oleh investor.

TRENDING NOW:  Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur Serta Manfaatnya

4. Rugi

Rugi dalam akun laporan laba rugi berarti jumlah kerugian yang dialami oleh suatu perusahaan. Hal ini terjadi saat beban lebih besar daripada pendapatan.  Apabila suatu perusahaan mengalami kerugian, itu berarti kebijakan mereka masih belum tepat. Perlu berhati-hati sebab jika terus merugi maka perusahaan tersebut kemungkinan bisa bangkrut.

5. Beban

Beban dalam laporan laba rugi adalah semua jumlah beban di suatu perusahaan. Misalnya saja beban operasional maupun non-operasional, lalu pembayaran utang dan sebagainya.

6. Biaya Produksi

Biaya produksi atau harga perolehan merupakan akun kas yang keluar. Misalnya saja membeli bahan baku untuk produksi.

Fungsi Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Fungsi Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur
Fungsi Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Berikut adalah beberapa manfaat atau fungsi dari pembuatan laporan laba rugi perusahaan manufaktur. Rinciannya seperti di bawah ini.

1. Pelaporan Keuangan

Suatu perusahaan memerlukan laporan keuangan, salah satunya adalah laporan laba rugi. Laporan ini kemudian nantinya bisa dijadikan acuan atau dasar meningkatkan strategi pendapatan di periode selanjutnya.

2. Indikator Kesehatan Keuangan

Laporan laba rugi perusahaan manufaktur memerlukan suatu indikator akan kesehatan keuangan perusahaan mereka. Dengan adanya laporan laba rugi, maka bisa diketahui apakah pengelolaan keuangan dalam perusahaan tersebut baik atau tidak.

TRENDING NOW:  Tujuan Perusahaan, Bagaimana Mengolah Tujuan Dengan Terukur dan Kompeten

3. Menunjukkan Performa

Performa perusahaan ditentukan dari laporan keuangan yang ada, khususnya laporan laba rugi. Biasanya hal ini cukup berdampak pada penjualan saham perusahaan publik.

4. Data Pembanding

Laporan laba rugi bertujuan untuk mengetahui apakah biaya produksi sudah sepadan dengan hasil pendapatan perusahaan. Jika belum, maka laporan laba rugi dapat digunakan sebagai pertimbangan perubahan penyusunan strategi di waktu mendatang.

Kesimpulan

Laporan laba rugi diperlukan oleh tiap perusahaan, termasuk yang bergerak di bidang manufaktur. Banyak sekali fungsi dan manfaat yang didapatkan dari pembuatan laporan ini. Yakni untuk mengetahui pendapatan dan juga melihat keuntungan maupun kerugian dalam hal tertentu. Nantinya tentu dapat digunakan sebagai acuan untuk mengubah pengelolaan keuangan menjadi lebih baik ke depannya.

Selain itu, terdapat banyak akun dalam laporan laba rugi perusahaan manufaktur yang perlu diperhatikan. Misalnya saja pendapatan dan penghasilan yang sekilas terlihat mirip tapi sebenarnya tidak. Pembuatan laporan keuangan, khususnya laporan laba rugi perusahaan manufaktur juga memerlukan ketelitian. Sebab jika tidak, maka dapat membuat perusahaan mengambil langkah dan keputusan yang salah.

You May Also Like

Contoh Permintaan Efektif dan Absolute, Serta Hal yang Mempengaruhinya

Saham Milenial – Contoh permintaan efektif dan absolute mungkin sudah banyak ditemui.…

Laporan Ekuitas Pemilik: Uraian, Unsur-Unsur dan Contoh Lengkap

Saham Milenial – Laporan ekuitas pemilik adalah catatan keuangan yang disusun oleh…

Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur Serta Manfaatnya

Saham Milenial – Laporan keuangan perusahaan manufaktur adalah informasi tertulis yang menerangkan…

Begini Cara Pembuatan Kartu Paypal, Beserta Jenis dan Perbedaannya

Saham Milenial – Bagi Anda yang kerap melakukan transaksi dengan skala internasional,…