Cara Tepat Mengetahui Daftar Harga Saham Di Pasar Saham

Harga Saham
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on pinterest

Bagi para investor atau pemula yang masih baru dalam dunia saham, tentunya wajib mengenali cara tepat mengetahui daftar harga saham di pasar saham Indonesia ini. Kenapa? Karena dengan mengetahui berapa saja harga saham yang sedang berlangsung akan memberikan informasi dan aktivitas lanjutan terutama bagi para investor. Baik mereka yang memang bermain di modal yang tinggi ataupun modal rendah sekalipun.

Tentunya, setiap orang yang memiliki modal di bursa saham, membutuhkan informasi tentang harga saham ini. Dimana kita bisa memutuskan apakah harus membeli atau menjual agar nantinya menghasilkan profit jangka panjang yang seimbang. Namun, bagaimana cara mengetahui daftar harga saham di pasar saham Indonesia tersebut?

Apa Itu Pasar Saham?

Tentu kita harus mengetahui dan mendalami tentang istilah pasar saham ini terlebih dahulu sebelum lanjut kepada pembahasan berikutnya. Pasar saham atau yang lebih dikenal dengan istilah bursa saham adalah tempat yang menemukan pedagang dan pembeli. Selayaknya pasar tradisional, pasar saham juga menjadi wadah atau tempat pertemuan antara kedua jenis pelaku penting dalam pasar tersebut.

Bursa saham ini juga memiliki beberapa komponen berupa lembaga-lembaga terkait yang memiliki peranan penting, yakni:

  • BEI (Bursa Efek Indonesia) memegang kekuatan sebagai pengendali atau pengelola dari bursa saham Indonesia.
  • Emiten atau berupa perusahaan publik yang nantinya bertugas sebagai penyedia atau supplier dari saham di bursa saham indonesia.
  • Broker atau perusahaan sekuritas yang nantinya memegang peranan sebagai penjual efek di bursa saham.
  • Investor  yang sudah jelas perannya adalah sebagai pembeli saham atau sebagai konsumen di bursa saham Indonesia ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Bursa Efek?

Seperti halnya bursa saham, bursa efek adalah wadah atau pasar yang menjual belikan efek. Efek sendiri merupakan istilah yang mengungkapkan kepemilikan terhadap surat hutang piutang, saham, surat berharga, kontrak berjangka, obligasi mauun investasi kolektif. Jadi, saham sendiri merupakan salah satu bagian dari efek dan tentunya bursa atau pasar saham merupakan bagian dari pasar efek.

Tata Cara Mengetahui Harga Saham Di Pasar Saham Indonesia

Nah, setelah kita mengetahui penjelasan tentang apa itu pasar saham maupun pasar efek, maka kita akan melanjutkan penjelasan tentang cara mengetahui harga saham. Harga saham yang ada di dalam pasar saham Indonesia akan selalu berubah-ubah.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perubahan dari harga saham ini. namun, tetap saja kita harus mengetahui deretan langkah-langkah dibawah ini agar bisa menegtahui daftar harga saham di pasar saham Indonesia, yaitu:

1. Mengakses Situs BEI

Sebelum kita melanjtkan bagaimana cara untuk mengakses situs BEI alias Bursa Efek Indonesia, kita akan mengupas sedikit tentang BEI ini terlebih dahulu. Apa yang dimaksud dengan BEI? Seperti pada penjelasan sebelumnya, BEI ini sendiri memiliki fungsi sebagai pengatur atau pengelola dari pasar saham Indonesia. Karena, BEI ini merupakan sebuah perusahaan yang tugasnya untuk menyokong aktivitas dari jual beli efek yang signifikan, wajar, efisien dan teratur.

Salah satu aktivitas perdagangan dalam bursa efek yang difasilitasi tersebut adalah saham. Jadi, semua pihak yang berkepentingan dalam bursa efek akan dengan mudahnya bisa mengakses aktivitas ini dengan infrastruktur yang disediakan oleh BEI. Sedangkan BEI memiliki situs resmi berupa IDX untuk menyediakan informasi-infromasi penting dan terpercaya terkait bursa efek ini.

Untuk mengetahui daftar dan pergerakan harga saham di BEI, bisa dilakukan dengan cara:

  • Akses terlebih dahulu situs BEI tersebut.
  • Lihatlah pada bagian harga saham yang berjalan. Dimana kolom ini terlihat di sebelah kiri halaman awal tampilan website. Pergerakan harga saham ini akan menampilkan semua daftar saham yang berubah dan data terkini dari pasar saham Indonesia.
  • Pilihan “download data” untuk mengetahui bagaimana history dari perubahan daftar harga saham yang berlangsung di BEI.

Nah, demikianlah cara yang dilakukan agar kita mengetahui daftar harga saham di pasar saham Indonesia. Yakni dengan mengakses situs IDX ini. namun, pastikan broker atau investor saham yang kita pilih adalah salah satu dari AB yakni Anggota Bursa. Beberapa informasi yang bisa kita dapatkan ketika mengakses situs IDX ini adalah:

  • Data pasar efek. Data-data yang terkait berupa statistik bursa, data obligasi, sata perdagangan, data transaksi harian dan data saham.
  • Menunjukkan tentang regulasi dan peraturan yang berlaku di dalam pasar saham Indonesia.
  • Laporan keuangan lengkap dan corporate action setiap pengguna atau penanam modal saham yang terdaftar di BEI.
  • Informasi terkait indeks saham yang sedang berlangsung. Data ini juga akan menunjukkan komponen, perhitungan serta data historis.
  • Informasi mengenai data lengkap dan riwayat transaksi dari setiap broker yang tercatat sebagai anggota BEI.

2.  Waktu dan Mekanisme Perdagangan Pada Pasar Saham Indonesia

Selain dengan mengakses situs IDX, cara lainnya untuk mengetahui harga saham di pasar saham Indonesia adalah dengan mengetahui bagaimana mekanisme dan pemilihan waktu perdagangan yang tepat.

Jam Perdagangan

Untuk masalah jam perdagangan sendiri, kita harus memantau dan mengetahuinya yakni dilakukan di weekday. Aktivitas pada pasar saham hanya akan berlangsung di hari Senin hingga hari jum’at saja. Bahkan, jadwal waktu perdagangan yang ditetapkan sebayak dua kali saja dalam sehari, yakni:

  • Jam 09.00 hingga jam 12.00 dan jam 13.30 hingga jam 16.00
  • Sedangkan untuk hari jum’at dimulai dari jam 09.00 hingga jam 11.00 dan jam 14.00 hingga jam 16.00.

Mekanisme Perdagangan

Untuk mekanisme dari jenis perdagangan yang ditetapkan pada bursa saham adalah : price and time priority serta anonymous continuous auction. Jenis price and time priority ini sendiri merupakan mekanisme yang dilakukan dengan ketentuan dasar berupa waktu dan harga yang ditetapkan. Sedangkan untuk anonymous continuous auction ini adalah jenis perdagangan yang dilakukan dengan sistem lelang yang berkelanjutan tapi tetap menggunakan pengenal anonim.

Hal Penting Yang Harus Diketahui Dari Pasar Saham Indonesia

Setelah sebelumnya kita sudah mengetahui bagaimana cara untuk melihat daftar harga saham di pasar saham Indonesia, maka kali ini kita akan membahas beberapa faktor penting atas BEI. Seperti yang disampaikan sebelumnya, BEI merupakan fasilitator untuk bisa memberikan wadah agar pihak-pihak yang berkepentingan dalam bursa bisa bertemu.

Tentunya, pihak BEI memiliki semua informasi terkait semua perusahaan yang terdaftar sebagai broker atau bagian dari Anggota Bursa. Disini, kita juga akan menemukan perlindungan dan peraturan dari transaksi pasar saham yang jelas. Tentu saja akan ada pencatatan saham yang dilakukan oleh pihak BEI.

Namun, saham yang terdaftar dan tercatat di BEI hanyalah saham unggulan yang dimiliki oleh perusahaan dengan akreditas yang baik dan jelas. Tidak hanya memberikan list catatan saham, BEI juga akan memonitoring ketersediaan informasi dan semua transaksi yang dilakukan atas perusahaan dan pemilik saham terbuka dengan jelas untuk publik.

Baca Juga

Mulai Saham