Minggu, September 20, 2020

Apa Itu Pengembangan Pasar dan Strategi Jitu Menaikkan Penjualan

Saham Milenial – Apa itu pengembangan pasar? Pengembangan pasar adalah suatu tindakan yang diambil perusahaan untuk meningkatkan penjualan berdasarkan jumlah barang yang diproduksi. Kegiatan ini menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka menaikkan jumlah keuntungan melalui tingkat penjualan.

Pengembangan pasar merupakan bagian dari pertumbuhan intensif yang juga terdiri atas penetrasi pasar dan pengembangan produk. Keputusan pengembangan pasar yang diambil tidak akan mengubah sistem penjualan maupun pemasaran.

Upaya ini hanya menggerakkan strategi untuk meningkatkan kegiatan penjualan. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil maksimal dari keseluruhan barang yang diproduksi. Langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai bentuk dari pengembangan pasar diantaranya seperti perluasan regional, nasional bahkan internasional.

Membuka lebih banyak cabang atau memasarkan produk ke lebih banyak konsumen. Atau dengan membuat versi produk baru yang berbeda, varian baru atau model produk baru. Perusahaan juga dapat mencoba cara potensial lain seperti menambahkan fitur baru pada produk, pelayanan yang lebih baik serta keunggulan baru yang dapat menarik minat pasar lebih tinggi.

Selain pengembangan pasar yang tergolong pada jenis pertumbuhan intensif, ada pula pertumbuhan integratif yang dilakukan dengan cara integrasi kedepan, integrasi ke belakang dan integrasi horizontal. Dalam kesempatan ini, uraian akan mengarah pada pengembangan pasar dan strategi khusus untuk melancarkan kegiatan tersebut.

Sejauh ini, apa itu pengembangan pasar dapat diartikan sebagai usaha meningkatkan penjualan. Lantas bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

Strategi Melakukan Pengembangan Pasar yang Ampuh Tembus Target

Jika hasil penjualan anda tengah stuck pada angka yang rendah, tentu hal ini membuat pusing kepala. Grafik penjualan yang landai tanpa ada kenaikan signifikan akan membuat mendidih kepala. Belum lagi jika harus mengalami penurunan penjualan entah karena keadaan sosial atau pengaruh stock bahan. Coba pertimbangkan dan lakukan strategi berikut.

1. Memaksimalkan Teknologi Digital Sebagai Media Iklan dan Pemasaran

Beruntungnya kaum milenial saat ini adalah karena hidup bersamaan dengan nafas digital. Dimana semua komponen dalam kehidupan nyaris tak terlepas dari peran penting teknologi ini. Hadir untuk menjadi solusi bagi banyak permasalahan umat manusia di muka bumi ini, teknologi digital dapat digunakan untuk beragam aktivitas maupun bisnis. Salah satunya melakukan pemasaran dan memasang iklan melalui platform, website dan akun sosial media.

Memaksimalkan Teknologi Digital Sebagai Media Iklan dan Pemasaran
Memaksimalkan Teknologi Digital Sebagai Media Iklan dan Pemasaran (Sumber: mutiarapujiastuti)

Modern ini, seluruh entitas perusahaan terkemuka telah memiliki akun sosial media resmi selain email dan website. Hal tersebut seperti instagram, twitter, facebook bahkan aplikasi pesan Whatsapp. Metode dilakukan agar perusahaan semakin dekat dengan konsumen serta lebih peka terhadap kebutuhan dan permintaan pasar, mengingat seluruh masyarakat sudah populer dengan kegiatan di dunia maya dalam kesehariannya. Melalui akun sosial media, konsumen dapat melihat lebih banyak aktivitas perusahaan dan akan mendapat informasi terkini terutama mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Menentukan Harga Ideal Berdasarkan Survei dan Pengumpulan Data Harga di Pasaran

Satu poin yang selamanya menjadi pertimbangan banyak konsumen adalah harga. Menentukan harga terbaik merupakan strategi penting untuk menjaring lebih banyak konsumen hingga akhirnya terjadi transaksi.

Harga terbaik yang dimaksud adalah standar yang paling ideal berdasarkan kondisi ekonomi sekitar, kebutuhan pangsa pasar, harga bahan sebagai modal dan keuntungan yang didapat. Semua harus terkomposisi dengan proporsi yang sesuai agar konsumen puas dan kembali untuk membeli, namun perusahaan tidak merugi.

Konsumen biasanya akan melakukan survei atau mencari informasi mengenai harga terbaik dengan kualitas produk atau jasa yang recomended, maka sebagai strategi pengembangan pasar, penting untuk mematok harga yang paling ideal agar para konsumen berdatangan, pun dengan laba yang mengalir.

3. Memahami Persaingan Pasar

Dalam dunia bisnis persaingan adalah hal yang sangat wajar, karena semua pelaku usaha bergerak untuk mencapai hasil yang diharapkan. Sebagai pengusaha, Anda harus memahami persaingan pasar yang terjadi, maksudnya adalah para perusahaan yang bergerak di bidang yang sama.

Bagaimana dengan sistem penjualan mereka, varian produk, fasilitas, layanan dan lain sebagainya yang dapat mendongkrak penjualan. Mempelajari hal tersebut sah-sah saja selama dalam batas yang wajar dimana memang informasi suatu perusahaan dapat diketahui oleh publik.

Dengan memahami persaingan pasar, maka Anda dapat mengatur strategi atau langkah jitu demi menggerakkan penjualan yang tinggi. Berdasarkan pengamatan persaingan pasar yang terjadi, Anda bisa mengetahui apa yang sedang diburu konsumen dan apa yang paling menarik bagi konsumen.

Namun penting untuk diingat bahwa dalam berbisnis semua pihak wajib menjaga persaingan agar tetap sehat. Artinya tidak ada tindakan yang saling merugikan antar sesama, serta tetap kompetitif dan sportif dalam persaingan.

4. Membuat Inovasi Varian Produk Baru atau Upgrade Layanan

Manusia adalah makhluk yang cenderung bosan dengan sesuatu yang monoton. Masyarakat kerap menuntut inovasi dan kreasi yang menggugah. Meskipun menjaga orisinalitas memang diutamakan, namun membuat inovasi varian baru akan memberi warna yang lebih memikat.

Dengan tetap menjaga produk original lama, perusahaan bisa meningkatkan penjualan melalui produk-produk pendatang yang telah diformulasikan dengan baik, tanpa mengesampingkan produk lama sebagai ikon perusahaan.

Dengan menerapkan strategi ini, maka pelanggan lama tidak akan jenuh dan lebih sering melakukan transaksi. Sedangkan pelanggan baru akan datang menghampiri karena terpikat unit-unit baru yang menggoda.

Membuat Inovasi Varian Produk Baru atau Upgrade Layanan
Membuat Inovasi Varian Produk Baru atau Upgrade Layanan (Sumber: dictio)

Strategi ampuh ini terbukti banyak diterapkan oleh emiten ternama bahkan sekelas internasional. Konsumen cenderung tertarik pada inovasi dan gebrakan baru yang dilakukan pelaku usaha secara berkala. Bahkan mereka yang antusias akan senantiasa menunggu produk baru yang akan Anda rilis pada periode berikutnya.

5. Perluasan Market Regional dan Nasional

Perkasa hanya di satu wilayah rasanya kurang sempurna. Penjualan pun hanya akan menghasilkan dari daerah situ-situ saja. Namun jika perusahaan mengambil keputusan untuk memperluas penjualan, maka peluang peningkatan konsumen pun terbuka lebar.

Lonjakan penjualan pun dipastikan akan berbuah laba yang menggiurkan. Perluasan penjualan dapat dilakukan baik di dalam wilayah kota, luar kota, seluruh nusantara bahkan sampai mancanegara.

Dengan lebih banyak orang yang mengenal, maka lebih besar pula permintaan dan penjualan yang dapat dicapai oleh perusahaan. Perluasan market ini dapat berupa pembangunan kantor cabang, outlet, atau distribusi yang menjangkau luar daerah, luar kota dan luar negara.

Dari uraian di atas, Anda dapat menyimpulkan apa itu perkembangan pasar sebagai bagian dari pertumbuhan intensif yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Untuk meraih target penjualan yang tinggi pelaku usaha harus merealisasikan strategi terpercaya berdasarkan analisa pasar yang tepat. Seperti memanfaatkan era digital, menentukan harga ideal, memahami persaingan pasar, membuat inovasi varian produk dan memperluas market regional dan nasional.

Apabila perusahaan Anda dalam proses pengembangan, dalam usaha mencapai target yang lebih tinggi atau sedang mengalami penurunan penjualan, maka metode tindakan pengembangan pasar patut segera dilakukan sebagai strategi jitu untuk perusahaan anda.

PILIHAN EDITOR

Apa Itu Pengembangan Pasar dan Strategi Jitu Menaikkan Penjualan

Saham Milenial - Apa itu pengembangan pasar? Pengembangan pasar adalah suatu tindakan yang diambil perusahaan untuk meningkatkan penjualan berdasarkan jumlah barang yang diproduksi. Kegiatan...

Satuan Saham di Indonesia dan Perubahan Jumlah Lembar Per Lot

Saham Milenial - Satuan saham adalah hitungan per lot untuk setiap transaksi pembelian maupun penjualan saham. Sedangkan volume per lotnya berisi 100 lembar saham...

Cara Bermain Saham di Android Memudahkan Para Trader Untuk Mengoperasikannya

Cara bermain saham di Android menjadi pilihan yang mulai banyak diminati para pebisnis trading. Metode ini sangat memudahkan gerak para trader yang mobile. Fungsi...

Sudah Siap Dapat Untung dari Trading Saham Harian? Siapapun Bisa Mempelajarinya

Saham Milenial - Trading saham harian adalah kegiatan perdagangan saham yang dilakukan setiap hari oleh pihak yang disebut trader, dengan terus memantau pergerakan harganya....