Simak 8 Kisah Pengusaha Sukses di Indonesia, Biar Makin Semangat Merintis Bisnis

Saham Milenial – Pengusaha merupakan profesi yang berpeluang untuk memperoleh pendapatan tidak terbatas, selain itu, sudah banyak kisah pengusaha sukses di Indonesia. Namun, kesuksesan tersebut tidak diperoleh secara instan, agar semakin semangat merintis usaha, salah satunya dengan membaca kisah pengusaha sukses.

Kisah Pengusaha Indonesia Sukses dari Nol

Beberapa pengusaha Indonesia yang mengawali bisnisnya dari nol, sebagai berikut.    

1. Bob Sadino

Penampilan sederhana, bahkan nyentrik seolah menjadi identitas Bob Sadino, salah satu pengusaha sukses yang merintis bisnisnya dari nol. Walaupun, beliau sudah meninggal pada 2015 lalu, tetapi, kisah perjalanan bisnis, pria kelahiran Lampung, 9 Maret 1933 itu, menginspirasi.

Salah satu kisah pengusaha sukses di Indonesia bernama lengkap Bambang Mustari Sadino, mengalami jatuh bangun, sebelum mendulang kesuksesan besar. Sekitar sembilan tahun menjadi pegawai, Bob memutuskan beralih menjadi pengusaha.

Usaha pertama yang digelutinya adalah bisnis penyewaan mobil, bermodalkan satu mobil Mercedes, yang disupiri sendiri. Tetapi, bisnis itu berhenti di tengah jalan, setelah, Bob mengalami kecelakaan, ketika mengemudikan mobil yang disewakannya.

Selanjutnya, Bob beralih profesi menjadi buruh bangunan dengan upah harian, ketika menjadi kuli, beliau melihat peluang bisnis lain. Bisnis tersebut adalah ternak ayam dan telur ayam negeri, bermodal pinjaman tetangga, Bob memulai bisnis itu.

Usaha ini diawali oleh Bob dengan menawarkan dagangannya secara door to door, di wilayah sekitar tempat tinggalnya. Terutama ke ekspatriat di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Bisnis telurnya bisa dikatakan berbuah manis, Bob mengembangkan bisnisnya dengan menjual daging serta sayuran hidroponik.

TRENDING NOW:  Macam, Fungsi dan Rumus Rasio Aktivitas dalam Pengaplikasiannya

Sejumlah perusahaan yang dibangun Bob Sadino seperti PT Boga Catur Rata, PT Kem Farm, PT Kem Foods. Bahkan, beliau juga diketahui sebagai pemilik The Mansion at Kemang.

2. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti

Perempuan kelahiran tahun 1965 ini, pernah menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan RI, dan dikenal sebagai sosok wanita yang nyentrik. Susi Pudjiastuti dikenal sebagai pengusaha di bidang perikanan dan maskapai penerbangan, ternyata lahir dari keluarga sederhana.

Susi memutuskan tidak melanjutkan pendidikannya ketika masih berada di bangku kelas 2 SMA. Selain ingin fokus berbisnis, Susi merasa tidak cocok dengan sistem pendidikan formal.

Kisah pengusaha sukses di Indonesia ini, dimulai dengan menjadi pedagang pakaian dan bed cover. Namun, Susi melihat potensi wilayah tempat tinggalnya yaitu Pangandaran, sebagai penghasil ikan. Peluang bisnis tersebut dimanfaatkan Susi, dan beralih ke usaha perikanan.

Hasil menjual perhiasannya sebesar Rp750 ribu dijadikannya modal, Susi membeli ikan di tempat pelelangan, kemudian dipasarkan ke sejumlah restoran. Meskipun sempat tersendat, namun, bisnisnya berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran. Bahkan, bisnisnya merambah ke ekspor ikan dan lobster.

Untuk mengatasi permasalahan pengiriman ikan yang lamban, dari darat maupun laut. Susi memutuskan membeli pesawat dari pinjaman bank, untuk mengangkut produk lautnya. Hingga akhirnya berkembang menjadi armada maskapai penerbangan bernama Susi Air, yang melayani rute pedalaman dan carter.

3. Ali Muharam

Bagi Anda yang gemar ngemil, jajanan gurih dengan merek “Makaroni Ngehe” mungkin tidak asing lagi. Sosok di balik kesuksesan Makaroni Ngehe yaitu Ali Muharam, pengusaha muda asal Tasikmalaya, yang pernah berprofesi sebagai office boy.

Bahkan, Ali juga pernah bekerja pada sebuah kantin bank di Jakarta. Dalam memulai usahanya, Ali meminjam modal sebesar Rp20 juta dari temannya. Untuk merintis usaha makaroni pedas menggunakan gerobak di daerah Jakarta Barat.

TRENDING NOW:  Mau Coba Investasi? Ketahui Pengertian Sukuk Syariah

Delapan bulan ia menabung dari usahanya itu, Ali berhasil mengembangkan usahanya, yang kini dikenal sebagai Makaroni Ngehe. Bahkan, pengusaha muda ini pernah meraih omset hingga Rp3 miliar.

4. Hamzah Izzulhaq

Pemuda yang lahir tahun 1993 ini sudah menunjukkan minat bisnisnya sejak kecil, mulai dari berjualan kelereng hingga koran. Kisah sukses pengusaha di Indonesia datang dari Hamzah yang pernah menjadi tukang parkir dan ojek payung.

Kala itu, Hamzah masih duduk di bangku SMA dan tengah mengikuti seminar bisnis pelajar. Kemudian, ada yang menawarinya usaha waralaba bimbingan belajar. Waralaba itu ditawarkan oleh seorang pemuda yang usianya terbilang masih muda, tetapi, sudah mempunyai bimbingan belajar sebanyak 44 cabang.

Bermodalkan uang Rp5 juta dan meminjam Rp70 juta dari ayahnya, Hamzah membeli salah satu cabang bimbingan belajar itu. Cabang yang diambil alih Hamzah, ditawarkan seharga Rp175 juta, sisanya Rp100 juta dibayar dengan cicil, dari keuntungan setiap semester.

Usahanya pun berkembang, bahkan, usaha bimbelnya dikatakan sudah mempunyai lima cabang. Bahkan, Hamzah juga berkecimpung dalam bisnis lainnya, seperti sofabed hingga properti.

5. Atina Maulina

Atina Maulina
Atina Maulina

Kisah pengusaha sukses di Indonesia dari Atina Maulina yaitu founder Vanilla Hijab, dengan dibantu kakaknya, ia merintis usaha hijab. Bahkan, Atina memproduksi hijabnya sendiri, sementara, promosinya melalui foto produk yang di-posting di Instagram.

Vanilla Hijab merupakan brand yang didirikan sejak tahun 2013, ketika memulai bisnisnya, Atina sedang mengidap penyakit rheumatoid arthritis. Dari hasil kerja kerasnya, kini, Atina mempunyai omset sampai ratusan juta.

Bahkan, Vanilla Hijab pernah menjual hijab hingga ribuan hanya dalam hitungan menit, karena peminatnya yang banyak.

6. Hendy Setiono

Kisah pengusaha sukses di Indonesia lainnya datang dari pendiri Kebab Baba Rafi, yang bernama Hendy Setiono. Pria yang lahir pada 30 Maret 1983 ini, memulai bisnis jualan kebab bersama istrinya di tahun 2007.

TRENDING NOW:  Permintaan Efektif Adalah, Beserta Contoh Permintaan Efektif

Saat itu, Hendy memulai bisnisnya menggunakan gerobak dan modal usaha Rp4 juta, perlahan-lahan ia mulai mengembangkan bisnisnya dengan franchise. Dengan sistem itu, Kebab Baba Rafi cepat menyebar dan diburu banyak orang.

Bahkan, jumlah outlet Kebab Baba Rafi lebih dari 1200 outlet yang tersebar di Indonesia, Filipina, China dan Sri Lanka.

7. Rizka Wahyu Romadhona

Kisah pengusaha sukses di Indonesia lainnya datang dari Rizka Wahyu Romadhona selaku pendiri Lapis Bogor Sangkuriang. Sebelumnya, Rizka pernah berbisnis bakso yang omsetnya lumayan, tetapi, tidak berumur panjang, karena mitranya curang.

Tidak pantang menyerah, Rizka kembali merintis bisnis yaitu lapis Bogor, dan awal penjualannya dilakukan secara door to door. Setelah memperoleh respon baik, ia mulai menjajal bisnisnya ke instansi pemerintah. Hingga sekarang, bisnisnya menghasilkan omset besar.

8. Gilang Widya Pramana

Salah satu kisah pengusaha sukses di Indonesia datang dari co-founder produk perawatan Ms Glow yang bernama Gilang Widya Pramana. Selain Ms Glow, pemuda dengan julukan “Crazy Rich Malang” ini juga mendirikan belasan usaha lainnya.

Meskipun, latar belakang ekonominya terbilang berkecukupan, namun, belum bisa disebut kaya, Gilang mendirikan semua lini bisnisnya hanya dengan istrinya. Usaha pertama dimulai dari tempat cuci motor, ketika kuliah.

Setelah lulus, Gilang berhasil mendirikan beberapa bisnis sekaligus, dan akhirnya masuk ke jajaran pengusaha muda terkaya di Indonesia. Berdasarkan, kisah pengusaha sukses di Indonesia bisa diambil kesimpulan bahwa, bisnis yang besar tidak terjadi secara instan. Sebenarnya, masih banyak kisah pengusaha sukses lainnya, yang bisa Anda cari tahu, agar lebih semangat berbisnis.

You May Also Like

Pengertian LKM beserta Definisi dan Peranannya

Saham Milenial –  LKM adalah salah satu lembaga yang mampu membantu pengembangan…

Jakarta Islamic Index dan Filter Untuk Masuk Ke Dalamnya

Saham Milenial – Jakarta Islamic Index adalah satuan untuk menyebutkan kumpulan berbagai…

Macam-Macam Instrumen Pasar Uang dan Pengaplikasiannya

Saham Milenial – Instrumen pasar uang merupakan alat-alat yang diperdagangkan dalam pasar…

Teliti Cara Menghitung dan Contoh Soal Metode Penyusutan Garis Lurus

Contoh soal metode penyusutan garis lurus adalah suatu cara yang digunakan dalam…