Rabu, Juni 23, 2021

1 Lot Saham Berapa Lembar? Ternyata Ini Jawabannya

Saham Milenial – Dalam dunia investasi, seorang investor dituntut untuk mengetahui tentang istilah lot termasuk harus bisa menjawab pertanyaan seperti 1 lot saham berapa lembar? Tak bisa dipungkiri bahwa memang masih banyak orang yang belum tahu dan bahkan tidak bisa menjawab pertanyaan semacam ini. Hal ini wajib diketahui karena dalam pembelian saham seorang investor akan lebih sering mendengar istilah ‘lot’ ketika melakukan transaksi.

Maka dari itu, sebelum masuk dunia investasi banyak hal yang wajib Anda pelajari dan pahami termasuk mengetahui perihal pertanyaan dalam pembelian saham. Nah, maka dari itu agar Anda bisa menjawab pertanyaan semacam 1 lot saham berapa lembar? Anda  dapat menyimak penjelasan singkat berikut.

Apakah Pengertian Lot Itu?

Apakah Pengertian Lot Itu
Apakah Pengertian Lot Itu (Sumber: pbs)

Mungkin jika Anda adalah salah satu investor pemula masih merasa asing dengan istilah lot. Lot adalah bentuk satuan yang resmi dimana menjadi salah satu hasil istilah yang ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahap transaksi. Sebagai istilah dasar, tentu Anda harus mengenal dan familiar dengan kata ‘lot’ terutama dalam dunia stock.

Dalam masalah investasi saham, seorang investor memiliki batas minimum menjual dan membeli stock sebanyak 1 slot. Dalam kata ‘lot’ ini, Anda bisa memaknai dengan hitungan lembar atau satuan uang. Jika nanti Anda sudah benar-benar paham maka secara otomatis akan dengan mudah membedakan mana waktu Anda harus memakai makna lembar dan mana yang harus dimaknai dengan satuan uang. Jangan sampai Anda menganggap keduanya sama saja, itulah mengapa membutuhkan pemahaman selama menjalankan investasi.

Ketetapan jumlah saham ini sudah ditetapkan sejak tahun 2014, dimana sebelumnya memiliki nilai lebih rendah dibandingkan ketetapan terbaru. Jadi fungsi dari lot ini adalah jumlah sedikit banyaknya lot dalam proses transaksi dapat mempengaruhi loss dan profit. Tentu semua investor ingin jika perjalanan sahamnya mendapatkan hasil profit.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin memberikan hasil menguntungkan investor harus tahu dan paham soal 1 lot saham berapa lembar. Dengan begitu Anda bisa membuat perkiraan harga saham berapa yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan banyak hasil dan mendapatkan untung.

Siapa Saja Bisa Berinvestasi

Siapa Saja Bisa Berinvestasi
Siapa Saja Bisa Berinvestasi (Sumber: unsplash)

Jika Anda bertanya siapa sih yang bisa menjalankan investasi alias menjadi seorang investor? Siapapun bisa memiliki kesempatan menjadi seorang investor asalkan benar-benar paham mengenai dunia investasi. Mulai dari istilah hingga sistem kerja dari investasi itu sendiri sehingga tidak sampai mengalami kerugian yang terlalu besar.

Apabila Anda adalah salah satu orang yang beranggapan bahwa hanya orang-orang tertentu saja yang bisa berinvestasi, maka hal tersebut salah besar. Karena, seiring berkembangnya teknologi semakin mudah siapapun mengakses dan menggali informasi mengenai saham. Hal ini tentu membuat siapapun dari setiap kalangan bisa berinvestasi.

Hanya saja ada beberapa syarat ringan yang harus dipenuhi sebelum menjadi seorang investor. Beberapa syarat tersebut adalah memiliki rekening pribadi, usia minimal 17 tahun, serta memiliki dana yang bisa digunakan untuk investasikan sesuai dengan nominal minimal dari jenis saham yang dipilih.

Tapi, perlu Anda ketahui agar investasi bisa berjalan dengan baik Anda harus menggunakan biaya yang di luar kebutuhan sehari-hari. Karena untuk mengembalikan modal dan mendapatkan keuntungan membutuhkan proses. Jadi, jangan sampai Anda menggunakan dana penting untuk dijadikan modal.

Salah satu informasi yang penting untuk Anda dapatkan adalah mengetahui 1 lot saham berapa lembar. Karena dengan mengetahui hal ini secara otomatis Anda tidak sampai membutuhkan dana dadakan hanya karena modal yang telah disiapkan tidak mencukupi.

Jadi, 1 Lot Saham Berapa Lembar?

Agar Anda lebih mudah memahami 1 lot saham berapa lembar, maka perlu Anda ketahui bahwa jumlah ini sudah ditetapkan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Dimana pada tahun 2011 1 lot saham sama dengan 500 lembar saham. Tapi, pada tahun 2014 ketetapan tersebut diganti, 1 lot saham itu sama dengan 100 lembar saham. Dari jumlah yang sudah ditetapkan itu sudah berlaku kelipatan sehingga bisa dengan mudah dihitung. Ketika Anda sudah mengetahui hal ini, maka secara otomatis sudah mempersiapkan modal sebelum membeli saham untuk investasi.

Tapi, Anda harus stay pada informasi mengenai investasi agar tidak sampai terjadi kesalahan. Apalagi jika suatu saat ada perubahan ketetapan nominal Anda tidak sampai ketinggalan.

10 Daftar Saham yang Tercatat di IDX

Setelah Anda sudah mengetahui jumlah 1 lot saham berapa lembar, maka selanjutnya Anda harus mengetahui saham mana saja yang tercatat di IDX. Dengan ada daftarnya perusahaan ini, memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan setiap menjalankan investasi.

 

No Kode Perusahaan Nama Tanggal Pencatatan Saham Papan Pencatatan
1. AALI Astra Agro Lestari Tbk. 09 Desember 1997 1.924.688.333 Utama
2. ABBA Mahaka Media Tbk. 03 April 2002 2.755.125.000 Pengembangan
3. ABDA Asuransi Bina Dana Arta Tbk. 06 Juli 1989 620.806.680 Pengembangan
4. ABMM ABM Investama Tbk. 06 Desember 2011 2.753.165.000 Utama
5. ACES Ace Hardware Indonesia Tbk. 06 November 2007 17.150.000.000 Utama
6. ACST Acset Indonusa Tbk. 24 Juni 2013 6.425.160.000 Utama
7. ADES Akasha Wira International Tbk. 13 Juni 1994 589.896.800 Pengembangan
8. ADHI Adhi Karya (Persero) Tbk. 18 Maret 2004 3.560.849.376 Utama
9. ADMF Adira Dinamika Multi Finance Tbk. 31 Maret 2004 1.000.000.000 Utama
10. ADMG Polychem Indonesia Tbk. 20 Oktober 1993 3.889.179.559 Utama

Itulah pembahasan yang penting bagi Anda, investor atau pemilik saham. Selamat mencoba untuk mendapat keuntungan lebih dari saham.

PILIHAN EDITOR

Bagaimana Cara Beli Saham di Ipotgo? Berikut Detailnya

Saham Milenial - Agar bisa bertransaksi saham melalui Ipotgo, Anda tentu harus memahami mengenai cara beli saham di Ipotgo. Tanpa modal yang besar di...

Rekomendasi Saham Untuk Jangka Panjang dan Prospek Profitnya

Saham Milenial - Rekomendasi saham untuk jangka panjang dapat digunakan sebagai pertimbangan yang benar sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi. Karena investasi Efek itu bersifat...

Contoh Notulen Rapat Umum Pemegang Saham

Saham Milenial - Membahas mengenai contoh notulen Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tentu tidak bisa dilepaskan dari UUPT, yaitu UU No 20 Tahun 2007....

Inilah Reksadana Saham Terbaik 5 Tahun Terakhir

Saham Milenial - Daftar mengenai reksadana saham terbaik 5 tahun terakhir akan memberikan Anda pertimbangan yang matang terkait reksadana. Dalam artikel ini akan dibahas...