Yuk Belajar Trading Crypto Cara Mudah Investasi Mata Uang Digital untuk Siapa Saja

Saham Milenial – Semakin pesatnya teknologi digitalisasi memberi dampak besar untuk dunia investasi. trading crypto adalah salah satu mata uang digital yang diperjualbelikan layaknya saham.

Walaupun resiko yang akan dihadapi cukup besar, tetapi tidak mengurangi minat masyarakat luas untuk menjadi bagian dari trading ini. Berikut ini informasi yang bisa membantu Anda untuk memahaminya:

Belajar Trading Crypto untuk Pemula

Sebelum menjadi trader hebat, pastinya siapapun pernah berada di melewati proses belajar trading Crypto untuk pemula. Mata uang Crypto dikenal dengan sebutan cryptocurrency yang berasal dari dua kata, yaitu cryptography.

Tentara Jerman menggunakan konsep cryptography sejak zaman Perang Dunia ke-2, saat mengirimkan informasi berupa kode-kode rahasia. Agar tidak diketahui sekutu, saat berkomunikasi dengan media telepon.

Maka dapat ditarik kesimpulan cryptocurrency adalah mata uang virtual yang dilindungi dengan kode-kode rahasia. Sehingga saat melakukan pembayaran elektronik berdasarkan kode tersebut, kemudian diverifikasi dan dicatat di dalam program blockchain.

Uang crypto pertama diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2008, setelah itu banyak bermunculan uang sejenis. Saat ini ada 10.000 jenis mata uang crypto yang diperdagangkan di dunia.

Trading ini tidak ada istilah tutup atau libur, tidak juga mengikuti jam kerja tertentu. Transaksi berlangsung selama 24 jam nonstop, artinya nilai asset yang Anda beli dengan uang crypto akan terus berubah.

Bila Anda ingin masuk ke trading ini, maka harus memantau perkembangannya setiap detik. Bahkan di jam istirahat sekalipun.

Saran bagi pemula saat memulai bisnis ini adalah mulai dengan modal kecil terlebih dahulu. Karena begitu Anda terjun ke bisnis ini harus siap menghadapi berbagai resiko.

TRENDING NOW:  3 Pola Marubozu Candle dan Cara Membaca Pergerakannya

Termasuk mengalami kerugian, saat harga sedang turun. Tipsnya adalah jangan mudah menyerah, Anda harus memantau market dan langsung jual begitu harganya naik.

Aplikasi Trading Crypto Terbaik

Aplikasi Trading Crypto Terbaik
Aplikasi Trading Crypto Terbaik (Sumber: kompas)

Ada 3 jenis platform untuk memulai investasi crypto, yaitu platform crypto exchanges, multiaset dan derivative. 7 aplikasi crypto terbaik antara lain: Binomo, eToro, Binance, Coinbase, Tokocrypto, Indodax dan Rekeningku.

Binomo dapat dikatakan platform crypto terbaik karena keuntungan yang ditawarkan adalah berdasarkan peluang kinerja asset lain (derivative). Artinya nilai yang disepakati di kontrak awal, bisa mengalami perubahan di masa yang akan datang.

Keuntungan besar yang dijanjikan, tentunya juga memiliki resiko besar. Belakangan ini Binomo sempat terkena isu penipuan dan proses hukum masih berjalan sampai saat ini.

Maraknya isu-isu penipuan ataupun investasi bodong membuat Badan Pengawas Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Harus benar-benar jeli untuk meneliti setiap platform baru yang melakukan transaksi aset crypto.

Terbaik atau tidaknya kembali ke tujuan investor untuk menanamkan modal. Anda bisa memastikan aplikasi tersebut legal dan resmi apabila sudah terdaftar di BAPPEBTI.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin melakukan trading dengan platform luar negeri. Tentu hal itu boleh-boleh saja, tidak ada yang melarang.

Demi keamanan uang Anda, sangat dianjurkan untuk mengikuti saran pemerintah. Walaupun nilai tukar crypto tidak bisa diintervensi oleh pihak moneter Indonesia.

Referensi platform terbaik sangat mudah dikenali, informasinya pun tersaji lengkap di masing-masing website. Keingintahuan dan tidak mudah menyerah adalah sikap yang sebaiknya dimiliki setiap trader.

Apalagi saat ini informasi tentang kelebihan dan kekurangan tiap-tiap platform dijelaskan secara terperinci. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan penjelasan itu sebagai strategi trading yang akan diambil. Semakin minimal resiko yang akan terjadi, Anda tidak putus asa saat mengalami kerugian.

TRENDING NOW:  12 Daftar Broker Forex Terpercaya di Indonesia

Cara Trading Crypto di Indodax

Cara Trading Crypto di Indodax
Cara Trading Crypto di Indodax (Sumber: detik)

Salah satu platform yang terdaftar resmi di OJK dan BAPPEBTI adalah Indodax. Keunggulan dari aplikasi ini dilengkapi analisa chat dan juga stop loss yang sangat membantu pengguna.

Didirikan tanggal 15 Februari 2014 oleh Oscar Darmawan, member yang dimiliki Indodax sudah mencapai jutaan orang. Kalau ingin tahu cara trading crypto di Indodax cukup mudah.

Di website Indodax help center dijelaskan langkah-langkah untuk melakukan trading. Yang pertama bagaimana cara membeli bitcoin, pastikan Anda memiliki saldo minimal lima ratus ribu rupiah.

Kemudian, klik menu “market” lalu pilih bitcoin dan dilanjutkan dengan menekan tombol “beli”. Setelah itu saldo bitcoin akan muncul di akun Anda.

Ada dua metode yang diadaptasi oleh Indodax, yaitu metode instan dan metode limit. Metode itu berlaku saat pembelian maupun penjualan aset crypto Anda.

Pembelian instan Anda akan dikenakan biaya 0,3% dari jumlah bitcoin yang dibeli, sedangkan metode limit harga bisa ditentukan sendiri. Namun, ada batas minimal yang ditentukan beli.

Untuk market maker tidak dikenakan biaya sama sekali, tetapi marker taker yang akan dibebankan biaya 0,3%. Member yang membeli dengan cara instan disebut market taker dan metode limit, disebut market maker.

Masing-masing metode memiliki keunikan tersendiri, Anda harus jeli mengamati pasar yang rentan dipengaruhi isu-isu global. Saat menghadapi kondisi seperti itu bisa memilih melakukan stop order atau stop loss/take profit.

Langkah tersebut merupakan solusi saat Anda tidak bisa mengikuti pergerakan market, tetapi tidak semua jenis crypto menawarkan stop order.

TRENDING NOW:  Daftar Trading Platform Terbaik untuk Pemula 2021, Cek di Sini!

Trading Crypto Indonesia Harian

Dua strategi yang harus dipahami pelaku trading adalah trading aktif atau investasi pasif. Yang sering melakukan kegiatan jual beli dalam waktu singkat dan berulang, disebut trading aktif.

Trader ini tentu sangat jeli dan konsisten memperhatikan pergerakan nilai tukar di bursa crypto. Lalu trader yang memilih investasi jangka panjang disebut pasif.

Seperti yang dijelaskan, bahwa sebagai trader harus meluangkan waktu untuk mengontrol perubahan nilai setiap harinya. Trading Crypto Indonesia harian saat ini sangat menjanjikan.

Sebagai trading aktif, beberapa proses spekulasi bisa dijalankan dengan cara trading harian, swing, trend dan scalping. Rentang waktu yang dilakukan trading harian biasanya kurang dari 24 jam, bagi sebagian trader metode ini sangat menguntungkan.

Namun, ada juga yang beranggapan teknik ini sangat beresiko. Lalu swing trading yang mengamati pergerakan harga dalam kurun waktu seminggu, tetapi bisa juga berlanjut menjadi beberapa minggu.

Malan terkadang sampai beberapa bulan juga, tujuan dari swing trading adalah mempelajari potensi pergerakan harga yang berkembang di pasaran. Jika kurang berhasil bisa mencoba trend trading, yakni mengikuti selera pasar.

Waktu dibutuhkan memang cukup lama, sebab mengamati sebuah trend tidaklah mudah. Anda pun harus jeli melihat perubahan tersebut, tetapi perlu juga diantisipasi jika terjadi pembalikan trend.

Maksudnya adalah saat trader beramai-ramai melalukan pembelian secara besar-besaran, tetapi kemudian terjadi penjualan cukup banyak juga. Hal tersebut sangat mungkin terjadi.

Berhati-hatilah dan bijak untuk menerapkan strategi yang akan digunakan. Jangan membayangkan memperoleh keuntungan besar dalam sekejap mata, karena bukan itu tujuannya.

Investasi apapun wujudnya pasti merasakan pasang surut, tetapi jika terus-terusan merasakan kerugian. Ubah strategi Anda secepatnya.

Leave a Reply
You May Also Like

Kapan SLP Naik? Kupas Tuntas Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Saham Milenial – Kapan SLP naik merupakan salah satu pertanyaan yang belakangan…

Langkah Cepat dan Mudah Daftar Trading Binomo di Web

Saham Milenial – Sebenarnya, cara daftar trading Binomo di web bukanlah menjadi…

3 Pola Marubozu Candle dan Cara Membaca Pergerakannya

Saham Milenial – Marubozu Candle adalah sebuah istilah untuk suatu grafik yang…

Cara Penggunaan Aplikasi Binomo di OS Windows

Saham Milenial – Saat ini, tidak sedikit para trader yang menggunakan aplikasi…