Sabtu, Juli 24, 2021

Bagaimana Definisi Return Saham Menurut Para Ahli?

Saham Milenial – Bagi Anda yang bergerak di bidang investasi pasti sudah mengetahui bahwa banyak definisi yang diutarakan mengenai return saham menurut para ahli. Meskipun masing-masing orang menyampaikan definisinya dengan cara dan bahasa yang berbeda, tapi setiap inti yang dimaksud memiliki makna yang sama.

Dimana return saham ini seringkali dibutuhkan oleh investor selama menjalankan investasi. Jika Anda sebagai investor belum paham soal return, maka akan membuat Anda sedikit kesulitan dalam menjalankan investasi.

Karena yang dibutuhkan tidak hanya soal bisa dan cermat dalam bermain saham. Melainkan juga soal semua istilah yang ada pada bidang investasi.  Agar Anda bisa mengetahui bagaimana definisi return saham menurut para ahli, maka Anda dapat menyimak penjelasan singkat berikut.

Sekilas Seputar Return Saham Menurut Para Ahli

Sekilas Seputar Return Saham Menurut Para Ahli
Sekilas Seputar Return Saham Menurut Para Ahli (Sumber: unsplash)

Terdapat banyak pengertian return saham menurut para ahli, yang disampaikan berdasarkan pandangan masing-masing orang. Seperti yang disampaikan oleh Brigham et al yang mengatakan bahwa return digunakan ketika mengukur hasil keuangan investasi pada suatu perusahaan yang Anda beli sahamnya.

Ada juga definisi dari Corrado dan Jodan yang menyatakan bahwa return saham merupakan profit yang didapatkan dari saham yang dimiliki oleh investor atas investasinya yang berupa deviden serta capital gain/loss. Dilihat dari keuda definisi itu saja kita dapat menarik kesimpulan bahwa return sudah terhitung bahwa selisih harga yang sekarang relatif pada harga yang sebelumnya.

Selain kedua definisi tersebut, masih banyak lagi definisi menurut para ahli lainnya yang membahas soal return saham. Perlu Anda ketahui bahwa return saham dibagi menjadi dua golongan, yaitu return saham sesungguhnya dengan return ekspektasi.

Maksud dari return sesungguhnya adalah yang sudah dihitung dari selisih harga yang relatif terhadap harga sebelumnya. Sedangkan untuk return ekspektasi adalah return yang didapatkan dari investor pada masa mendatang.

Berdasarkan bentuknya, return memiliki dua komponen yaitu current income yang berupa keuntungan dari pembayaran yang bersifat periodik yang terdiri dari dividen sebagai hasilnya.. Return yang kedua adalah capital gain yang berupa keuntungan dari selisih antara harga jual dengan harga beli saham.

Jenis-Jenis Return Saham

Jenis-Jenis Return Saham
Jenis-Jenis Return Saham (Sumber: google)

Tidak sedikit calon investor maupun investor pemula yang belum begitu paham soal return saham menurut para ahli. Nah, ulasan ini akan sangat membantu termasuk menjelaskan beberapa jenis return saham/imbal hasil yang merupakan istilah paling familiar di kalangan investor. Berikut beberapa jenis return saham yang harus Anda ketahui.

1. Imbal Hasil Historis (Historical Return)

Imbal hasil satu ini adalah tingkat pembelian dari hasil investasi yang cara penghitungannya berdasarkan data historis harga instrumen pada tahun lalu. Penghitungan ini sangat penting karena menjadi salah satu pengukuran kinerja saham yang akan terhitung di masa mendatang.

2. Imbal Hasil Ekspektasi (Expected Return)

Return ini banyak diharapkan oleh para investor untuk untuk  di masa yang akan mendatang. Pada imbal hasil satu ini, terdapat dua komponen menghitung yaitu capital gain dan deviden. Perhitungan ini juga memperhitungkan simulasi dengan keadaan yang berbeda-beda.

3. Imbal Hasil yang Diisyaratkan (Required Rate Of Return)

Imbalan ini adalah return minimum, dimana investor langsung yang mengisyaratkan. Return satu ini dapat dihitung menggunakan banyak macam metode alternatif. Anda hanya perlu memilih salah satunya sehingga dapat membantu Anda mendapatkan imbal hasil yang maksimal.

4. Imbal Hasil Riil (Real Return)

Real return merupakan imbalan hasil sebuah investasi sesuai dengan tingkat inflasi dengan hitungan yang mengkompensasi nilai waktu uang selama menjalankan investasi. Selain itu return ini juga mengkompensasi ekspektasi inflasi yang terjadi serta resiko yang ada pada investasi tersebut.

Komponen Return Saham

Selain soal definisi dan jenis, terdapat beberapa poin penting mengenai komponen yang tak kalah pentingnya dalam dunia investasi, antara lain sebagai berikut:

  • Capital Gain yang merupakan kenaikan dari harga saham yang dampaknya dapat menguntungkan para investor atau pembeli saham.
  • Capital Loss merupakan antonim dari capital gain dimana maksudnya adalah penurunan harga saham yang menimbulkan dampak merugikan para investor. Komponen satu inilah yang wajib Anda hindari dengan cara yang tepat.
  • Yield merupakan komponen imbal baik yang tugasnya merefleksikan aliran pendapatan pada periode tertentu ketika Anda menjalankan investasi saham.

Dari ketiga komponen tersebut bisa menjadi penambahan informasi dan wawasan dalam hal investor terhadap tempat tempat pembelian saham.

Perbedaan Return Saham dengan Harga Saham

Setelah Anda mengetahui definisi return saham menurut para ahli, maka secara otomatis investor juga dituntut untuk mengetahui perbedaan antara return saham dengan harga saham. Karena, sebagian besar orang masih menganggap bahwa kedua istilah tersebut sama. Hal inilah yang seringkali membuat banyak orang salah paham dalam proses investasi.

No Perbedaan Return Saham Harga Saham
1. Pengertian Selisih harga jual saham Harga yang ditetapkan kepada suatu perusahaan
2. Nilai Nilai tetap Selalu berubah
3. Kontrol Naik Turunnya Nilai Tergantung pada positif dan negatifnya Dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran
4. Hal yang Ditentukan Keuntungan yang diterima oleh investor Kekayaan pemegang saham

 

Itulah perbedaan antara return saham dan harga saham yang wajib Anda ketahui. Dengan bisa membedakan keduanya akan membantu Anda lebih paham tentang return saham menurut para ahli dan dapat memahami garis besar dari definisinya yang berbeda-beda. Jadi, Anda bisa cepat menjadi investor yang handal dan sukses.

PILIHAN EDITOR

Bagaimana Cara Beli Saham di Ipotgo? Berikut Detailnya

Saham Milenial - Agar bisa bertransaksi saham melalui Ipotgo, Anda tentu harus memahami mengenai cara beli saham di Ipotgo. Tanpa modal yang besar di...

Rekomendasi Saham Untuk Jangka Panjang dan Prospek Profitnya

Saham Milenial - Rekomendasi saham untuk jangka panjang dapat digunakan sebagai pertimbangan yang benar sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi. Karena investasi Efek itu bersifat...

Contoh Notulen Rapat Umum Pemegang Saham

Saham Milenial - Membahas mengenai contoh notulen Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tentu tidak bisa dilepaskan dari UUPT, yaitu UU No 20 Tahun 2007....

Inilah Reksadana Saham Terbaik 5 Tahun Terakhir

Saham Milenial - Daftar mengenai reksadana saham terbaik 5 tahun terakhir akan memberikan Anda pertimbangan yang matang terkait reksadana. Dalam artikel ini akan dibahas...