Tahapan dan Cara Klaim Asuransi Mobil

Saham Milenial – Anda sebagai pemilik mobil tentunya tidak ingin jika mobil Anda di rumah mengalami kecelakaan ataupun rusak. Karena itulah, disini penting untuk memiliki asuransi mobil serta tahu mengenai bagaimana cara klaim asuransi mobil.

Karena memang tidak semua orang mengetahui bagaimana cara klaim asuransi tersebut. Maka dari itu, berikut ini akan di berikan tahapan serta penjelasannya untuk bisa memudahkan Anda dalam melakukan klaim.

Apa Saja Tahapan Cara Klaim Asuransi Mobil?

  1. Melapor Pada Pihak Asuransi

Langkah pertama ketika Anda di sini ingin melakukan pengajuan klaim pada mobil yang lecet, maka Anda perlu melaporkan hal tersebut lebih dulu kepada pihak asuransi. Jika disini mobil Anda mengalami lecet, maka segera hubungi mereka melalui telepon.

Atau Anda juga bisa membuat sebuah laporan yang berisikan keterangan tentang mobil Anda yang lecet tersebut. Berikutnya di sini Anda dokumentasikan mobil serta lampirkan dalam proses pengajuan klaim yang Anda buat.

Setelah Anda memperoleh laporan maka nantinya pihak asuransi akan mulai menyiapkan pengajuan serta menunggu Anda untuk membawa dokumen. Nantinya Anda perlu membawa dokumen yang diperlukan sebagai salah satu cara untuk cara klaim asuransi mobil.

  1. Lampirkan Bukti

Ketika di sini Anda ingin melakukan pengajuan klaim maka Anda harus melampirkan bukti. Jangan lupa untuk Anda memotret bagian mobil yang rusak ataupun lecet tersebut.

Foto itulah nantinya yang akan menjadi bukti ketika Anda akan lapor sekaligus. Selain itu juga bukti tersebut akan dijadikan lampiran ketika mengajukan berkas persyaratan pengajuan klaim.

Jangan lupa di sini Anda harus memberikan informasi secara benar dan jujur terkait bagaimana kronologi kejadian. Terangkan secara runut peristiwa, hingga akhirnya mobil Anda bisa lecet atau mengalami kerusakan supaya klaim mudah diterima.

  1. Siapkan Dokumen
TRENDING NOW:  Berikut Daftar dan Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah

Setelah di sini membuat laporan serta mendokumentasikannya, maka cara klaim asuransi mobil berikutnya yaitu Anda perlu menyiapkan dokumen. Dokumen yang dibutuhkan meliputi dokumen fotocopy STNK, SIM, polis asuransi mobil, surat keterangan dan klaim asuransi.

Surat keterangan tersebut merupakan keterangan dari pihak kepolisian yang menyatakan bahwa mobil milik Anda lecet karena disebabkan kecelakaan. Siapkan semua dokumen tersebut dan bawalah ke kantor asuransi untuk melakukan pengajuan klaim.

  1. Isi Form Pengajuan

Setelah dokumen dipersiapkan, maka berikutnya Anda dapat melakukan pengajuan klaim asuransi. Syarat klaim asuransi mobil yang berikut ini memang tidak boleh Anda lewatkan.

Nantinya pihak asuransi akan mempersiapkan formulir pengajuan. Anda di sini hanya cukup mengisi formulir tersebut, baik itu dengan cara datang langsung ke kantor ataupun dengan online.

Banyak polis asuransi mobil yang saat ini telah menyediakan fasilitas berupa klaim yang bisa dilakukan secara digital. Hal itu tentunya akan memudahkan Anda sebagai pemilik polis asuransi.

Setelah nantinya formulir siap maka disini pihak asuransi pun akan mulai melakukan proses pengecekan. Proses pengecekan tersebut dilakukan pada kondisi mobil dan melihat kerusakan mobil.

Apa Pentingnya Memberikan Informasi yang Benar?

Apa Pentingnya Memberikan Informasi yang Benar
Apa Pentingnya Memberikan Informasi yang Benar (Sumber: gardaoto)
  1. Berikan Informasi dengan Benar

Guna memastikan apakah di sini Anda akan memperoleh klaim asuransi atau tidak, maka pihak asuransi akan bertanya mengenai kronologi. Penting bagi Anda untuk memberikan kronologi dengan runtut dan benar.

Hindari untuk mengarang cerita. Pihak asuransi nantinya akan melakukan proses pengecekan secara langsung ke bengkel rekanan mereka.

  1. Pantau Progres

Biasanya pihak asuransi nanti tidak akan langsung memutuskan apakah klaim Anda diterima atau ditolak. Oleh karena itu disini ada harus selalu rajin memantau proses perkembangan pengajuan klaim.

TRENDING NOW:  Berbasis Syariah! Inilah Asuransi Mobil Terbaik 2022

Proses pemantauan itu bisa dilakukan melalui aplikasi resmi milik mereka ataupun dengan cara menghubungi pihak CS untuk melakukan pengecekan status tersebut. Jika klaim asuransi mobil diterima maka Anda harus segala mendatangi bengkel rekanan.

  1. Gunakan Bengkel Rekanan

Cara klaim asuransi mobil hanya dapat dipakai di bengkel rekanan pihak asuransi. Jika proses klaim asuransi tersebut telah disetujui, maka Anda perlu mendatangi bengkel terdekat guna memperoleh perbaikan.

Bengkel nantinya akan melakukan perbaikan sesuai dengan klaim pihak asuransi. Jika terdapat bagian yang kurang disepakati, maka nantinya Anda akan diberi biaya tambahan.

Perlu untuk Anda ketahui, bahwasanya memang tidak semua cara klaim asuransi bisa diterima. Klaim tersebut hanya akan menerima jika pemohon melengkapi dokumen syarat yang diperlukan.

Jika kerusakan diakibatkan oleh kelalaian dari pihak pengemudi seperti mabuk ketika menyeti,  maka hal tersebut pasti akan ditolak. Atau hal yang lain seperti contohnya tidak memiliki SIM dan lain sebagainya.

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit
Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit (Sumber: autonesian)

Bagi Anda yang saat ini tengah memiliki cicilan mobil dan ingin mengetahui bagaimana cara melakukan klaim asuransi mobil kredit, maka berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Melaporkan Kerusakan

Sekalipun disini mobil masih berada dalam masa kredit tapi tidak menutup kemungkinan nantinya mobil mengalami rusak ataupun lecet. Disinilah manfaat adanya asuransi mobil bagi Anda.

Pemilik mobil kredit yang ingin melakukan pengajuan klaim harus segera melaporkan saat terjadi kerusakan terhadap pihak asuransi. Ceritakan pula kronologi kejadian sehingga mobil tersebut bisa mengalami kerusakan.

Jangan lupa pula untuk Anda mendokumentasikan bagian mobil yang lecet atau pun mengalami kerusakan. Supaya bisa dijadikan sebagai barang bukti untuk melakukan pengajuan klaim.

  1. Siapkan Dokumen

Langkah berikutnya yaitu Anda perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan sesuai dengan aturan dan syarat klaim asuransi mobil. Aturan tersebut tentunya berbeda-beda untuk tiap perusahaan asuransi.

TRENDING NOW:  Simulasi Asuransi Mobil dan Faktor yang Mempengaruhi Premi

Namun beberapa dokumen yang umumnya dibutuhkan dalam melakukan proses klaim asuransi mobil tersebut yaitu polis asuransi, fotocopy STNK, fotokopi SIM, serta surat keterangan dari polisi. Anda harus menyiapkan semua dokumen-dokumen tersebut.

  1. Ajukan Klaim

Oleh karena zaman yang makin canggih maka cara klaim asuransi mobil bisa dilakukan secara digital. Anda dapat melakukan prosesnya dengan mudah secara online.

Saat ini telah tersedia banyak sekali polis asuransi yang menyediakan cara klaim menggunakan aplikasi. Hal tersebut tentunya akan mempermudah proses pengajuan untuk ganti rugi kendaraan yang rusak.

Di sini nantinya Anda hanya perlu melakukan login ke aplikasi yang sudah disediakan. Kemudian Anda mengisi formulir dan jangan lupa pula bagi Anda untuk upload foto kerusakan untuk kendaraan sebagai bukti dalam pengajuan klaim.

Namun jika di sini proses pengajuan tersebut ditolak, maka tak ada salahnya untuk Anda datang langsung ke kantor cabang. Jangan lupa ketika Anda datang ke kantor asuransi tersebut dengan membawa dokumen sebagai prasyarat yang dibutuhkan.

  1. Pantau Progres

Setelah proses pengajuan tersebut berhasil, maka berikutnya Anda harus memantau progres pengajuan klaim. Disini Anda dapat melakukan pengecekan pengajuan melalui aplikasi yang tersedia oleh pihak asuransi.

Dengan cara tersebut nantinya Anda tidak perlu bolak-balik ke kantor untuk dapat mengetahui progres dari pengajuan klaim asuransi. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi.

Itulah tadi ulasan mengenai bagaimana cara klaim asuransi mobil yang bisa dilakukan. Anda perlu mengikuti tahapan yang telah diberikan di atas secara runtut supaya proses pengajuan klaim asuransi untuk mobil Anda yang rusak ataupun lecet bisa dengan mudah dilakukan.

You May Also Like

Simulasi Asuransi Mobil dan Faktor yang Mempengaruhi Premi

Saham Milenial – Sebenarnya, simulasi asuransi mobil merupakan segala macam prosedur untuk…

Berbasis Syariah! Inilah Asuransi Mobil Terbaik 2022

Saham Milenial – Asuransi mobil pada dasarnya bertujuan melindungi kendaraan dari kerusakan,…

Berikut Daftar dan Tips Memilih Asuransi Mobil Syariah

Saham Milenial – Asuransi mobil syariah merupakan produk yang menjamin risiko kerugian…

5+ Rekomendasi Agen Asuransi Mobil Terpercaya

Saham Milenial – Agen asuransi mobil adalah seseorang yang mewakili badan hukum…