Peluang Usaha Menjanjikan dengan Modal Minim
Peluang Usaha Menjanjikan dengan Modal Minim

Saham Milenial – Peluang usaha adalah salah satu kesempatan yang dipunya oleh seseorang untuk meraih tujuan. Tentu tujuannya utamanya adalah uang. Namun ada juga tujuan lain seperti passion atau goals untuk memiliki kekayaan besar dan kolega. Cara yang dilakukan adalah memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada.

Memahami Tentang Peluang Usaha

Dikutip dari Wikipedia, bisnis atau niaga merupakan aktivitas memperjualbelikan barang maupun jasa dengan tujuan mendapat laba. Menurut ilmu ekonomi, bisnis adalah organisasi. Organisasi tersebut menjual barang maupun jasa.

Baik kepada konsumen maupun bisnis lainnya. Tujuannya untuk memperoleh laba. Secara historis istilah bisnis diambil dari bahasa Inggris yakni business. Kata dasar busy yang bermakna “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, maupun masyarakat. Dalam hal ini maksudnya, sibuk mengerjakan aktivitas serta pekerjaan yang bisa mendatangkan keuntungan.

Ciri-ciri peluang usaha yang baik ialah memiliki nilai jual. Bisnis bukan sekedar ambisi, tapi bersifat riil. Mampu bertahan lama serta berkelanjutan. Bukan bisnis yang bersifat musiman. Skala bisnis yang dijalankan saat ini dapat diperbesar nanti. Modal memulainya tak terlalu besar. Bisnis yang Anda jalankan tersebut juga harus tergolong profitable.

TRENDING NOW:  Inilah Daftar Perusahaan BUMN dan Ciri Masing-masing Bidangnya

Kunci Sukses Peluang Usaha Makanan

Kunci Sukses Peluang Usaha Makanan

Untuk dapat sukses membuka peluang usaha kuliner, maka Anda harus memperhatikan beberapa kunci berikut ini.

1. Memperhatikan Kualitas Makanan Bisnis Anda

Pastikan hidangan yang Anda jual mempunyai cita rasa yang lezat. Dari segi kualitas bahan juga hanya menggunakan yang  terbaik. Selain itu, Anda pun perlu memperhatikan segi pengemasan serta pengolahan. Bahan yang digunakan pun harus higienis dan tak mengandung bahan berbahaya maupun bahan non-halal.

Metode pengolahannya juga butuh diperhatikan. Di mana harus sesuai aturan. Misalnya, mengganti minyak goreng tiap kali warnanya keruh. Kemasan juga tak kalah penting. Karena, kemasan juga jadi faktor utama yang dapat menarik perhatian calon konsumen.

2. Penuh Inovasi

Pengusaha kuliner juga harus mempunyai inovasi yang tinggi. Anda perlu menciptakan jenis kuliner yang sedikit berbeda. Hal ini akan membuat produk Anda akan mudah dibedakan dan diburu oleh konsumen. Inovasi juga bukan sebatas pada produk semata. Namun, juga dengan cara marketingnya.

Anda dapat memanfaatkan berbagai trik marketing. Contohnya, menawarkan harga promo, diskon, maupun cara lainnya. Pelajari pula digital marketing agar dapat semakin memperluas pasar online. Anda dapat sharing dengan rekan sesama pengusaha untuk mendapat ilmu dan pandangan baru.

3. Menciptakan Hubungan Baik dengan Pelanggan

Supaya pelanggan tak kabur ke tempat lain, Anda harus menjadi penjual yang baik. Caranya, ciptakan kesan yang mendalam dengan pelanggan. Pastikan pula Anda banyak menyapa serta tersenyum. Hal ini akan membuat konsumen betah sekaligus tak segan kembali lagi.

TRENDING NOW:  Definisi Prospektus Perusahaan dan Komponen di Dalamnya

Manfaatkan pula media sosial untuk menciptakan branding. Relasi baik dengan pelanggan juga dapat menjadi media marketing secara gratis. Pelanggan akan merekomendasikan produk Anda pada orang lain. Sehingga, dapat meningkatkan penjualan.

4. Memanfaatkan Strategi Penjualan yang Cocok dengan Segmen Pasar

Dengan menggunakan strategi penjualan yang baik, perkembangan usaha juga akan makin maju. Tentunya, Anda harus dapat membaca pasar supaya bisa meningkatkan penjualan. Untuk mengetahui segmen pasar, Anda perlu melakukan beberapa survey.

5. Menjadi Pengusaha yang Think Big, Visioner, serta Think Positive

Sebagai pebisnis, tentu Anda harus berpikir ke depan, menyeluruh, sekaligus positif. Pikiran jernih dapat membantu Anda menetapkan strategi usaha. Jauhkan diri Anda dari pikiran yang sempit serta negatif. Karena apa yang Anda pikirkan dapat menjadi kenyataan.

Inspirasi Peluang Usaha Makanan Lengkap dengan Analisis Modal dan Asumsi Omzet

Sebagai inspirasi, berikut ini beberapa peluang usaha yang paling prospektif.  Disertakan pula analisis usaha dan estimasi modal dari bisnis tersebut.

No. Jenis Bisnis Modal Asumsi Omzet
1. Cireng Biaya Investasi

Jumlah: Rp3.065.000

 

Biaya Operasional

Total Biaya Operasional: Rp2.867.278

Bila dalam sehari penjualan rata-ratanya 22 porsi dengan harga jual Rp10.000. Dalam 30 hari, omzetnya menjadi Rp6.600.000. Sehingga, keuntungan setiap bulannya yakni omzet dikurangi biaya operasional. Hasilnya jadi Rp3.732.722.
2. Bakpao Gulung Biaya Investasi

Total: Rp2.604.000

 

Biaya Operasional

Total Biaya Operasional: Rp421.417

Diasumsikan bakpao gulung dijual Rp12.000 setiap kotak. Jika sehari dapat terjual 54 kotak, hasilnya jadi Rp648.000. Dikurangi biaya operasional, maka laba yang diperoleh Rp226.583. Sehingga, dalam 1 bulan, keuntungannya sebesar Rp6.797.500. Dengan tingkat pengembalian modal mencapai 38%.
3. Donat Kekinian Total modal yang diperlukan Rp3.273.000 Jika dalam sebulan dapat menghasilkan 4.500 biji donat. Dengan harga jual  Rp2.000. Keuntungan yang akan diperoleh adalah:

 

(4.500 x Rp2.000) – Rp3.273.000 = Rp9.000.000 – Rp3.273.000 = Rp5.727.000.

TRENDING NOW:  Permintaan Efektif Adalah, Beserta Contoh Permintaan Efektif

Manfaat Peluang Usaha

Manfaat Peluang Usaha
Manfaat Peluang Usaha

Dengan memanfaatkan peluang usaha, Anda akan memperoleh beberapa manfaat. Anda dapat mandiri sejak dini. Memiliki waktu yang lebih panjang. Waktu jadi lebih banyak saat menikmati kesuksesan. Mempunyai tabungan yang tebal.

Nilai keuntungan di atas pastinya amat besar untuk skala usaha yang bisa dilakukan di rumah. Namun, tentu saja bisnis ini tak akan berjalan tanpa hambatan. Terdapat banyak kendala yang akan Anda hadapi. Sehingga, analisa di atas cukup sekadar simulasi saja.

Barangkali penjualan tak akan langsung maksimal dalam durasi yang singkat. Namun, bila Anda telaten menjalankan strategi marketing secara tepat, maka angka penjualan dapat meningkat seiring waktu.

Pastikan untuk melibatkan orang-orang yang ahli di bidangnya dalam tim Anda. Jadi, risiko kebangkrutan atau salah langkah dalam berbisnis pun bisa diminimalisir. Kemudian, bentuk pula tim yang solid dengan heterogenitas skill bisnis.

Demikian ulasan terkait peluang usaha kuliner beserta analisa usahanya. Semoga dapat membantu Anda mempersiapkan berbagai hal untuk memulai bisnis. Selamat mencoba.

Leave a Reply
You May Also Like

Cara Membaca Laporan Keuangan dengan Mudah

Saham Milenial – Cara membaca laporan keuangan atau financial report merupakan kemampuan…

Inilah Daftar Perusahaan BUMN dan Ciri Masing-masing Bidangnya

Saham Milenial – Jumlah perusahaan yang ada dalam daftar perusahaan BUMN tidak…

Penting! Yuk Cari Tahu Tips Nama Unik untuk Brand!

Saham Milenial – Bagi Anda yang sedang meniti karir dalam hal mengembangkan…

Simak 8 Kisah Pengusaha Sukses di Indonesia, Biar Makin Semangat Merintis Bisnis

Saham Milenial – Pengusaha merupakan profesi yang berpeluang untuk memperoleh pendapatan tidak…