Cara Bermain Saham Online Gratis

Saham Milenial – Kehadiran website maupun aplikasi simulasi saham gratis memfasilitasi pemula di bidang investasi untuk menerapkan cara bermain saham online gratis. Simulasi saham gratis ini bisa menjadi gambaran seluk beluk saham bagi pemula, sebelum terjun langsung ke dunia perdagangan saham.

Cara Bermain Saham Online Gratis

Semakin mudahnya informasi diakses, sehingga belajar investasi saham bisa dilakukan dengan membaca buku, jurnal, hingga artikel di internet. Nyatanya, praktik menjual serta membeli saham tidak sesederhana yang diungkapkan buku.

Bisa dikatakan, cara bermain saham online gratis dapat dipelajari, sebelum benar-benar terjun langsung membeli saham dengan modal besar. Bermain saham online gratis, bisa dilakukan lewat simulasi trading saham.

Membuka aplikasi maupun website yang membuat simulasi trading saham, bisa dilakukan untuk menerapkan cara bermain saham online gratis. Hal-hal yang bisa dilakukan pada aplikasi maupun website yang memfasilitasi simulasi trading, sebagai berikut.

  1. Membuka Akun di Simulasi Trading

Dalam investasi saham real, calon investor diharuskan membuka rekening dana saham, tetapi, simulasi trading hanya perlu membuat akun virtual. Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu mengunduh aplikasi simulasi trading atau mengunjungi website penyedia simulasi trading.

Selanjutnya, buat akun di virtual trading pada aplikasi maupun website, umumnya, pembuatan akun memerlukan nama lengkap dan alamat email. Ketika akun telah terverifikasi, Anda akan memperoleh uang virtual yang nantinya dipakai untuk latihan membeli saham.

Jumlah uang itu bervariasi, tergantung aplikasi atau website masing-masing, biasanya, Anda akan diarahkan ke halaman tutorial penggunaan simulasi trading. Beberapa aplikasi memberikan video mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan.

  1. Membeli Saham di Simulasi Trading
TRENDING NOW:  6 Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI pada 2022

Setelah memperoleh uang virtual, Anda akan diarahkan ke halaman list perusahaan virtual, yang sahamnya dapat dibeli. Anda bisa memperhatikan grafik dan analisa fundamental dari saham-saham yang akan dibeli.

Jangan sampai membeli saham yang mungkin merugikan di masa mendatang. Untuk minimal pembelian saham di aplikasi maupun website ini sekitar 1 lot yaitu 100 lembar saham. Setelah memilih, Anda dapat langsung membeli saham dan melihat isinya di portofolio saham yang dimiliki.

  1. Menjual Saham di Simulasi Trading

Salah satu aktivitas yang dilakukan ketika simulasi cara bermain saham online gratis yaitu menjual saham di aplikasi simulasi trading. Sebelum menjual saham, maka perlu mengamati harga pasar yang sedang berlaku dalam aplikasi simulasi trading.

Perhatikan juga portofolio saham, apakah grafiknya bagus atau tidak bagus untuk dipertahankan. Ketika sudah yakin, maka pilih sell untuk menjual saham, saat memperoleh capital gain, maka uang virtual akan ditambahkan.

Biasanya, aplikasi maupun website simulasi trading juga menyediakan laporan kinerja investasi. Dari laporan tersebut, Anda bisa mengamati kemampuan pribadi sudah baik atau belum untuk menerapkan investasi saham di dunia nyata.

Sarana Belajar Simulasi Trading Saham

Sarana Belajar Simulasi Trading Saham
Sarana Belajar Simulasi Trading Saham (Sumber: ternakuang)

Kini, layanan website serta aplikasi simulasi trading banyak disediakan perusahaan sekuritas di Indonesia. Aplikasi maupun website simulasi itu bisa dikatakan memuat basis data real-time yang menjadikan Anda seolah-olah sungguhan bermain saham.

Jika ingin menerapkan cara bermain saham online gratis, maka Anda perlu membuat akun dari simulasi trading saham secara gratis. Contohnya, Anda bisa memakai simulasi trading IDX Virtual Trading, yang bentuknya website, milik Bursa Efek Indonesia.

Ada juga yang mengusung aplikasi smartphone yaitu RTI Business. Kedua simulasi ini bisa dikatakan sangat bagus. Sebab transaksinya mirip trading sungguhan sesuai pasar saham Indonesia dan menu yang tersedia juga lengkap.

TRENDING NOW:  Daftar Saham Syariah Terbesar di Indonesia

Tetapi, jika dibandingkan, maka RTI Business lebih mirip kondisi real. Karena ketika jual dan beli, disediakan menu bid offer dan bid buy. Sementara, IDX Virtual Trading hanya ada di kondisi beli saham.

Tips Main Saham Bagi Pemula

Bernard Wijaya selaku CEO Sucor Sekuritas berbagi tips main saham bagi pemula. Ia menyebut tipsnya “prinsip 3M plus 1 D”, sebagai berikut.

  1. Menjaga Mindset

Setelah Anda menerapkan simulasi cara bermain saham online gratis, selanjutnya, menyimak tips bermain saham untuk pemula. Salah satu tips dari Bernard Wijaya yaitu menjaga mindset. Agar hal itu berhasil, maka penting bagi anak muda bergabung dengan komunitas yang sesuai.

Bernard mengatakan “mindset defines everything di dunia saham”. Mempunyai mindset yang kuat dan jangan mudah Fear of Missing Out (FOMO) yaitu khawatir ketinggalan, terpengaruh orang lain. Anda harus gigih, pantang menyerah serta mau berusaha.

  1. Mempelajari Metode

Menurut Bernard, jika seseorang tidak mengerti metode, maka ujung-ujungnya boncos (rugi). Karena itu, pemula perlu mempelajari metode, ketika bermain saham, maka perlu memahami hal-hal yang fundamental serta teknikal.

  1. Money Management

Hendaknya, pemain saham pemula tidak memasukkan portofolio pada satu saham saja. Jadi, pemula bisa melakukan diversifikasi atau sebar ke berbagai jenis, sebab nantinya, setiap saham akan memiliki “jalan” masing-masing.

  1. Disiplin

Bernard juga berpesan bahwa para pemain saham tetap disiplin. Jadi, “mindset, method, money management, dan disiplin (3M+1D). Hal itu bisa Anda pertahankan serta kembangkan, dengan cara bergabung ke komunitas yang tepat.

Cara Main Saham Online bagi Pemula

Cara Main Saham Online bagi Pemula
Cara Main Saham Online bagi Pemula (Sumber: pluang)

Setelah mengetahui cara bermain saham online gratis, Anda perlu mengetahui cara main saham online sungguhan, sebagai berikut.

  1. Memilih Sekuritas yang Tepat
TRENDING NOW:  Rekomendasi 8 Aplikasi Charting Saham Terbaik untuk Analisis Teknikal

Setelah melakukan simulasi cara bermain saham online gratis. Anda bisa memilih platform sekuritas yang terdaftar resmi di BEI, jika ingin main saham sungguhan. Misalnya, memilih platform sekuritas dengan aplikasi saham online bagus serta dapat diandalkan.

  1. Daftar serta Buka Rekening Saham

Sebelum melaksanakan transaksi jual beli saham, Anda harus mendaftar serta membuka rekening saham di perusahaan sekuritas. Pada proses pembukaan rekening, Anda akan diminta melampirkan sejumlah dokumen serta mengisi formulir khusus.

  1. Menyetor Modal

Lakukan setoran modal ke RDN, yang jumlahnya tergantung jumlah transaksi saham yang akan dilakukan. Jadi, calon investor perlu melakukan deposit terlebih dahulu, kemudian, dapat melakukan transaksi saham.

  1. Melakukan Transaksi Beli serta Jual Saham Online

Dalam investasi saham, Anda akan mengenal istilah lot, dan pembelian saham hanya bisa dilakukan secara lot. Namun, BEI menetapkan bahwa pembelian saham jumlah minimalnya satu lot atau setara 100 lembar saham.

  1. Mencari Referensi Saham yang Menguntungkan

Ketika bermain saham online, pastinya Anda telah memiliki daftar incaran saham yang akan dibeli maupun dikoleksi. Pastikan tidak asal pilih. Cari informasi mengenai fundamental maupun kinerja perusahaan terkait dari tahun ke tahun, serta prospeknya di masa mendatang.

  1. Mengamati Pergerakan serta Tren Harga Saham

Masih terkait pembahasan cara bermain saham online gratis, perlu diketahui bahwa harga saham bisa berubah sewaktu-waktu. Harga saham bisa berubah dalam hitungan menit hingga detik, rajinlah mengamati pergerakan serta tren harga saham. Cara bermain saham online gratis bisa menjadi simulasi bagi pemula, sebelum terjun ke perdagangan saham yang sesungguhnya. Setelah berlatih dengan simulasi, Anda bisa mencoba transaksi saham yang real dengan merancang strategi tertentu.

You May Also Like

Daftar Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI

Saham Milenial – Saat ini ada banyak perusahaan dari sektor manufaktur yang…

1 Lot Saham Berapa Lembar? Ternyata Ini Jawabannya

Saham Milenial – Dalam dunia investasi, seorang investor dituntut untuk mengetahui tentang…

Pengertian Nilai Pasar Saham dan Cara Menghitungnya

Saham Milenial – Nilai pasar saham atau market value adalah harga saham…

Contoh Notulen Rapat Umum Pemegang Saham

Saham Milenial – Membahas mengenai contoh notulen Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)…